Article

6 Tips Sederhana Cara Membuat Gigi Kuat untuk Anda

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • 6 Tips Sederhana Cara Membuat Gigi Kuat untuk Anda
6 Tips Sederhana Cara Membuat Gigi Kuat untuk Anda

Memiliki gigi yang sehat dan kuat adalah impian semua orang. Selain bisa mendukung fungsi oral secara keseluruhan, gigi yang sehat dan kuat akan membuat Anda lebih percaya diri. Ada berbagai beragam cara membuat gigi kuat yang bisa Anda lakukan. Baik itu dengan menjaga kebersihan hingga mengonsumsi makanan yang kaya gizi. 

Secara umum, gigi yang sehat ditandai oleh beberapa hal seperti:

  • Mulut tidak berbau. Mulut yang berbau tak sedap bisa jadi pertanda ada masalah pada gigi
  • Gusi yang sehat. Gusi sehat memiliki warna merah muda dan terlihat kuat tanpa ada pembengkakan atau perubahan warna
  • Tidak ada lubang pada gigi
  • Gigi yang tertata rapi dan bisa dibersihkan secara menyeluruh
  • Warnanya sama rata dan terlihat sehat.

Untuk mencari tahu cara membuat gigi kuat dan sehat, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Gigi

Vitamin untuk Kesehatan Gigi

Pilihan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya juga turut berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut Anda. Pastikan beragam nutrisi yang dibutuhkan gigi untuk tetap kuat dan sehat bisa terpenuhi. Nutrisi tersebut antara lain adalah kalsium, vitamin D, vitamin C, fosfor, vitamin A dan vitamin K.

Semua nutrisi ini bisa Anda temukan pada makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Ada yang berupa sayur-sayuran, buah-buahan, daging, susu dan lain sebagainya. Jika Anda khawatir tidak bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan, Anda bisa meminta saran dokter untuk mengonsumsi suplemen makanan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 8 Makanan Penjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

2. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Makanan Manis

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa makanan manis seperti permen dan kue-kue tidak baik untuk kesehatan gigi. Ketika gula dikonsumsi, ia akan berinteraksi dengan bakteri yang ada di dalam plak dan menghasilkan zat asam. Zat asam inilah yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi karena secara perlahan-lahan melarutkan email. Efeknya gigi akan mudah berlubang.

Jika kerusakan gigi dibiarkan, maka akan terjadi abses. Pada tahapan ini, gigi Anda mungkin harus dicabut. Selain mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, pastikan Anda segera menyikat gigi atau berkumur agar sisa gula tidak tertinggal di permukaan gigi.

3. Minum Air Putih Secara Rutin

Minum Air Putih

Percaya atau tidak, minum air putih secara rutin ternyata adalah salah satu cara membuat gigi kuat yang sering diabaikan. Minum air secara umum memang bisa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Bagaimana cara air putih membantu gigi Anda tetap sehat dan kuat?

  • Menyingkirkan sisa makanan di mulut. Dengan membilas mulut menggunakan air putih, berbagai bakteri berbahaya dan sisa makanan akan tersingkir. Plak tidak akan menumpuk dan asam dari plak dan makanan juga bisa dinetralisir. Segelas air putih bisa membantu membersihkan residu yang bisa menyebabkan noda, mengurangi bakteri penyebab bau mulut dan melindungi email gigi
  • Membantu mengatasi mulut kering. Mulut kering atau yang dikenal dengan xerostomia adalah kondisi yang terjadi karena penumpukan plak dan kurangnya produksi air liur. Tanpa air liur yang cukup, kemampuan air liur untuk memperkuat gigi dan membangun kembali enamelnya akan berkurang. Minum air putih bisa membantu mulut tetap terhidrasi sekaligus menstimulasi produksi air liur.

4. Membersihkan Gigi dan Mulut Secara Rutin

Cara membuat gigi kuat yang berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin. Gigi dan mulut yang bersih akan mencegah bakteri bercampur dengan sisa makanan dan membentuk plak. Ketika plak terbentuk dan menempel di gigi, ia akan ‘memakan’ permukaan gigi, membuatnya rusak dan berlubang. Plak juga bisa menyebabkan napas berbau tak sedap dan meningkatkan risiko luka di mulut.

Selain menyikat gigi 2-3 kali sehari, Anda juga disarankan untuk melakukan flossing dengan benang gigi. Menggunakan sikat lidah dan mouthwash juga bisa membantu menyingkirkan sisa kotoran dan bakteri di mulut. Jika sudah terlalu banyak plat yang menumpuk, Anda bisa melakukan prosedur scaling

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Macam-macam Alat Pembersih Gigi!

5. Memeriksakan Diri ke Dokter Gigi

Cek Dokter Gigi

Memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga penting untuk mendeteksi ada atau tidaknya masalah pada gigi dan mulut Anda. Jika ada gigi yang rusak dan perlu ditambal, ini bisa membantu memperlambat pembentukan lubang sehingga gigi bisa sehat lebih lama.

6. Jangan Sikat Gigi Berlebihan

Menyikat gigi memang penting. Tapi perhatikan juga bagaimana cara Anda melakukannya. Menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu kasar, terlalu kuat dan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan gigi Anda.

Menyikat gigi terlalu sering atau terlalu keras bisa mengikis lapisan email gigi. Menyikat gigi secara berlebihan juga bisa membuat gusi menyusut sehingga membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Enamel sendiri adalah lapisan pelindung pada gigi Anda. Jika bagian ini rusak, maka gigi akan menjadi sensitif dan mudah rusak.

Baca juga: Sudah Terbukti! 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Merawat gigi dan mulut sangat penting untuk kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Dengan berbagai cara membuat gigi kuat di atas, Anda bisa mendapatkan gigi dan mulut yang sehat sampai tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.