fbpx
Article

Ini Cara Mengatasi Senyum Tidak Simetris Biar Kamu Makin PD!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Ini Cara Mengatasi Senyum Tidak Simetris Biar Kamu Makin PD!
Ini Cara Mengatasi Senyum Tidak Simetris Biar Kamu Makin PD!

Senyum yang tampak cantik tentunya bikin siapa pun jadi percaya diri. Nah, salah satu cara agar Anda tetap percaya diri saat senyum adalah membuat senyum yang simetris. Tetapi, bagaimana jika senyum alami Anda kurang simetris? Apakah hal ini bisa diperbaiki?

Artikel berikut ini akan menjelaskan penyebab dari senyum yang tidak simetris. Selain itu, Anda juga bisa mengenal bagaimana cara mengatasi senyum tidak simetris agar senyum penuh percaya diri bisa Anda dapatkan. Yuk, pelajari selengkapnya! 

Penyebab Senyum Kita Tidak Simetris

Sebelum mengenali cara mengatasi senyum yang tidak simetris, mari kenali dulu apa saja yang menyebabkan senyum tidak simetris.

Sebenarnya, hampir semua orang tidak memiliki wajah yang simetris 100%. Meski begitu, ketidaksimetrisan ini sifatnya minor saja sehingga tidak begitu kentara. 

Ketidaksimetrisan wajah bisa dipengaruhi oleh masalah kesehatan yang dialami. Beberapa jenis penyakit yang mengakibatkan asimetri wajah misalnya seperti stroke, Bell’s palsy, hingga masalah-masalah gigi. Masalah gigi yang dimaksud misalnya seperti posisi gigi geraham yang tidak rata, adanya kerusakan pada gigi (misalnya karena gigi berlubang), serta pertemuan rahang yang tidak pas. 

Bagaimana masalah gigi dan rahang di atas mengakibatkan senyum tidak simetris?

Sebagai contoh, Anda mengalami posisi gigi yang tidak rata. Gigi yang tumbuh posisinya tidak rapi dan tidak rata sehingga dapat mengakibatkan Anda kesulitan mengatupkan gigi ketika tersenyum. Alhasil, senyum tampak seperti tidak simetris.

Ini juga berlaku ketika terjadi kerusakan di gigi. Sebagai contoh, mungkin gigi geraham Anda berlubang sampai harus dicabut. Nah, ketika hal ini terjadi, gigi tidak bisa mengatup dengan sempurna karena salah satu sisi tidak memiliki geraham yang lengkap. Alhasil, ini bisa mengakibatkan senyum jadi tidak simetris.

Senyum yang tidak rata juga bisa disebabkan karena rahang yang tidak well-aligned. Artinya, rahang atas dan rahang bawah tidak lurus. Meski kesannya sepele, ini bisa mengakibatkan banyak masalah. Salah satunya adalah senyum yang tidak simetris. 

Rahang atas dan bawah yang tidak lurus biasanya disebabkan karena adanya trauma maupun penyakit di rongga mulut (misalnya adanya penyakit keganasan (kanker)). Untuk menegakkan diagnosa, Anda perlu berkonsultasi ke dokter gigi agar kondisi yang dialami bisa dengan tepat diatasi.

Cara Mengatasi Senyum Tidak Simetris

Bagaimana cara mengatasi senyum yang tidak simetris? Mengatasi masalah ini tentunya harus disesuaikan dengan faktor  penyebabnya.

Untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu datang ke klinik dokter gigi terdekat. Dokter akan memeriksa untuk mengetahui hal yang mengakibatkan senyum jadi asimetris. Setelah dokter mengenali penyebabnya, dokter bisa memberikan penanganan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Berikut adalah beberapa solusi mengatasi senyum yang tidak simetris ditinjau dari bidang kedokteran gigi

1. Mengobati Masalah Gigi Berlubang

Mengatasi senyum yang tidak simetris dengan menambal gigi berlubang (khususnya di bagian geraham) mungkin bukanlah cara instan memperbaiki senyum asimetris. Akan tetapi, ketika diterapkan, ini sangat berpotensi memperbaiki kerataan gigi Anda. 

Dengan menambal gigi berlubang, gigi geraham atas dan bawah bisa mengatup dengan baik. Nantinya, ini bisa memperbaiki bentuk senyum Anda.

Sebelum melakukan penambalan, Anda perlu melakukan Perawatan Saluran Akar (PSA) terlebih dahulu. Dengan melakukan prosedur PSA, akar gigi yang berlubang bisa dibersihkan dengan menyeluruh supaya jaringan gigi yang awalnya rusak bisa siap menerima tambalan.

2. Mengatasi Masalah Gigi-Gigi yang Tidak Rata

Jika gigi-gigi gerahammu tidak rata sehingga mengatupkan gigi secara rata jadi susah, kamu perlu ke dokter gigi, nih. Untuk solusi yang satu ini, kamu bisa mengandalkan dokter gigi spesialis ortodonti. Dokter akan memberikan perawatan yang dibutuhkan, misalnya seperti memasangkan kawat gigi atau aligner khusus.

Baca juga: Sangat Dianjurkan Oleh Dokter! 7 Cara Merawat Kawat Gigi Ini!

3. Memasang Implan

Kalau gigi Anda rusak dan tidak bisa lagi ‘diselamatkan’, memasang implan gigi bisa menjadi solusi untuk mengatasi celah di bagian gigi geraham. Nantinya, ini bisa membantu mengatasi senyum yang tidak simetris. 

Dengan menggunakan implan, celah yang ada di gigi kembali terisi. Alhasil, rahang bisa tersangga dengan rata sehingga senyum pun bisa tampil simetris.

4. Mengatasi Masalah Rahang

Permasalahan pada rahang bisa mengakibatkan senyum menjadi tidak simetris juga. Nah, jika Anda mengalami kelainan pada rahang—baik akibat trauma maupun sebab lainnya—tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter gigi.

Dokter gigi bisa membantu memeriksa posisi rahang Anda. Lalu, mereka akan menentukan tindakan apa yang bisa diambil selanjutnya. Dokter gigi mungkin juga akan menawarkan opsi operasi jika kondisi kelainan rahang yang dialami sudah parah.

Cara Mencegah Senyum Tidak Simetris

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah senyum tidak simetris, di antaranya adalah:

  1. Pastikan untuk menjaga kesehatan gigi. Sebab, masalah pada gigi—misalnya seperti gigi berlubang—dapat membuat senyum Anda tidak simetris karena geraham tidak bisa mengatup secara merata. 

Menjaga kesehatan gigi bisa Anda lakukan dengan rutin menggosok gigi, flossing gigi, dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

  1. Usahakan mengunyah di dua sisi gigi dan usahakan juga untuk menghindari kecenderungan tidur di salah satu sisi. Kedua hal ini dilakukan untuk mencegah tekanan yang intens pada salah satu sisi saja. 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa penyebab senyum tidak simetris, cara mengatasi senyum tidak simetris, serta bagaimana cara mencegahnya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! 

Tidak percaya diri karena senyum Anda tidak simetris?  Jika Anda pernah mengalami trauma sendi rahang maupun masalah pada gigi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke klinik dokter gigi sesegera mungkin. Penanganan segera bisa membantu Anda pulih lebih cepat sehingga senyum indah yang simetris pun bisa kembali.

Untuk Anda yang berdomisili di kawasan Jabodetabek, klinik dokter gigi Axel Dental siap membantu menjaga senyum agar tetap indah dan simetris. 

Ada berbagai perawatan gigi yang tersedia di klinik kami. Misalnya seperti pemasangan behel, pemasangan implan, dan veneer gigi yang ditangani langsung oleh dokter-dokter gigi yang berpengalaman di bidangnya.

Bersama Axel Dental, senyum cantik nan simetris bisa selalu terpancar dari wajah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Axel Dental adalah klinik gigi keluarga terpercaya Indonesia dengan desain modern & nyaman dan harga terjangkau. Bersama klinik kami, anda akan ditangani oleh dokter-dokter gigi terbaik dari lulusan universitas terkemuka di Jakarta.