Perawatan Saluran Akar (Root Canal Treatment)

Perawatan saluran akar (Root canal treatment) adalah prosedur yang bertujuan untuk mengatasi keruasakan pada rongga gigi, serta mengobait infeksi dan pembusukan pada daerah gigi. Dengan perawatan saluran akar, diharapkan gigi yang bermasalah tidak perlu dicabut dan dapat dipertahankan.

Why Bleaching at Axel Dental?

Dokter Gigi

Dikerjakan oleh dokter gigi spesialis konvervasi gigi

Pengalaman

Berpengalaman dalam kasus-kasus yang sulit

Pelaratan

Peralatan modern & canggih

Berapa Lama Perawatan Saluran Akar di Axel Dental?

Perawatan saluran akar di Axel Dental tidak membutuhkan waktu lama. Durasi waktu tindakan yang dilakukan dokter dalam sekali kunjungan hanya sekitar satu jam saja. Hanya saja, diperlukan waktu hampir seharian pasca tindakan untuk meredakan rasa nyeri yang menyertainya.

Berapa Kali Pertemuan Untuk Perawatan Saluran Akar Gigi

Tergantung dari jenis gigi yang harus dilakukan treatment. Namun rata-rata, lama perawatan saluran akar gigi di Axel Dental membutuhkan waktu 3 hingga 4 kali kunjungan. Terlebih lagi jika yang harus dirawat adalah saluran akar pada gigi geraham paling belakang. Mungkin bisa memakan waktu lebih lama lagi.

Langkah-langkah Saluran Perawatan Akar Gigi

Perawatan akar gigi di Axel Dental dilakukan oleh dokter spesialis konservasi Gigi. Sebelum melakukan tindakan, dokter akan melakukan beberapa observasi yang diperlukan. Seperti melihat penyebab, melakukan diagnosis, pencegahan, serta langkah perawatan apa yang akan dilakukan.

Foto rontgen gigi dilakukan untuk melihat kondisi akar gigi pasien dan seberapa besar tingkat keparahan infeksinya. Data ini akan digunakan sebagai acuan dokter untuk melakukan ke tahap berikutnya.

Rubber Dam merupakan sebuah alat yang berwarna hijau dan tahan terhadap cairan. Fungsinya adalah untuk menghalangi area perawatan dari paparan air liur. Ini dilakukan untuk memastikan agar area perawatan tetap kering dan kondusif.

Saat sampai ke tahap ini, secara perlahan dokter akan melakukan preparasi. Tujuannya adalah agar bisa mendapat akses pada bagian lubang gigi. Tidak hanya sampai di situ saja. Dengan teliti dokter akan mengangkat semua pecahan gigi dan beberapa saraf yang rusak.

Tak perlu ragu. Dokter spesialis konservasi gigi di Axel Dental telah berpengalaman menangani berbagai kasus yang rumit. Akan sangat teliti saat mengangkat semua akar gigi yang rusak. Memastikan tidak ada yang tertinggal satu pun. Dengan sesekali menyemprotkan sodium hypochlorite agar hasil pengangkatan lebih sempurna.

Setelah ini, dokter akan meminta pasien pulang dan kembali lagi minggu depan untuk melakukan tindakan lanjutan. Yaitu memberi tambalan agar lubang gigi terhindar dari paparan makanan ataupun air liur.

Begitu pula jika terjadi infeksi. Dokter akan memberikan resep antibiotik hingga infeksi benar-benar sembuh. Lalu dilanjutkan dengan proses sealing. Yaitu memasukkan gutta percha atau substansi plastik yang terbuat dari latex dengan tekstur yang menyerupai karet.

Ini adalah tahap terakhir. Yaitu memasang crown atau onlay pada lubang untuk mencegah kerusakan berikutnya. Inilah yang dinamakan dengan tahapan restorasi. Menutup lubang untuk melindungi gigi dari paparan makanan dan bakteri penyebab sakit gigi.

Karena biasanya, gigi yang memiliki masalah dengan akar merupakan gigi yang memiliki lubang besar. Jika lubang ini ditutup, kecil kemungkinan untuk kembali bermasalah. Sehingga proses pencabutan gigi tidak diperlukan lagi.

Kisaran Harga Perawatan Saluran Akar Gigi di Axel Dental

Lalu berapa kisaran harga perawatan saluran akar gigi di Axel Dental? Tidak mahal.

Karena Axel Dental adalah Klinik perawatan gigi dengan harga yang terjangkau. Meski dikerjakan oleh dokter gigi spesialis konservasi yang berpengalaman menyelesaikan kasus-kasus sulit serta dilengkapi dengan alat modern dan canggih, biaya perawatan di sini sangat terjangkau.

Segera hubungi customer service untuk mendapatkan informasi seputar layanan, harga dan jadwal dokter untuk perawatan saluran akar gigi di Axel Dental.