fbpx
Article

9 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat Seperti Kilat!

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • 9 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat Seperti Kilat!
9 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat Seperti Kilat!

Banyak orang sepakat bahwa sakit gigi adalah salah satu penyakit paling menyiksa. Rasa nyeri dan ngilu yang tiba-tiba menyerang pastinya akan sangat mengganggu. Terlebih lagi, karena berbagai alasan, Anda tidak bisa segera pergi ke klinik dokter gigi. Kalau sudah begini, pastinya Anda berpikir tentang bagaimana cara meredakan sakit gigi dengan cepat, mudah, dan aman.

Tidak heran jika serangan ini membuat siapapun ingin melakukan tindakan instan. Tidak hanya menyebabkan gusi pada gigi bengkak, orang yang mengalami masalah ini juga tidak bisa membuka mulut dengan lebar, sehingga sulit untuk berbicara maupun mengunyah makanan. Bahkan tidak jarang sakit gigi juga menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda berada di posisi tersebut, ada cara meredakan sakit gigi yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tidak sulit, Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang ada di rumah sebagai langkah pertolongan pertama. 

Segera Berkumur dengan Air Garam!

Gambar seorang wanita sedang berkumur dengan air garam guna meredakan sakit pada giginya
Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara paling aman dan cepat untuk meredakan sakit gigi karena air garam dapat mengurangi peradangan serta menyembuhkan luka. Selain itu, air garam juga merupakan “desinfektan alami” yang dapat membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan yang menempel.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan garam dapur dengan 250 ml air. Campurkan hingga merata, kemudian gunakan untuk berkumur. Setelah beberapa saat, muntahkan kembali. Cara ini bisa meringankan rasa nyeri yang timbul.

Baca juga: Wajib! Ternyata Ini 7 Manfaat Kumur Air Garam Setiap Hari

Menempelkan Es Batu!

Gambar es batu
Es Batu

Wajah bengkak saat sakit gigi menandakan kemungkinan adanya infeksi. Jika demikian, cara mengobati sakit gigi yang ampuh dengan cepat adalah dengan menggunakan es batu. Suhu dingin dapat menurunkan bahkan menghentikan sinyal rasa sakit yang menuju ke otak.

Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan memegang es batu dengan ujung jari, lalu usapkan atau tempel pada bagian yang nyeri sekitar 7 menit. Anda juga bisa melakukannya sampai bagian tersebut mati rasa. 

Baca juga: Suka Ngunyah Es Batu Ternyata Nggak Bagus, Ini Dampaknya!

Gigit dan Kunyah Bawang Putih!

Gambar bawang putih
Bawang Putih

Mengunyah atau menggigit bawang putih juga bisa menjadi salah satu alternatif cara meredakan sakit gigi. Kandungan allicin di dalamnya memiliki manfaat sebagai antibakteri yang yang membantu meredakan rasa nyeri. Karena menggunakan bahan alami, cara ini sangat aman untuk dicoba.

Minum Teh Peppermint

Gambar minuman teh peppermint
Teh Peppermint

Selain membantu untuk melawan bakteri, teh peppermint bermanfaat untuk menenangkan saraf yang ada di gusi dan gigi. Minuman ini juga mengandung mentol yang dapat berfungsi sebagai painkiller sehingga gusi mati rasa dan nyeri menjadi berkurang.

Selain untuk diminum, kantong teh peppermint juga dapat dijadikan sebagai kompres untuk meredakan rasa sakit. Tempel kantong teh peppermint yang sudah dingin ke area gigi yang sakit, dan Anda dengan cepat dapat merasakan hasilnya. 

Gunakan Siwak!

Gambar batang tanaman siwak yang dipakai untuk meredakan sakit gigi
Kayu Siwak

Siwak sudah sejak dulu dimanfaatkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Siwak terbukti dapat membunuh bakteri dan membersihkan mulut dari plak sisa makanan. Selain itu, siwak juga bermanfaat untuk mengobati penyakit radang gusi (gingivitis). Kandungan yang dimiliki siwak, seperti alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride, juga dapat membantu merawat kesehatan pada gigi.

Oleskan Minyak Cengkeh!

Gambar botol kaca berisi minyak cengkeh
Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh terbukti dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri pada saat mengalami sakit gigi. Cukup oleskan minyak cengkeh pada bagian yang nyeri. Efek yang dihasilkan dari minyak cengkeh hampir sama dengan efek yang dihasilkan oleh benzokain, yaitu salah satu jenis obat anestesi yang ada di pasta gigi. 

Baca juga: Baru Tau? Ternyata Cengkeh Untuk Gigi Penuh Sejuta Khasiat Lho

Oleskan Cairan dengan Ekstrak Vanilla

Gambar tanaman vanilla
Ekstrak Vanilla

Kandungan alkohol dalam ekstrak vanilla membantu untuk meredakan rasa nyeri untuk sementara waktu. Selain itu, ekstrak vanilla juga mengandung antioksidan yang dapat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara pengobatan dengan ekstrak vanilla sangat mudah, Anda cukup mengoleskan cairan ke jari atau kapas, lalu tempelkan langsung ke area gigi atau gusi yang sakit.

Manfaatkan “Toothache Plant

Gambar toothache Plant
Toothache Plant

Selain cara di atas, beberapa orang juga menggunakan toothache plant sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang. Tumbuhan ini tumbuh di berbagai daerah di seluruh dunia, dan banyak digunakan dalam berbagai produk. Meski demikian, khasiatnya sebagai alternatif meredakan sakit gigi masih perlu penelitian lebih lanjut.

Gunakan Hidrogen Peroksida sebagai Alternatif Air Garam!

Gambar botol berisi cairan hydrogen peroxide
Hidrogen Peroksida

Ada pula pengobatan dengan menggunakan hidrogen peroksida, sebagai alternatif dari air garam. Caranya sama persis, yaitu dengan mencampurkannya dengan air, kemudian menggunakannya untuk berkumur. Khasiatnya pun tak jauh berbeda dengan air garam.

Kesimpulan

Itulah cara meredakan sakit gigi dengan cepat yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Meski solusi terbaik menyembuhkan sakit gigi dengan berobat ke klinik dokter gigi terdekat, tetapi tidak ada salahnya jika Anda melakukan pertolongan pertama dengan melakukan tips di atas. Tidak hanya aman, cara tersebut juga cukup cepat untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi.

Sebenarnya saat ini sudah banyak obat antibiotik sakit gigi yang beredar di apotek, tetapi beberapa orang khawatir dengan efek sampingnya. Penggunaan painkiller kimia yang berlebihan sebagai cara meredakan sakit gigi diketahui bisa membawa dampak kurang baik untuk kesehatan. Jadi pikirkan dengan baik sebelum memilih obat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *