fbpx
Article

5 Trik Pijatan untuk Sakit Gigi yang Ampuh Taklukan Rasa Nyeri!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • 5 Trik Pijatan untuk Sakit Gigi yang Ampuh Taklukan Rasa Nyeri!
5 Trik Pijatan untuk Sakit Gigi yang Ampuh Taklukan Rasa Nyeri!

Terapi memijat untuk menyembuhkan suatu penyakit sudah banyak dilakukan sejak dulu. Terapi ini merupakan salah satu treatment tradisional dan banyak diterapkan di Indonesia. Salah satu yang mungkin jarang diketahui orang tetapi cukup efektif adalah terapi pijatan untuk sakit gigi.

Pijat untuk Sakit Gigi Menurut Ilmu Kedokteran

Secara teknis, sampai sekarang belum ada ilmu medis atau kedokteran modern yang membahas khusus tentang terapi pijatan untuk meredakan sakit gigi. Namun dari ilmu kedokteran tradisional asal Tiongkok, teknik pijatan menjadi salah satu bahasan utama.

Sejak dulu, tabib tradisional dari Tiongkok sudah menerapkan teknik akupresur untuk mengobati segala jenis penyakit termasuk sakit gigi. Teknik pijat inilah yang berkembang dan banyak digunakan orang sebagai alternatif tradisional dalam mengatasi sakit gigi.

Keampuhan teknik akupresur dari Tiongkok memang belum diakui secara resmi, namun banyak dokter yang menyarankan pasiennya untuk melakukan terapi ini dalam mengobati penyakit tertentu. Tidak heran apabila teknik akupresur dari banyak dibahas jurnal-jurnal kedokteran.

Untuk mengatasi sakit gigi, teknik akupresur menekankan pada beberapa titik di wajah dan tubuh. Beberapa di antaranya adalah, titik tulang pipi bagian bawah, titik tulang rahang, titik tengah pundak belakang, titik antara ibu jari dan jari telunjuk, serta titik lengan bagian tas, serta titik pijat antara jari telunjuk dan jari kaki.

Cara Melakukan Pijat untuk Sakit Gigi

kesakitan karena sakit gigi

Pada pijat untuk gigi, tekanan diberikan pada beberapa titik untuk memberikan sinyal pada otak agar melepas hormon endorfin. Tugas utama hormon ini adalah mengurangi rasa sakit dan menimbulkan rasa nyaman sehingga penderita tidak akan merasa kesakitan.

Selain itu pijatan yang dilakukan juga bertujuan untuk meredakan ketegangan dan melancarkan aliran darah. Jadi begitu aliran darah mengalir lancar, area gigi yang sakit akan segera sembuh. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa titik yang biasanya dipijat untuk menyembuhkan sakit gigi.

Berikut ulasan tentang cara melakukan pijat untuk sakit gigi melalui titik akupresur yang telah disebutkan di atas, yaitu:

Titik Pijat di Tulang Pipi

Berada di daerah wajah, tulang pipi merupakan daerah di sekitar pipi, mata, dan hidung yang biasanya agak menonjol. Untuk memijat bagian wajah ini, gunakan jari telunjuk dan jari tengah lalu lakukan penekanan di tepi bawah tulang pipi kurang lebih selama satu menit.

Cara ini dianggap cukup efektif dalam mengatasi nyeri pada gigi, menyembuhkan rasa sakit, dan mengatasi gusi bengkak akibat sakit gigi. 

Titik Pijat Tulang Rahang

Selain daerah tulang pipi, pijatan pada bagian rahang juga diketahui cukup efektif dalam mengatasi sakit gigi. Daerah rahang sendiri berada di sekitar dagu dekat daun telinga. Untuk memijat di daerah ini, gunakan ibu jari dan tekan titik di antara rahang atas dan rahang bawah pada wajah.

Lakukan pijatan selama kurang lebih satu menit untuk meredakan nyeri yang timbul akibat sakit gigi. Selain untuk gigi, pijatan di rahang juga diketahui dapat meredakan sakit kepala dan sakit leher.

Titik Pijat Ibu Jari dan Telunjuk

Tidak hanya di wajah, pijatan untuk sakit gigi juga bisa dilakukan pada bagian lain tubuh salah satunya di titik antara ibu jari dan telunjuk. Tekan titik ini selama kurang lebih satu menit untuk mengobati sakit gigi kronis. Selain itu, pijatan di titik ini juga diketahui dapat mengobati demam, migrain, dan masalah mata.

Untuk ibu hamil, memijat titik ini tidak disarankan. Selain dapat mengobati sakit gigi, pijatan pada titik ini juga diyakini dapat merangsang kontraksi dan memicu proses melahirkan prematur.

Titik Pijat Lengan Bagian Atas

Kamu juga bisa mencoba pijatan di daerah lain, yaitu lengan bagian atas, untuk meredakan sakit gigi. Titik ini dianggap sebagai poin akupresur paling efektif dan dapat menyembuhkan sakit gigi secara maksimal. Tidak hanya itu, pijatan pada lengan bagian atas juga diketahui dapat meredakan penyakit lainnya, termasuk tiroid, demam, dan epilepsi.

Titik Pijat Jari Telunjuk dan Jari Tengah Kaki

Bagi yang senang dipijat di bagian kaki, pijatan pada titik ini mungkin cukup membuat nyaman. Untuk menyembuhkan sakit gigi, pijatlah bagian di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Lakukan tekanan yang kuat menggunakan jari tangan pada bagian ini selama setidaknya 1 menit.

Tidak lama, rasa nyeri akibat sakit gigi akan berkurang. Tidak hanya pada sakit gigi, pijatan di daerah ini juga cukup efektif dalam meringankan sakit di bagian rahang atas, tenggorokan, sakit lambung, serta gangguan pencernaan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwa pijatan di wajah dan bagian tubuh lain ternyata cukup efektif dalam mengatasi sakit gigi. Jadi bagi yang enggan tergantung dengan obat-obatan medis untuk sakit gigi, lakukan pijatan untuk sakit gigi di atas supaya masalah nyeri segera teratasi.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *