fbpx
Article

Malu & Ga PD? ini Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasinya

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Malu & Ga PD? ini Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasinya
Malu & Ga PD? ini Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya gigi, kesehatan gigi juga sangat penting untuk diperhatikan. Gusi yang sehat biasanya memiliki warna merah muda dan terasa kencang saat disentuh. Namun dalam kondisi tertentu, adakalanya warna gusi berubah menjadi hitam dan membuat Anda merasa tidak percaya diri saat tersenyum atau berbicara. Apa penyebab gusi hitam dan cara mengatasi hal ini?

Meski kebanyakan gusi sehat memiliki warna merah muda, setiap orang sebenarnya juga bisa saja memiliki gusi dengan warna yang lain. Ada yang berwarna lebih muda dari pink, ada yang lebih gelap dan ada yang kecokelatan cenderung hitam. Pada orang berkulit gelap, memiliki gusi dengan warna yang gelap adalah hal yang umum.

Namun, jika gusi berwarna merah terang, putih, atau berubah dari yang seharusnya, Anda mungkin harus khawatir. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Ternyata Ini Penyebab Gusi Hitam

gigi putih

Jika perubahan pada gusi Anda membuat warnanya lebih gelap dari yang selama ini Anda ketahui, mungkin ada hal-hal tertentu yang menyebabkannya. Simak penyebab gusi hitam dan cara mengatasi kondisi tersebut berikut ini!

Kebiasaan Merokok

Merokok bisa menyebabkan warna gusi berubah. Kondisi ini dikenal dengan melanosis karena merokok. Sel-sel khusus dalam tubuh yang disebut dengan melanosit bertugas membentuk melanin yang membuat warna kulit jadi gelap.

Ketika seseorang merokok, ia menghirup zat yang disebut dengan nikotin. Nikotin inilah yang meningkatkan produksi melanin sehingga menyebabkan warna gusi cenderung cokelat atau kehitaman. Perubahan warna bisa muncul seperti bercak. Ada juga yang menyebabkan seluruh bagian permukaan dalam mulut menjadi hitam. Bagian dalam pipi dan bibir bawah juga bisa berubah warna.

Baca juga: Ngeri! Bukan Cuma Paru-paru, Ini 5 Bahaya Rokok untuk Gigi!

Konsumsi Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gusi. Minosiklin yang digunakan untuk mengobati jerawat dan beberapa jenis infeksi –seperti klamidia adalah salah satunya. Efek samping minosiklin yang jarang terjadi termasuk pigmentasi atau perubahan warna kulit yang kadang bisa terjadi di dalam mulut.

Gingivitis Akut

Gingivitis ulseratif nekrotikans akut adalah salah satu jenis infeksi yang menyerang gusi. Gingivitis akut ini juga dikenal sebagai mulut parit. Kondisi ini akan menyebabkan penderitanya mengalami demam, sakit pada gusi dan bau mulut. Infeksi bisa menyebabkan gusi menjadi hitam atau keabu-abuan karena adanya jaringan mati yang menumpuk di permukaan gusi.

Gingivitis akut ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang cepat di mulut. Biasanya disebabkan oleh radang gusi. Penumpukan bakteri bisa terjadi ketika Anda tidak menjaga kebersihan mulut, kurang tidur atau memiliki pola makan yang tidak sehat.

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Hitam?

orang memegang gusi

Lalu, bagaimana mengatasi kondisi gusi hitam yang kerap membuat tak PD ini? Anda tentu harus tahu terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Untuk penyebab gusi hitam dan cara mengatasi bisa Anda simak pada poin-poin berikut ini!

  • Berhenti merokok. Jika gusi Anda hitam karena kebiasaan merokok, berhenti merokok adalah satu-satunya solusi untuk mengembalikan warna sehat gusi Anda
  • Ganti obat yang Anda gunakan dengan berkonsultasi pada dokter sebelumnya. Apabila gusi Anda menghitam setelah mengonsumsi obat tertentu, bicaralah dengan dokter Anda untuk mencarikan alternatif pengobatan lain. Ini bisa membantu mengatasi masalah gusi Anda
  • Melakukan pengobatan gingivitis. Gingivitis akut merupakan kondisi penyakit yang perlu diobati. Jika Anda memiliki gejala-gejala gingivitis, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan. Setelah gingivitis Anda sembuh, warna gusi akan kembali sehat seperti semula
  • Melakukan pembedahan periodontal. Bedah periodontal adalah tindakan perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi untuk mengatasi dan mengontrol kondisi gigi dan mulut serta fungsi estetiknya. Salah satu masalah yang bisa diatasi oleh bedah periodontal adalah gusi hitam
  • Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Sayuran hijau untuk gigi seperti kale, bayam dan brokoli mengandung asam folat, kalsium, mineral dan vitamin yang tinggi sehingga bisa membuat gusi lebih kuat dan tampak sehat.

Itulah beberapa penyebab gusi hitam dan cara mengatasi agar kembali ke kondisi yang normal. Jangan lupa selalu jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan menyikat gigi secara rutin serta berkunjung ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *