Operasi Gigi Bungsu Harus Rawat Inap? Kata Siapa, Ini Jawabannya

Operasi Gigi Bungsu Harus Rawat Inap? Kata Siapa, Ini Jawabannya

Menurut Alodokter, operasi gigi bungsu dibutuhkan jika gigi tumbuh miring dan mendesak gusi, tulang rahang, gigi sampai jaringan di sekitarnya. Kondisi gigi bungsu yang mengalami impaksi (tertanam dan tidak bisa erupsi keluar gusi) juga membutuhkan penanganan berupa pencabutan gigi.

Lantas, apakah operasi gigi bungsu harus rawat inap di rumah sakit? Jika ya, apa saja kondisi yang mengharuskan rawat inap di rumah sakit?

Apakah Operasi Gigi Bungsu Harus Rawat Inap?

Operasi mencabut gigi bungsu biasanya hanya memakan waktu antara 20 sampai 30 menit saja. Pasien juga hanya disuntik anestesi lokal, sehingga tidak ada nyeri hebat yang akan dirasakan. Biasanya, prosedur ini tidak mengharuskan pasien untuk opname atau rawat inap. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada harus atau tidaknya pasien cabut gigi bungsu melakukan rawat inap:

Tingkat Kesulitan Operasi Gigi

Jika operasi mudah, di mana akar gigi bungsu tumbuh tegak, mudah dijangkau, tanpa infeksi atau komplikasi, dan prosedurnya singkat, rawat inap biasanya tidak diperlukan. Namun, jika operasi sulit karena akar bengkok, tertanam dalam, menyatu dengan tulang rahang, terjadi infeksi atau komplikasi seperti kista atau kerusakan jaringan, serta membutuhkan teknik bedah kompleks yang memakan waktu, rawat inap mungkin diperlukan.

Kondisi Kesehatan Pasien

Kondisi kesehatan pasien juga menentukan perlu atau tidaknya rawat inap. Pasien yang memerlukan rawat inap antara lain mereka yang:

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pasien kanker atau HIV/AIDS
  • Mengidap penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung
  • Memiliki alergi terhadap obat anestesi
  • Mengalami kecemasan atau fobia yang parah terhadap prosedur medis.

Pasien yang tidak memiliki kondisi medis tertentu biasanya tidak harus menginap pasca prosedur dilakukan.

Keinginan Pasien Sendiri

Keinginan pasien juga dapat menentukan kebutuhan rawat inap untuk pencabutan gigi bungsu. Pasien mungkin memilih rawat inap jika merasa cemas atau tidak nyaman untuk pulih di rumah, tinggal sendirian tanpa bantuan, atau menginginkan observasi medis pasca operasi. Pilihan ini memberikan rasa aman dan memastikan pemulihan yang lebih baik di bawah pengawasan tenaga medis.

Cabut Gigi Bungsu Aman dengan Dokter Gigi Profesional

Untuk memastikan prosedur pencabutan gigi bungsu yang aman dan nyaman hanya di klinik yang berpengalaman. Axel Dental sebagai klinik gigi kepercayaan keluarga Indonesia siap membantumu mewujudkan operasi cabut gigi bungsu tanpa khawatir efek samping yang membahayakan.

Dengan memahami faktor-faktor yang menentukan, kamu bisa memutuskan apakah operasi gigi bungsu memerlukan rawat inap. Pastikan memilih klinik gigi profesional, untuk prosedur yang aman dan nyaman. Percayakan kesehatan gigimu pada ahlinya untuk hasil terbaik tanpa kekhawatiran efek samping.