Article

Baru Tahu Ya? Kulit Pisang Bisa Bikin Gigi Putih, Ini Kata Para Ahli

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Baru Tahu Ya? Kulit Pisang Bisa Bikin Gigi Putih, Ini Kata Para Ahli
Baru Tahu Ya? Kulit Pisang Bisa Bikin Gigi Putih, Ini Kata Para Ahli

Memiliki gigi kuning dan kusam jelas dapat menurunkan kepercayaan diri. Sejumlah orang biasanya melakukan bleaching untuk mengatasi masalah tersebut. Namun ada pula yang memilih perawatan gigi alami, yakni dengan menggunakan kulit pisang. Pertanyaannya, apakah kulit pisang bisa memutihkan gigi secara efektif?

Benarkah Kulit Pisang Dapat Memutihkan Gigi

Klaim bahwa kulit pisang bisa memutihkan gigi berasal dari senyawa bioaktif di dalamnya yang bernama saponin. Riset yang dipublikasikan di IOSR Journal of Dental and Medical Sciences membuktikan klaim tersebut.

Dalam riset tersebut, para peneliti terlebih dahulu merendam gigi ke dalam air kopi selama dua minggu agar menjadi kekuningan. Kemudian, gigi direndam ke dalam larutan ekstrak kulit pisang. Setelah 1-3 jam, warna kekuningan yang melekat pada gigi tampak lebih pudar.

Saponin di dalam kulit pisang dapat mengikat zat kromogen yang bisa mengubah warna putih gigi. Selain itu, kulit pisang juga kaya akan kandungan mineral. Menurut penelitian University of Liverpool, magnesium, mangan, dan kalium dalam kulit pisang bisa membantu membersihkan noda pada gigi.

Meski dapat memudarkan warna kuning pada gigi, penelitian lanjut masih tetap diperlukan untuk mengetahui seberapa manjur kulit pisang untuk pemutih. Di samping itu, sampai saat ini masih belum ada riset yang langsung dilakukan pada gigi orang yang masih sehat.

Manfaat Kulit Pisang untuk Gigi

Kulit pisang tak hanya mengandung senyawa yang berfungsi untuk mencerahkan warna gigi saja. Masih banyak kandungan lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut di antaranya:

  • Kulit pisang mengandung potasium, magnesium, dan mangan yang berfungsi memperkuat lapisan enamel dan mengurangi sensitivitas pada gigi.
  • Sifat antibakterial pada kulit pisang dapat melindungi kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. 
  • Ekstrak kulit pisang diyakini pisang menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu masalah kesehatan gusi, seperti periodontitis dan gingivitis. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dipublikasikan di International Journal of Medicine and Pharmacy.

Bagaimana Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Gigi

Penjelasan di atas sudah menjawab apakah kulit pisang bisa memutihkan gigi atau tidak. Meski masih memerlukan penelitian lanjut, tak ada salahnya untuk mencobanya di rumah. Lagi pula, potensi keampuhan kulit pisang cukup layak untuk dibuktikan sendiri.

Kalau kamu tertarik mencobanya, berikut langkah-langkah menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi.

Pilih Pisang yang Matang

Untuk mencerahkan gigi, pastikan kamu menggunakan pisang yang matang karena kandungan mineralnya lebih banyak. Lihat bagian ujungnya, jika warna hijaunya sedikit berarti sudah matang. Ingat, jangan yang kulitnya sampai berwarna hitam karena sulit digunakan.

Setelah itu, kupas pisang dari bagian bawah ke atas dengan cara mencubit bagian tersebut. Jangan mengupas pisang seperti biasanya. Ini agar semua serabut buah bisa terangkat dan menempel pada kulit. 

Gosokkan Kulit Pisang pada Gigi

Langkah selanjutnya, gosokkan kulit pisang pada gigi. Gunakan bagian dalam kulit pisang, bukan bagian luarnya. Pastikan semua gigi di bagian atas dan bawah terjangkau. Gosok terus sampai sekitar 1 menit.

Diamkan Selama 10 Menit

Jika sudah, diamkan selama 10 menit. Ini agar gel kulit pisang dan kandungan mineralnya bisa bekerja secara maksimal pada gigi. Pastikan mulutmu tetap terbuka dan usahakan bibir tidak terkena gigi supaya gel kulit pisang tidak hilang.

Sikat Gigi

Jika sudah 10 menit, sikat gel kulit pisang ke bagian dalam gigi. Pastikan sikat gigi yang kamu guanakan dalam keadaan kering. Gosok gigi dengan gerakan berputas selama 2-3 menit. 

Jika sudah, bilas sikat gigi dan gunakan untuk membersihkan gel kulit pisang yang menempel pada gigi. Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk langkah ini. Jika sudah, kumur dengan air mengalir.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukan perawatan alami ini setiap hari saat sebelum tidur. Kamu bisa melakukannya setidaknya hingga 14 hari untuk melihat hasilnya. Kamu bisa mengambil foto kondisi gigimu sebelum dan sesudah menggunakan bleaching alami ini. Dengan begitu kamu bisa melihat perbedaannya setelah dua minggu.

Efek Samping Kulit Pisang untuk Gigi

Penggunaan kulit pisang secara berlebihan untuk memutihkan gigi dapat menimbulkan masalah. Di antaranya adalah rasa tidak nyaman pada area lidah, gigi sensitif, dan gusi terasa terbakar. Untuk meminimalkan efek samping tersebut, usahakan untuk segera menggosok gigi setelah selesai menggunakan perawatan alami ini.

Itu tadi ulasan mengenai apakah kulit pisang bisa memutihkan gigi atau tidak. Jika disimpulkan, kulit pisang memang memiliki potensi untuk mencerahkan gigi. Meski begitu, belum ada riset yang dilakukan langsung pada gigi manusia. Sebab itu, riset lebih lanjut tetap dibutuhkan. Tetapi kalau kamu penasaran dengan efektivitasnya, jangan ragu untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *