Servis Operasi Gigi Bungsu (Wisdom Tooth Extraction)

Operasi gigi bungsu adalah prosedur pencabutan gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak wajar. Gigi geraham bungsu secara normal akan tumbuh di usia sekitar 17-24 tahun. Gigi bungsu yang tumbuh alami dengan orientasi lurus dan baik dapat dipertahankan. Namun, gigi bungsu yang tumbuh tidak wajar, seperti miring, tertanam, atau tumbuh di atas gigi lain, perlu dicabut untuk menghindari berbagai macam masalah gigi dan mulut di masa depan.

Operasi gigi bungsu biasanya dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Operasi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, dan pasien akan diberikan obat bius lokal atau umum. Setelah operasi, pasien akan merasakan nyeri, bengkak, dan ketidaknyamanan. Pasien juga akan disarankan untuk makan makanan lunak dan menghindari aktivitas berat selama beberapa hari.

Kenapa Memilih Servis Operasi Gigi Bungsu di Axel Dental?

Dokter Gigi Berpengalaman

Dikerjakan dokter berpengalaman dan kompeten dalam menangani berbagai kasus operasi gigi bungsu.

Kualitas Alat dan Bahan

Memberikan perawatan operasi gigi bungsu yang aman dan nyaman serta dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi.

Harga Lebih Terjangkau

Kami menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas perawatan yang lebih baik untuk pasien.

Apakah Servis Operasi Gigi Bungsu Berbahaya?

Anda tidak perlu khawatir, karena operasi gigi bungsu di klinik gigi Axel Dental umumnya aman dan tanpa komplikasi jangka panjang. Hal ini karena dilakukan oleh dokter gigi berpengalaman dan didukung oleh peralatan canggih dan modern sesuai standar internasional.

Pada saat operasi, dokter gigi akan memberikan bius lokal, kecuali jika pasien mengalami kecemasan yang tinggi atau penyakit penyerta yang membahayakan saat tindakan dilakukan. Dalam kasus ini, dokter gigi akan memberikan bius total agar operasi dapat berjalan dengan lancar.

Risiko komplikasi setelah operasi umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri karena perawatan yang tidak tepat. Namun, dengan penanganan yang profesional dan kompeten dari dokter dan tim ahli gigi Axel Dental, komplikasi ini dapat dihindari.

Gejala Impaksi Gigi yang Perlu Dirawat di Klinik Axel Dental

Berikut adalah beberapa gejala impaksi gigi yang perlu diwaspadai:

Karies Gigi

Timbul Karies

Karies pada gigi dapat menjadi gejala impaksi gigi bungsu. Hal ini dikarenakan pertumbuhan gigi bungsu yang tidak wajar, seperti menyamping atau menghadap gigi lainnya, dapat membuat gigi sulit dibersihkan. Akibatnya, bakteri penyebab karies dapat menumpuk dan menyebabkan kerusakan gigi.
Sulit membuka mulut merupakan salah satu contoh gejala impaksi gigi

Sulit Membuka Mulut

Jika peradangan gigi bungsu dibiarkan begitu saja, bakteri akan terus berkembang biak. Hal ini menyebabkan pembengkakan semakin besar dan menekan otot rongga mulut. Akibatnya, mulut akan semakin sulit dibuka.
Gusi bengkak merupakan salah satu contoh gejala impaksi gigi

Gusi Bengkak

Bakteri yang menempel pada gigi dan gusi dapat membentuk koloni dan menghasilkan racun. Racun ini dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan ini menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan nyeri.
Ngilu ketika makan merupakan salah satu contoh gejala impaksi gigi

Ngilu Ketika Makan

Karies yang timbul dapat menyebabkan rasa ngilu saat makan. Rasa ngilu ini merupakan gejala lanjutan dari kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut menghasilkan asam yang dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi. Jika enamel terkikis, bakteri dapat masuk ke dalam dentin, lapisan gigi yang lebih dalam. Dentin adalah bagian gigi yang paling sensitif terhadap rangsangan. Sehingga, jika sedikit saja terkena gesekan, maka akan timbul rasa ngilu dan rasa tidak nyaman lainnya.
gusi berdarah merupakan salah satu contoh gejala impaksi gigi

Gusi Berdarah

Peradangan gigi bungsu yang dibiarkan akan semakin bertambah. Gejalanya dapat berupa gigi kemerahan, gusi berdarah, pusing tiba-tiba, dan sakit kepala vertigo yang tidak tertahankan. Bakteri penyebab peradangan dapat menyebar ke jaringan dan organ lain di tubuh, sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan kematian. Oleh karena itu, operasi gigi bungsu impaksi harus segera dilakukan untuk mencegah komplikasi.

Berapa Lama Pemulihan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Waktu pemulihan setelah operasi gigi bungsu umumnya berkisar antara 1 hingga 2 minggu. Dalam rentan waktu ini, pasien dapat mengalami rasa tidak nyaman, ngilu, bengkak, hingga sakit kepala. Luka operasi mungkin masih ada pada beberapa bulan pasca operasi, tetapi gejalanya akan berangsur hilang setelah 2 minggu.

Berapa Harga Operasi Gigi Bungsu di Axel Dental?

Mulai dari harga 3.5 juta Rupiah, segera hubungi customer servis Axel Dental untuk mendapatkan detail informasi harga atau booking jadwal dokter gigi sesuai kebutuhan Anda.

Pilihan Cabang Klinik Axel Dental Untuk Operasi Gigi Bungsu