Article

Jangan Asal, Ini 7 Cara Menyikat Gigi yang Benar

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Jangan Asal, Ini 7 Cara Menyikat Gigi yang Benar
Jangan Asal, Ini 7 Cara Menyikat Gigi yang Benar

Sejak kecil, Anda pasti sudah diajarkan cara menggosok gigi dengan baik. Namun entah kenapa, banyak di antara kita yang masih kerap melakukan kesalahan ketika menggosok gigi. Pada akhirnya, hal ini menimbulkan berbagai permasalahan.

Rajin menggosok gigi saja belum cukup untuk menjamin kesehatan gigi dan mulut. Anda perlu melakukan langkah-langkah khusus ketika membersihkan gigi, ditambah serangkaian service lainnya, demi menjaga gigi agar senantiasa dalam kondisi yang sehat.

Berikut ini adalah tujuh langkah menyikat gigi dengan benar. Simak sampai selesai, ya!

1. Posisikan Sikat Gigi Secara Tepat

posisi sikat gigi

Untuk menyikat gigi secara baik dan benar, Anda harus memulainya dengan memosisikan sikat pada posisi yang tepat. Tentu sebelumnya kepala sikat gigi tersebut sudah dibasahi dan diberi pasta gigi. Anda pun sudah berkumur dengan air bersih untuk membasahi gigi.

Secara umum, cara menggosok gigi dengan baik bisa dilakukan dengan mendekatkan bulu sikat dengan permukaan gigi, tetapi tidak menempelkannya secara penuh. Posisikan sikat gigi Anda secara miring hingga menghasilkan sudut 45 derajat.

Jika sudah, Anda bisa memulai gerakan menggosok gigi secara naik-turun maupun maju-mundur. Perlu diingat, menggosok gigi harus dilakukan dengan lembut demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti luka pada gusi.

2. Awali dengan Menyikat Seluruh Geraham

menyikat gigi geraham

Cara menyikat gigi yang benar harus dimulai dengan menyikat seluruh bagian gigi geraham sebelum berganti ke bagian lainnya. Hal tersebut karena gigi geraham adalah gigi yang digunakan untuk mengunyah dan menghancurkan makanan. Sehingga, kemungkinan besar menyimpan banyak sisa-sisa makanan.

Cara menggosok gigi geraham adalah dengan membuat gerakan memutar pada sisi luar gigi geraham secara menyeluruh. Lakukan selama kurang lebih 20 detik. Setelah itu, lakukan hal yang sama pada sisi bagian dalam geraham.

3. Sikat Pada Gigi Bagian Depan

Usai membersihkan geraham, kini giliran gigi depan yang perlu mendapat pelayanan gosok gigi. Anda cukup melakukan gerakan melingkar pada sisi gigi bagian luar selama beberapa saat. Jika sudah merasa cukup bersih, lakukan hal yang sama pada sisi gigi bagian dalam.

Mengacu pada cara menggosok gigi dengan baik , setelah menggosok gigi dengan gerakan melingkar, Anda juga bisa menggerakkan sikat gigi secara naik-turun. Hal tersebut akan lebih efektif untuk membersihkan berbagai sisa makanan yang bersarang di sela-sela gigi.

4. Sikat Permukaan Gigi untuk Mengunyah

langkah sikat gigi

Selesai dari gigi bagian depan, Anda bisa kembali ke gigi untuk mengunyah alias geraham. Kali ini, bagian permukaannya yang agak lebar dan cekunglah yang harus dibersihkan.

Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu membuat gerakan memutar tepat pada permukaan gigi selama beberapa saat. Hal ini akan memudahkan proses terangkatnya sisa-sisa makanan maupun kotoran lainnya, sehingga membuat permukaan gigi menjadi lebih bersih. 

5. Bersihkan Lidah

membersihkan lidah

Cara menyikat gigi yang benar prosesnya memang tidak hanya berkaitan dengan bagian-bagian pada gigi maupun gusi, tetapi juga lidah. Ketika Anda sedang menggosok gigi, jangan lupa untuk membersihkan lidah.

Pembersihan lidah bisa dilakukan dengan sikat gigi biasa maupun sikat khusus lidah. Caranya adalah dengan menyikat seluruh permukaan lidah menggunakan gerakan pelan dan lembut demi menghindari goresan yang bisa membuat lidah terluka. Jika sudah, jangan lupa untuk menyikat sisi bagian dalam pipi agar kondisi mulut menjadi kian higienis.

6. Gunakan Dental Floss untuk Bersihkan Sela Gigi

dental floss

Dental floss alias benang gigi adalah alat yang biasa dipakai untuk membersihkan kotoran pada sela gigi. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu flossing di sela-sela gigi dengan benar, lalu menggesek-gesekkannya secara perlahan untuk mengangkat kotoran yang ada di sana.

Meski begitu, penggunaan dental floss tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika Anda sembrono, benang gigi bisa menyebabkan kerusakan gusi sekaligus gigi, bahkan membuat kotoran sisa makanan kian terdorong ke dalam sela gigi sehingga semakin sulit untuk dibersihkan.

7. Berkumur dengan Mouthwash

mounthwash

Tahap terakhir untuk menyempurnakan cara menyikat gigi yang benar adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash. Metode ini dipelukan untuk membilas gigi, sekaligus memberikan beberapa manfaat lain.

Mouthwash bisa dipakai untuk menghilangkan bau mulut dan menghadirkan napas yang lebih segar, menghindari peradangan gusi, mencegah masalah kondisi gigi berlubang, hingga mencegah bakteri munculnya plak gigi . Maka, usai menyikat gigi, jangan lupa untuk selalu berkumur dengan mouthwash, ya.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Menyikat Gigi

Dalam proses menyikat gigi yang baik dan benar, ada beberapa hal yang harus dihindari supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa di antaranya seperti menyikat dengan gerakan yang terlalu kuat dan terburu-buru.

Hal ini bisa menyebabkan luka pada gusi, sekaligus membuat kotoran tidak akan terangkat secara sempurna. Akhirnya, proses menyikat gigi pun tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Demikianlah tujuh cara menggosok gigi dengan baik beserta hal-hal yang harus dihindari. Jika Anda ingin mulai merawat gigi dengan prosedur yang tepat, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah-langkah di atas agar mendapatkan gigi yang bersih dan sehat.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Begini Cara Merawat Sikat Gigi yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *