Article

Sudah Rajin? Berikut 8 Cara Membersihkan Karang Gigi Kamu!

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • Sudah Rajin? Berikut 8 Cara Membersihkan Karang Gigi Kamu!
Sudah Rajin? Berikut 8 Cara Membersihkan Karang Gigi Kamu!

Pusing dengan karang gigi yang menumpuk namun tidak ingin melakukan scaling gigi? Artikel kali ini akan mengajak kamu untuk mempelajari cara ampuh membersihkan karang gigi secara alami. Perlu diingat pula bahwa metode di bawah ini dapat memberikan hasil yang maksimal apabila karang gigi belum dalam intensitas berat.

Baca juga: Fakta Mengenai Scaling Gigi Sebelum Anda Melakukannya!

1. Sikat Gigi dengan Baking Soda

Baking Soda Untuk Sikat Gigi

Baking soda atau soda kue atau yang juga dikenal dengan sebutan sodium bikarbornat, merupakan bahan baku pembuat kue. Namun tahukah kamu bahwa soda kue ini juga membantu mengurangi karang gigi? 

Menurut studi yang dipublikasikan melalui situs Science Direct, pasta gigi dengan kandungan soda kue dipercaya lebih efektif dalam mengurangi karang gigi dibanding pasta gigi biasa. Soda kue juga dapat mencegah hilangnya kalsium dari enamel karena memiliki pH tinggi.

Cara ampuh membersihkan karang gigi secara alami ini dapat dilakukan dengan mencampurkan 2 sendok teh soda kue dan 1 sendok teh air. Lalu aduk hingga menyerupai pasta gigi dan gunakan untuk menyikat gigi pada umumnya.

2. Membersihkan dengan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Sikat Gigi

Minyak kelapa mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang terbukti ampuh untuk membersihkan bakteri plak dalam mulut. Kandungan asam lemak, asam laurat, dan sifat anti-mikrobanya dapat membantu mengurangi karang gigi.

Berdasarkan penelitian di situs PubMed Central, sebanyak 60 partisipan dengan kondisi gingivitis mengalami penurunan intensitas karang gigi sebesar 50%. Mereka juga mengalami penurunan gejala gingivitis dan diyakini oleh para peneliti sebagai efek dari berkurangnya plak gigi.

Untuk tips membersihkan karang gigi yang satu ini, kamu dapat memulainya dengan menghangatkan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu, gunakan untuk berkumur selama 5 hingga 10 menit dan ludahkan. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan minyak zaitun, wijen, atau minyak almon.

3. Gunakan Buah Tinggi Vitamin C

Buah Vitamin C

Berkumur menggunakan cuka putih atau asam asetat juga efektif membersihkan karang gigi dan membunuh kuman. Akan tetapi penggunaan cuka sering kali tidak dapat diterima oleh semua orang. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan buah-buahan tinggi vitamin C. Buah-buahan seperti jeruk dan lemon tak hanya kaya akan vitamin C.

Namun juga memiliki sifat asam yang rendah. Sifat anti-mikrobanya juga ampuh dalam membunuh kuman penyebab karang gigi. Tips membersihkan karang gigi ini cukup sederhana. Hancurkan daging buah dan tambahkan sedikit air serta garam. Lalu aduk hingga menyerupai pasta gigi dan gunakan untuk menggosok gigi seperti biasa.

4. Bersihkan Gigi Menggunakan Benang

Dental Floss

Karang gigi umumnya terjadi pada sela-sela gigi yang cenderung sulit dijangkau menggunakan sikat gigi. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan benang atau flossing. Benang gigi dipercaya efektif untuk membersihkan karang dengan intensitas rendah.

Membersihkan gigi menggunakan benang selama sekali sehari juga membantu mengurangi masalah bau mulut dan risiko gusi infeksi. Metode ini idealnya dilakukan setelah selesai menyikat gigi.

5. Rutin Menyikat Gigi 2x Sehari

Sikat Gigi

Cara selanjutnya adalah dengan menyikat gigi secara rutin. Terlebih lagi untuk masalah karang gigi yang belum terlalu parah. American Dental Association (ADA) menganjurkan untuk menyikat gigi selama dua kali sehari menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sebanyak dua kali sehari. Pastikan pula untuk menyikat gigi selama kurang lebih dua menit. Beberapa orang sering kali terlalu cepat saat menyikat gigi. Padahal cara tersebut tidak efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan penyebab timbulnya plak dan karang gigi.

6. Menerapkan Teknik Menyikat Gigi yang Benar

SIkat Gigi Dengan Benar

Rajin menyikat gigi juga harus disertai dengan teknik yang tepat. Nah, coba cek lagi apakah kamu sudah menerapkan teknik-teknik menyikat gigi yang benar atau belum. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan memutar. Dimulai dari bagian atas lalu ke bawah.

Untuk memastikan sisa makanan benar-benar hilang, mulai menyikat dari gigi geraham di salah satu bagian mulut. Cara ini tidak perlu dilakukan dengan terlalu keras. Juga jangan terlalu menekan gigi karena justru akan mengikis enamel yang menjadi penyebab gigi sensitif

7. Pastikan Menggunakan Obat Kumur yang Sesuai

Berkumur menggunakan obat kumur juga membantu membersihkan karang gigi. Akan tetapi, jangan sembarangan memilih obat kumur.  Menurut ADA, obat kumur yang ampuh membasmi karang gigi adalah yang mengandung bahan anti-bakteri seperti chlorhexidine, cetylpyridinium, dan minyak esensial penghilang plak dan karang gigi.

Perlu diingat bahwa tips membersihkan karang gigi yang satu ini harus didahului dengan menyikat gigi dan flossing. Pastikan pula penggunaan obat kumur sesuai dengan dosisnya untuk menghindari efek samping.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

8. Bijak Memilih Asupan Makanan

Keripik Penyebab Plak

Salah satu pemicu plak dan karang gigi adalah apa yang kamu konsumsi. Sebab itulah, kamu harus cermat dalam memilih makanan setiap hari. Semakin tinggi kadar gula atau asam pada makanan, semakin tinggi pula risiko bakteri berkembang biak di dalam rongga mulut.

Sisa makanan akan memicu munculnya bakteri penyebab plak. Jika dibiarkan, maka akan terus menumpuk dan menimbulkan pembentukan karang gigi. Itu sebabnya kamu harus lebih selektif terhadap makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Makanan Penyebab Plak Gigi

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Minum air putih dapat membantu produksi air liur yang berfungsi meluruhkan plak dan menjaga rongga mulut tetap lembab.

Nah, itulah 8 cara ampuh membersihkan karang gigi secara alami yang dapat kamu terapkan di rumah. Selama masalah karang gigi belum terlalu parah, metode-metode di atas efektif untuk mengurangi karang gigi. Apabila intensitas karang gigi sangat kompleks, segeralah untuk membawanya ke dokter gigi profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *