Article

Jangan Tunda Lagi! Nih, 11 Cara Merawat Kesehatan Gigi!

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Jangan Tunda Lagi! Nih, 11 Cara Merawat Kesehatan Gigi!
Jangan Tunda Lagi! Nih, 11 Cara Merawat Kesehatan Gigi!

Merawat kesehatan gigi sama pentingnya dengan merawat bagian-bagian tubuh lainnya. Sebab, gigi yang tidak dirawat dengan baik dapat menjadi sumber penyakit.

Gusi bengkak, sariawan , gigi berlubang, dan bau mulut adalah beberapa contoh masalah yang bisa Anda temui jika tidak merawat kesehatan gigi.

Bahkan ada juga risiko-risiko komplikasi yang ada membahayakan nyawa Anda jika tidak melakukan perawatan gigi dan mulut dengan baik maka dari itu perlu melakukan berbagai cara menjaga kesehatan pada gigi agar tetap terjaga

Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Bagi Mulut

Alasan utama akan pentingnya kesehatan merawat gigi adalah agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang rongga mulut. Sebab, pada rongga mulut Anda terdapat bakteri yang membahayakan karena menyebabkan berbagai macam penyakit.

Bakteri tersebut akan berkembang lebih pesat jika berada di lingkungan mulut yang kotor, terlalu asam, dan lembab. Lebih parahnya lagi, bukan hanya menyerang rongga mulut saja, tetapi bakteri-bakteri berbahaya tersebut juga bisa masuk ke aliran darah untuk menginfeksi organ tubuh lainnya, seperti usus, jantung, hingga otak.

Selain untuk alasan kesehatan mulut dan tubuh Anda secara keseluruhan, melakukan perawatan yang baik terhadap gigi juga sangat penting untuk penampilan dan kepercayaan diri. Gigi yang menguning, penuh dengan plak, dan bau mulut tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. 

Baca juga: Mudah Banget, Simak Dulu Cara Mengatasi Gigi Kuning Ini!

Cara Menjaga Sesehatan pada Gigi

Menjaga kesehatan serta penampilan gigi dan mulut memang membutuhkan perawatan seumur hidup. Meskipun saat ini mungkin Anda tidak merasa mengalami masalah dengan kondisi gigi dan mulut, bukan berarti tidak diperlukan perawatan yang maksimal.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dan biasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Menggosok gigi secara rutin

Setiap kiat menjaga kesehatan gigi dan mencegah terjadinya penyakit di rongga mulut tentu akan menjadikan sikat gigi sebagai kunci. Ya, menyikat gigi secara rutin memang menjadi kunci utama kesehatan gigi. Anda perlu membiasakan untuk menggosok gigi dengan sikat yang halus minimal dua kali sehari.

Saat menyikat gigi, usahakan posisi sikat berada di sudut 45 derajat menghadap gusi Anda. Kemudian, gerakan secara perlahan sikat tersebut dari bagian atas ke bawah gigi. Jangan lewatkan setiap bagian gigi baik dalam, luar, maupun permukaan yang digunakan untuk mengunyah. 

Untuk menjangkau bagian dalam dari gigi depan, Anda bisa memanfaatkan ujung sikat dan lakukan gerakan menyikat dengan perlahan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 7 Cara Menyikat Gigi yang Benar

2. Jangan menggosok gigi terlalu keras

Menyikat gigi memang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan menghilangkan plak yang menempel di gigi.  Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menggosok gigi terlalu keras. Sebab, hal tersebut dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gusi robek. Jika terjadi, gigi Anda pun dapat menjadi lebih sensitif.

Daripada melakukannya dengan keras, sebaiknya Anda menyikat gigi secara lembut dengan gerakan memutar dan seakan-akan seperti sedang memijat gigi. Durasi menggosok gigi yang dianjurkan sendiri adalah sekitar kurang lebih dua menit. Selain menggosok gigi, Anda juga tidak boleh melewatkan menyikat lidah untuk memastikan bahwa kuman dan plak tidak ada yang tertinggal di indra pengecap tersebut.

3. Gunakan pasta gigi berfluorida

Salah satu cara menjaga kesehatan pada gigi yaitu dengan memilih pasta gigi yang tepat. Fluoride pada pasta gigi berfungsi untuk menguatkan enamel dan menjadi pertahanan terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Unsur alami dalam pasta gigi ini akan diserap oleh tubuh dan digunakan untuk membangun gigi yang kuat serta dapat memerangi kuman yang ada di rongga mulut. maka dari itu gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

4. Menggunakan obat kumur

Penggunaan obat kumur juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mengusir napas tak segar. 

Kandungan yang ada dalam obat kumur umumnya dapat membantu mengontrol perkembangan bakteri di mulut selain mengurangi plak yang tidak terangkat setelah menyikat gigi.

Berkumur dengan air larutan garam bisa menjadi alternatif untuk merawat Kesehatan gigi secara alami. Larutan ini bukan hanya bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi, tetapi juga sebagai disinfektan alami jika digunakan secara rutin.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

5. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan minuman terbaik untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. 

Dengan memperbanyak minum air putih, Anda dapat membantu tubuh membersihkan efek-efek negatif dari sisa-sisa makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Minum air putih juga dapat memastikan mulut Anda tidak kering dan tetap terhidrasi sehingga bakteri pun tidak mudah berkembang biak.

6. Tidak merokok

Jika Anda tidak ingin memiliki bibir yang menghitam dan gigi yang kuning, cobalah untuk berhenti merokok.

Selain membuat bibir hitam dan gigi menguning, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kanker mulut dan penyakit gusi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mencoba berhenti merokok jika saat ini masih menjadi seorang perokok aktif.

7. Mengunyah permen karet

Produksi air liur yang tetap terjaga juga penting untuk kesehatan rongga mulut. Sebab, air liur bisa membantu mencegah gigi berlubang, memperkuat gigi, serta mengurangi penumpukan plak. 

Meningkatnya air liur juga dapat membantu menetralkan serta menghilangkan zat asam yang muncul akibat penguraian makanan oleh bakteri. Untuk meningkatkan produksi air liur, Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula. 

8. Konsumsi makanan yang bergizi

Sama dengan air putih, makanan yang bergizi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Biasakan diri Anda mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap hari. Makanan laut dengan kandungan omega-3 juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi karena dapat mengurangi risiko terkena peradangan gusi.

9. Kurangi makan makanan yang asam dan manis

Sembari mengonsumsi lebih banyak makanan bernutrisi, kendalikan diri Anda untuk tidak memakan makanan dan minuman manis berlebihan. 

Bakteri yang ada di mulut Anda akan mengubah makanan manis tersebut menjadi zat asam yang nantinya akan mengikis enamel pada gigi. Jika demikian, gigi Anda pun akan lebih mudah berlubang.

Anda tidak perlu tidak sama sekali mengonsumsi makanan manis atau bergula. Cukup batasi saja jumlah dan tingkat keseringan Anda dalam memakan makanan dan minuman tersebut.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Makanan Penyebab Plak Gigi

10. Gunakan benang gigi sehabis makan

Setelah makan Anda disarankan untuk menyikat gigi untuk memastikan tidak ada makanan yang menempel di gigi. Tetapi jika tidak sempat, Anda bisa menggunakan benang gigi sebagai gantinya.

Benang gigi cukup efektif untuk mengangkat partikel plak yang tertinggal pada gigi atau masih menumpuk karena tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi.

11. Periksakan kondisi gigi secara rutin

Terakhir, Anda tidak boleh melewatkan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk memastikan gigi Anda dalam kondisi yang sehat dan tidak terjadi masalah. Meskipun setiap orang memiliki kondisi gigi dan rongga mulut yang tidak sama, Anda sebaiknya memeriksakan gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, masalah pada gigi dan mulut pun dapat ditemukan lebih cepat sehingga pengobatannya pun bisa jadi lebih ringan.

Pastinya, Anda perlu memilih klinik dokter gigi yang tepat untuk memberikan layanan pemeriksaan gigi rutin untuk Anda dan anggota keluarga lainnya. Dengan begitu, cara menjaga kesehatan pada gigi pun menjadi lebih terarah dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *