Article

Kok Bisa? Ini Ternyata Penyebab Gigi Copot di Usia Muda

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Kok Bisa? Ini Ternyata Penyebab Gigi Copot di Usia Muda
Kok Bisa? Ini Ternyata Penyebab Gigi Copot di Usia Muda

Pada umumnya gigi copot terjadi pada masa anak-anak dan akan digantikan dengan tumbuhnya gigi permanen. Ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski demikian, ada beberapa penyebab gigi tanggal di usia muda yang harus Anda waspadai. 

Gigi permanen yang tanggal pada usia remaja bukanlah hal yang wajar. Tidak hanya itu, hal ini bisa menimbulkan masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Perdarahan hingga kehilangan gigi secara permanen bisa menjadi efek serius. 

Kehilangan gigi tidak hanya dapat mengganggu proses mengunyah makanan, tetapi juga memengaruhi kepercayaan diri terutama saat berbicara dan tersenyum. Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan gigi palsu atau melakukan implan gigi.

Berbagai Penyebab Gigi Tanggal di Usia Muda

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tanggalnya gigi di usia muda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Periodontitis

periodontitis

Periodontitis disebut juga dengan penyakit gusi, masalah kesehatan lanjutan yang bermula dari gingivitis. Gingivitis terjadi karena adanya infeksi pada gusi, tulang rahang, hingga jaringan antara gigi dan gusi. Kondisi ini membuat gigi tidak lagi mampu menancap erat pada gusi sehingga menjadi renggang dan mudah tanggal.

2. Trauma Gigi

trauma gigi

Penyebab gigi tanggal di usia muda selanjutnya adalah trauma gigi. Hal ini bisa terjadi karena adanya pukulan keras pada bagian gigi tersebut atau bahkan pada kepala. Selain itu, kebiasaan buruk seperti suka mengunyah es batu maupun membuka bungkusan menggunakan gigi juga dapat menyebabkan gigi tanggal pada usia remaja.

Baca juga: Catat! 12 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Gigimu

3. Penyakit Lain

Gigi tanggal di usia dewasa ternyata tidak hanya terjadi karena masalah pada rongga mulut saja. Beberapa penyakit lain juga dapat memicu kondisi ini, misalnya diabetes, kanker, osteomielitis, hingga penyakit autoimun. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami gigi tanggal tanpa penyebab yang jelas, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter tentang adanya kemungkinan penyakit lain yang diderita.

Kemungkinan Gigi Tanggal Tumbuh Kembali

Ada dua jenis gigi yang dimiliki manusia, yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu dimiliki oleh anak-anak umumnya hingga usia 12 tahun. Ketika tanggal, maka gigi ini akan digantikan oleh gigi permanen. 

Jika yang tanggal adalah gigi susu, masih terdapat kemungkinan gigi akan tumbuh kembali. Namun jika yang tanggal adalah gigi permanen, tidak akan ada lagi gigi yang dapat tumbuh untuk menggantikan gigi tersebut. 

Hal yang bisa dilakukan jika ingin tetap memiliki gigi adalah dengan menggantinya. Salah satu caranya adalah dengan menjalani prosedur implan gigi. Namun ingat, prosedur ini harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter gigi yang berpengalaman, ya!

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat

Gigi Tiba-Tiba Copot, Apa yang Harus Dilakukan?

Apa pun penyebab gigi copot di usia muda, pastikan Anda tidak panik ketika hal ini terjadi. Jika Anda bisa membawa gigi tersebut ke dokter gigi sebelum 30 menit setelah tanggal, ada kemungkinan gigi bisa dipasang kembali. 

Berikut ini beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan ketika gigi tiba-tiba tanggal.

1. Ambil dan Bersihkan

Begitu menyadari gigi Anda tanggal, segera ambil dengan memegang bagian mahkota saja. Selanjutnya, bilas dengan air hangat selama 10 detik untuk menghilangkan kotoran pada gigi. Ingat, jangan menggosok ataupun membersihkannya dengan sabun maupun bahan lainnya.

2. Pasang Pada Posisinya Kembali

Langkah selanjutnya adalah membilas mulut dengan air hangat. Kemudian, dengan berhati-hati, cobalah untuk mengembalikan gigi pada posisinya kembali. Lalu, gigit kasa atau kain lembut agar gigi tidak lepas lagi. Namun, jika hal ini sulit dilakukan, Anda bisa merendam gigi dalam susu atau letakkan gigi di antara gusi dan pipi agar tidak kering.

Jika yang mengalami gigi copot adalah anak-anak, jangan lakukan langkah ini. Pasalnya jika gigi susu yang lepas dikembalikan pada posisinya, gigi baru yang akan menggantikannya dapat terganggu pertumbuhannya.

3. Hubungi Dokter Gigi

Langkah terakhir adalah segera mengunjungi dokter gigi dengan membawa gigi yang sudah dibersihkan tadi. Dokter bisa membantu memasang kembali gigi tersebut. Semakin lama Anda menunggu ke dokter, semakin kecil kemungkinan gigi bisa dipasang kembali.

Gusi tempat gigi tersebut terpasang terkadang juga akan mengalami perdarahan. Jika hal ini terjadi, tekan dengan kasa steril atau kain lembut yang bersih untuk menghentikan perdarahan. Selanjutnya, segeralah berkonsultasi ke dokter agar penanganan lebih lanjut dapat segera dilakukan.

Baca juga: Segera Atasi! Ini Penyebab Gusi Berdarah dan Penanganannya

Itulah tadi beberapa penyebab gigi tanggal di usia muda dan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Meski demikian, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi. Selain itu, pastikan Anda selalu berhati-hati saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari agar tidak terjadi benturan yang dapat menimbulkan trauma pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *