fbpx
Article

Sudah Diuji Dokter, Ini Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Sudah Diuji Dokter, Ini Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi
Sudah Diuji Dokter, Ini Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi

Sebelum akhirnya mengenal sikat dan pasta gigi, dahulu orang memanfaatkan siwak untuk merawat kesehatan gigi mereka. Walaupun kini tak lagi banyak dipakai, siwak terbukti menawarkan beragam khasiat untuk kebersihan gigi dan mulut. Pada dasarnya, siwak (miswak) sendiri berasal dari batang pohon arak (Salvador persica) yang banyak dijumpai di kawasan Timur Tengah. Yuk cari tahu apa saja manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan cara tepat untuk memanfaatkannya agar dapat hasil yang optimal. 

Apakah Produk Berbahan Siwak Sebenarnya Aman untuk Digunakan ? 

Dikutip dari U.S. National Library of Medicine, World Health Organization (WHO) telah merekomendasikan siwak sebagai agen oral hygiene sejak tahun 1987 karena ketersediaannya yang cukup melimpah, berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, serta harganya yang terjangkau. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan siwak atau produk berbahan siwak aman untuk merawat kebersihan gigi dan mulut. 

Selain itu, banyak penelitian juga telah mengonfirmasi bahwa siwak sangat efektif dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa siwak memiliki efek anti-kariogenik, yang membuatnya lebih efektif dalam menghilangkan plak dibandingkan sikat gigi biasa. 

Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut 

Karena sudah terbukti secara klinis memiliki banyak khasiat, yuk ketahui lebih banyak tentang manfaat siwak untuk kesehatan gigi!

Siwak Bisa Mencegah Gigi Berlubang Loh! 

Ketika mencari informasi seputar bakteri gigi, kondisi gigi berlubang, serta penyebab gigi berlubang sakit dan ngilu, Anda mungkin akan menemukan bahwa siwak sangat efektif dalam mencegah lubang pada gigi. Tentunya, informasi tersebut adalah salah satu fakta yang perlu Anda ketahui terkait manfaat luar biasa dari siwak. Kandungan essential oil dalam siwak dapat membantu meningkatkan produksi air liur di mulut. 

Peningkatan aliran air liur akan membuat keseimbangan pH di rongga mulut tetap terjaga. Pada akhirnya, itu akan membantu dalam menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Di sisi lain, penggunaan siwak atau produk perawatan gigi yang mengandung siwak bisa menghambat pengeroposan gigi dan juga meningkatkan kekuatan gigi. 

Bisa Juga Menyegar Napas dan Bau Mulut! 

Saat mengalami bau mulut menyengat, Anda bisa memanfaatkan siwak atau produk perawatan gigi berbahan siwak untuk mengatasinya. Hal ini karena batang siwak mengandung zat antibakteri alami yang bisa menekan pertumbuhan kuman yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Dalam praktiknya, kebanyakan produk perawatan gigi yang memakai bahan siwak juga menambahkan daun mint untuk membuat efeknya jadi lebih optimal dalam menyegarkan napas. 

Cegah! Terjadinya Plak pada Gigi 

Bakteri plak gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi seperti gigi berlubang dan karang gigi. Saat sisa makanan menempel di sela atau permukaan gigi dan kemudian membentuk plak, bakteri di mulut akan mengubahnya jadi asam yang bisa merusak gigi. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa memanfaatkan siwak yang mengandung silika, senyawa kimia yang ampuh dalam mencegah pembentukan plak di gigi. Tidak cuma itu saja, kandungan silika dalam siwak terbukti dapat menghilangkan noda kuning pada gigi dan membuatnya tampak lebih putih. 

Siwak Bantu Tingkatkan Kesehatan Gusi 

Manfaat lain dari siwak yang perlu diketahui adalah khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan gusi. Bagaimanapun, kesehatan gusi menjadi bagian penting dalam kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, kita perlu memberi perhatian khusus pada gusi untuk mencegah munculnya penyakit di area tersebut. 

Dalam hal ini, sifat antibakteri yang terkandung pada siwak sangat efektif dalam menyembuhkan masalah di gusi dan membuatnya jadi lebih kuat. Penggunaan siwak secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko radang gusi.

Begini Cara Memakai Siwak untuk Gigi? 

Cara menggunakan siwak atau bersiwak sebetulnya terbilang sederhana. Anda bisa memakainya seperti ketika menggunakan sikat gigi biasa. Untuk langkah-langkah penggunaan siwak yang benar, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan siwak dan kupas ujungnya dengan panjang sekitar 1 cm. 
  2. Kemudian kunyah batang siwak yang sudah dikupas tadi hingga serat batangnya terbuka dan akhirnya membentuk seperti bulu sikat.
  3. Jika dirasa sudah agak lunak dan terlihat seperti bulu-bulu sikat, rendam siwak di dalam gelas berisi air.
  4. Selanjutnya, mulai bersihkan gigi Anda dengan siwak yang ujungnya sudah lebih terurai dan menyerupai sikat gigi.

Bila proses penyikatan dengan siwak sudah selesai, potong ujung siwak. Lalu jika hendak dipakai lagi, ulangi langkah-langkah di atas saat menggunakannya. Namun demikian, apabila tidak ingin repot, sekarang ada banyak produk perawatan gigi yang memakai ekstrak siwak. 

Demikian berbagai khasiat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut. Yuk, rutin bersiwak atau memakai produk perawatan gigi dengan ekstrak siwak untuk merawat kesehatan gigi dan mulut Anda! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *