fbpx
Article

Poli Gigi Puskesmas Buka Layanan Apa Aja? Simak Infonya di Sini!

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Poli Gigi Puskesmas Buka Layanan Apa Aja? Simak Infonya di Sini!
Poli Gigi Puskesmas Buka Layanan Apa Aja? Simak Infonya di Sini!

Poli gigi di puskesmas menjadi salah satu pelayanan kesehatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Tidak heran jika banyak yang mencari informasi terkait dokter gigi di puskesmas melayani apa saja. 

Pada dasarnya, pengobatan gigi di puskesmas fokus pada tiga aspek, yakni pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pengobatan, dan perlakuan tindakan medis dasar seperti misalnya cabut gigi.

Selain itu, tenaga kesehatan yang bekerja di poli gigi puskesmas umumnya terdiri dari 1 orang dokter gigi dan 3 perawat gigi. Nah, agar kamu makin paham soal pelayanan kesehatan yang disediakan di poli gigi puskesmas, yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Konsultasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Konseling)

Nah, bagi kamu yang bertanya-tanya tentang dokter gigi di puskesmas melayani apa saja, salah satu layanan yang tersedia adalah pelayanan konseling atau konsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut. Kamu pun bisa mendapatkan edukasi tentang betapa pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut.

Dalam praktiknya, petugas di poli gigi puskesmas juga kerap memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan ini di puskesmas, terutama bila kamu memiliki masalah atau pertanyaan seputar cara terbaik menjaga kesehatan gigi

2. Pemeriksaan Dasar Gigi dan Mulut 

Selanjutnya, adapun pelayanan kesehatan yang bisa kamu jumpai di ruang poli gigi puskesmas adalah pemeriksaan dasar gigi dan mulut. Dokter akan memeriksa seputar penyebab sakit gigi yang sedang dialami pasien, bagaimana kondisi gigi pasien secara keseluruhan, atau mengecek adanya gigi yang berlubang serta kondisi gigi bungsu. 

Maka, bila kamu ingin perawatan gigi menjadi lebih maksimal, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin setidaknya enam bulan sekali. Jangan tunggu sampai ada keluhan baru pergi ke dokter gigi. Selain itu, bagi kamu yang memiliki masalah sakit gusi, riwayat keluarga yang bermasalah dengan gigi berlubang dan plak, atau kondisi imun yang lemah, sangat disarankan untuk lebih sering mengunjungi dokter gigi. 

3. Pembersihan Karang Gigi 

Lalu, dokter gigi di puskesmas melayani apa saja, selain konseling dan pemeriksaan dasar? Saat ini, layanan pembersihan karang gigi juga dapat dilakukan di poli gigi puskesmas. Biaya scaling gigi di puskesmas tergolong lebih murah. Umumnya, puskesmas membanderol prosedur pembersihan karang gigi, mulai dari Rp80.000 hingga Rp100.000. Harga tersebut tentunya sangat bergantung pada tingkat keparahan karang gigi yang dimiliki pasien. 

Kamu juga bisa melakukan scaling secara gratis di puskesmas bila terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa pemilik BPJS Kesehatan hanya mendapatkan jatah pembersihan karang gigi sekali dalam setahun. Jadi, karena prosedur scaling dianjurkan untuk dilakukan 2 kali dalam setahun, tindakan berikutnya bisa kamu lakukan di klinik dokter gigi terdekat

Baca juga: Perawatan Gigi Ditanggung BPJS, Lho! Apa Saja Jenisnya?

4. Pencabutan Gigi 

Layanan berikutnya yang bisa kamu akses di poli gigi puskesmas adalah prosedur pencabutan gigi. Untuk pasien anak-anak, tersedia layanan cabut gigi susu atau cabut gigi tetap. Sementara itu, bagi pasien dewasa, layanan cabut gigi yang bisa dilakukan di puskesmas antara lain cabut gigi tetap, cabut gigi dengan penyakit, atau cabut gigi karena kondisinya yang sudah goyang. 

Puskesmas juga menyediakan layanan cabut gigi tanpa atau dengan suntikan serta cabut gigi dengan komplikasi. Ingin melakukan ekstraksi gigi di puskesmas? Berkonsultasilah dengan dokter gigi yang bertugas di poli tentang tindakan cabut gigi manakah yang paling sesuai dengan kondisimu. 

Baca juga: Jangan Disepelekan! Pelajari 8 larangan setelah cabut gigi Ini!

Pasalnya, pada beberapa kasus, pasien dinilai perlu dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan gigi yang lebih lengkap. Hal ini terutama dilakukan pada pasien dengan kondisi gigi yang kronis sehingga membutuhkan tindakan serius seperti operasi misalnya. 

5. Perawatan Saluran Akar Gigi 

Poli gigi di puskesmas umumnya juga melayani perawatan saluran akar gigi. Prosedur ini dilakukan untuk mengatasi adanya kerusakan yang terjadi pada bagian tengah gigi, yang biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi yang cukup parah. 

Tarif perawatan saluran akar gigi di puskesmas juga bisa berbayar atau bebas biaya. Untuk pasien umum, tarifnya sangat bergantung pada tingkatan keparahan atau kesulitan dalam perawatan saluran akar gigi. Umumnya, biaya yang dikenakan untuk layanan ini di puskesmas berkisar mulai dari Rp250.000 atau bisa sampai jutaan rupiah. 

6. Perawatan Penyakit atau Kelainan di Jaringan Rongga Mulut

Poli gigi di puskesmas juga menyediakan layanan perawatan untuk penyakit/kelainan yang ada di jaringan rongga mulut. Adapun kondisi yang mungkin ditangani dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut ini, termasuk masalah gusi berdarah, gigi abrasi, gangguan periodontitis, gingivitis, gigi yang hipersensitif, hingga erosi gigi

7. Restorasi Tumpatan Gigi atau Tambal Gigi

Satu lagi layanan kesehatan gigi yang bisa diakses pasien di puskesmas adalah restorasi tumpatan gigi. Istilah sederhana untuk jenis layanan ini adalah, upaya pengembalian fungsi gigi yang rusak atau biasa dikenal sebagai tambalan gigi. 

Manfaat dari penambalan gigi sendiri adalah untuk mencegah terjadinya infeksi pada gigi yang berlubang agar tidak jadi makin parah di masa depan. Adapun beberapa jenis tumpatan gigi yang umum ditawarkan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, antara lain tumpatan sementara, tumpatan GIC, dan tumpatan tetap komposit/amalgam. 

Demikian informasi seputar pertanyaan dokter gigi di puskesmas melayani apa saja. Namun, perlu dicatat bahwa setiap puskesmas bisa saja memiliki perbedaan layanan yang ditawarkan. Artinya, bisa jadi pelayanan kesehatan di puskesmas A tidak kamu temukan di puskesmas B. 

Pasalnya, hal itu sangat bergantung pada ketersediaan tenaga kesehatan dan peralatan medis di masing-masing puskesmas. Meski begitu, beberapa layanan kesehatan gigi dan mulut yang disebutkan sebelumnya adalah jenis pelayanan kesehatan yang umumnya dapat kamu temukan di sebagian besar puskesmas saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Axel Dental adalah klinik gigi keluarga terpercaya Indonesia dengan desain modern & nyaman dan harga terjangkau. Bersama klinik kami, anda akan ditangani oleh dokter-dokter gigi terbaik dari lulusan universitas terkemuka di Jakarta.