Article

Ibu – Ibu! Ini 8 Tips Perawatan Gigi untuk Ibu Hamil, Gampang Kok

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Ibu – Ibu! Ini 8 Tips Perawatan Gigi untuk Ibu Hamil, Gampang Kok
Ibu – Ibu! Ini 8 Tips Perawatan Gigi untuk Ibu Hamil, Gampang Kok

Saat hamil, wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan perubahan signifikan pada tubuh. Akibat dari lonjakan hormon tersebut, mulut ibu hamil akan menjadi lebih rentan  terhadap infeksi bakteri dan plak. Oleh karenanya, sangat penting untuk merawat kesehatan gigi selama kehamilan. Untuk itu, mari simak beberapa tips perawatan gigi untuk ibu hamil berikut ini. 

1. Sikat Gigi Teratur dan Pakai Teknik yang Benar 

Tips perawatan gigi untuk ibu hamil yang pertama adalah dengan menerapkan cara menyikat gigi yang benar dan teratur. Sikat gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride setidaknya dua kali sehari. Biasakan juga untuk mengganti sikat gigi setiap 3 atau 4 bulan, atau lebih sering jika bulunya sudah mulai mekar. 

Selain itu, lakukan teknik menyikat yang benar dengan cara membersihkan gigi dengan gerakan melingkar selama sekitar 20 detik pada setiap bagian. Lalu sikat gigi bagian belakang dengan gerakan maju-mundur. Lakukan secara perlahan dan kemudian lanjutkan dengan membersihkan permukaan lidah. 

2. Harus Kurangi Makanan atau Minuman yang Manis 

Gula akan menempel di permukaan gigi setelah Anda makan camilan yang manis atau makanan tinggi karbohidrat. Pada akhirnya, bakteri akan memakan sisa gula tersebut dan kemudian menciptakan asam yang dapat merusak gigi. Karena itu, selama menjalani kehamilan, sebaiknya pilih makanan sehat seperti buah-buahan, biji-bijian, dan jenis karbohidrat baik lainnya.

Akan tetapi, jika Anda memang sangat ingin makan makanan manis atau tinggi karbohidrat, segera berkumur atau menggosok gigi setelah mengonsumsinya. Selain itu, perlu untuk diingat bahwa susu juga mengandung gula laktosa. Jadi, segeralah berkumur atau menyikat gigi setelah minum susu.

3. Jangan Lupa! Bersihkan Gigi Pakai Benang

Tips perawatan gigi untuk ibu hamil yang berikutnya adalah lakukan flossing secara teratur. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang dapat membantu mengangkat sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi. Dengan rutin melakukan flossing sekali sehari, itu dapat mencegah kerusakan gigi dan mengurangi risiko ibu hamil mengembangkan penyakit gingivitis (radang gusi). 

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih 

Manfaat air putih untuk gigi dan gusi yang sehat juga perlu diperhitungkan. Berdasarkan penelitian, Konsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan kebersihan rongga mulut. Air akan membantu Anda untuk mengurangi sisa makanan yang melekat di permukaan gigi setelah makan. Tidak hanya itu, kebiasaan baik ini juga terbukti efektif dalam menurunkan risiko karies gigi

5. Selalu Perhatikan Kesehatan Gusi 

Peningkatan aliran darah dan perubahan hormon bisa memicu terjadinya gingivitis kehamilan. Jika hal itu terjadi, kuman dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan efek berbahaya bagi janin dan tubuh Anda. Oleh sebab itu, selalu perhatikan kesehatan gusi saat hamil. Selain rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut, coba konsumsi makanan yang baik untuk gusi. Sebagaimana dipaparkan dalam jurnal Clinical Oral Investigations—yang dirilis pada tahun 2016, kandungan omega-3 pada ikan dan makanan laut mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit gusi.

6. Gunakan Obat Kumur Terbaik 

Untuk mencegah terkena sakit gigi atau gusi selama kehamilan, Anda juga bisa menggunakan obat kumur, seperti misalnya obat kumur listerine. Kandungan obat kumur dapat membantu mengontrol pertumbuhan bakteri di gigi dan mulut. Apabila tidak memiliki obat kumur, Anda juga bisa memanfaatkan larutan air garam

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Oral Health Sciences Centre di India, penggunaan larutan air garam untuk berkumur dapat mencegah peradangan pada gusi. Hal ini karena larutan air garam mempunyai sifat antibakteri dan antiradang yang ampuh dalam meredakan gusi bengkak.

7. Rutin Konsumsi Vitamin Kehamilan yang Diresepkan Dokter 

Vitamin kehamilan yang diresepkan dokter untuk Anda dapat membantu memperkuat kesehatan gigi dan perkembangan janin Anda. Di sisi lain, tubuh juga membutuhkan lebih banyak kalsium saat hamil. Kekurangan kalsium dapat memicu pembusukan pada gigi. Maka dari itu, yuk jaga gigi tetap kuat selama masa kehamilan dengan rutin minum vitamin prenatal yang diresepkan dokter Anda. 

8. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Gigi

Salah satu cara terbaik untuk mencegah gingivitis kehamilan adalah tetap melakukan kontrol rutin ke dokter gigi. Lakukan pemeriksaan setidaknya dua kali setahun, atau lebih sering ketika hamil, terutama bila Anda merasakan ketidaknyamanan pada gigi atau gusi. Dengan melakukan pengecekan secara teratur terhadap kondisi kesehatan gigi dan mulut, Anda tentunya dapat mencegah risiko infeksi atau masalah gusi yang lebih serius selama kehamilan. 

Semoga tips perawatan gigi untuk ibu hamil di atas bisa memberi Anda wawasan tentang cara yang tepat untuk merawat gigi selama menjalani kehamilan. Yuk, baca juga artikel tentang tips atau informasi lainnya terkait kesehatan gigi dan mulut! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *