Article

Apa Itu Teledentistry? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Apa Itu Teledentistry? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!
Apa Itu Teledentistry? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

Teledentistry merupakan praktik dalam dunia kedokteran gigi yang mulai muncul pada tahun 1994. Awalnya ini menjadi bagian dari proyek militer sampai akhirnya berkembang luas sebagai bentuk perawatan gigi bagi masyarakat kurang mampu yang tinggal di kawasan pedesaan atau tempat-tempat yang sulit dijangkau secara langsung oleh dokter gigi

Walaupun teledentistry sudah ada sejak beberapa dekade, namun baru populer pada tahun 2013. Saat itu, lebih dari separuh rumah sakit dan tempat praktik dokter di Amerika mulai menerapkan layanan telehealth dan membuktikan manfaatnya dalam proses perawatan pasien.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap apa itu teledentistry, apa saja teknologi di balik teledentistry, manfaat hingga cara melakukannya. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Teledentistry?

Teledentistry adalah bagian dari telehealth. Saat kunjungan ke dokter gigi secara langsung (tradisional) tidak bisa dilakukan, teledentistry menawarkan solusi bagi pasien yang membutuhkan layanan dan konsultasi kesehaan mulut. Lewat janji temu secara virtual, dokter gigi bisa menangani pasien yang tidak bisa melakukan pertemuan langsung karena berbagai alasan termasuk lokasinya yang jauh.

Selama pandemi COVID-19, video conference real-time semakin populer di bidang teledentistry karena bisa memberikan kemudahan baik kepada pasien maupun dokter gigi. Dalam melakukan praktik teledentistry, seorang dokter gigi harus menjalin hubungan dokter-pasien yang baik. Dokter gigi juga harus memastikan bahwa solusi telekomunikasi yang dipilih telah memenuhi persyaratan klinis dan mematuhi undang-undang privasi yang berlaku.

Dokter gigi harus bisa memberikan informasi yang memadai kepada pasien terkait kelebihan keterbatasan dan kekurangan yang mungkin terjadi selama konsultasi online. Pasien juga harus menyadari keterbatasan teledentistry, dan dokter gigi akan memberikan saran terbaik jika konsultasi tatap muka tidak mungkin dilakukan.

Lalu, apakah teledentistry itu efisien? “Seperti halnya telehealth, teledentistry membantu memfasilitasi perawatan gigi dengan menghubungkan pasien secara langsung ke dokter gigi atau ortodontis,” ungkap dr. Dean Fry, Chief Dental Officer di Humana.

Teknologi di Balik Teledentistry

Setelah mengetahui apa itu teledentistry, kamu juga perlu tahu apa saja teknologi yang digunakan dalam pelaksanaan teledentistry. Dengan teknologi ini, data pasien dapat dikirimkan ke dokter gigi di klinik gigi dan memperoleh tindak lanjut yang tepat sesuai kebutuhan. Beberapa teknologi di balik teledentistry antara lain adalah:

Telekonferensi

Telekonferensi adalah salah satu aspek utama dalam teledentistry yang memungkinkan pasien untuk berkomunikasi dengan dokter gigi secara virtual. Telekonferensi memungkinkan konsultasi jarak jauh yang efisien sehingga pasien bisa berkonsultasi tentang masalah gigi yang mereka alami, mendapatkan masukan bahkan menjadwalkan pertemuan tatap muka tanpa harus datang langsung ke klinik.

Pencitraan Gigi Digital

Alat-alat seperti sinar-X digital dan pemindaian 3D memungkinkan dokter gigi untuk menganalisis gigi pasien secara lebih rinci. Hasil pemindaian ini bisa dengan mudah dikirimkan secara elektronik kepada pasien, memungkinkan mereka untuk memahami dengan lebih baik masalah gigi yang mereka alami serta rencana perawatan yang dibutuhkan.

Rekam Medis Elektronik

Rekam medis elektronik memungkinkan dokter gigi untuk mengakses riwayat kesehatan gigi pasien dengan mudah dan mengidentifikasi perubahan atau masalah yang muncul dari waktu ke waktu. Rekam medis elektronik juga memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antar profesional kesehatan gigi sehingga pasien dapat memperoleh perawatan yang lebih terkoordinasi.

Kenali Manfaat Dari Teledentistry

Teledentistry dengan berbagai kemudahannya memberikan sejumlah manfaat, tidak hanya bagi pasien, tapi juga dokter gigi yang bertugas.

Menurunkan Biaya Kunjungan ke Dokter Gigi

Menurut studi yang dilakukan oleh HighPoint, rata-rata biaya kunjungan telehealth (termasuk teledentistry) memakan biaya setengah dari kunjungan langsung ke dokter. Biaya teledentistry yang jauh lebih murah memungkinkan mereka yang memiliki pendapatan lebih rendah untuk tetap menerima perawatan yang mereka butuhkan.

Meningkatkan Akses terhadap Perawatan Gigi

Pasien dari berbagai daerah dan mereka yang butuh waktu berjam-jam untuk bisa sampai ke klinik gigi, sekarang tidak perlu lagi melakukannya. Dengan teledentistry, siapa saja yang memiliki layanan seluler atau WiFi bisa menghubungi dokter gigi untuk membantu meningkatkan kesehatan mulut mereka secara keseluruhan.

Peningkatan Kualitas Perawatan

Karena orang-orang yang memiliki masalah tidak mendesak bisa mendapatkan perawatan secara virtual lewat teledentistry, hanya orang-orang yang butuh perawatan darurat yang bisa datang langsung ke dokter gigi. Dengan cara ini, dokter gigi bisa memberikan perawatan medis dan gigi yang lebih baik untuk pasiennya.

Bentuk Perkembangan Teknologi dalam Dunia Healthcare

Dunia saat ini hampir sepenuhnya dijalankan secara digital dan industri kesehatan atau healthcare mulai mengejar ketertinggalannya. Teledentistry adalah langkah menuju arah digital dan memungkinkan pasien berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka seperti lewat video call.

Bagaimana Cara Konsultasi Ala Teledentistry?

Untuk melakukan konsultasi online dengan dokter gigi, langkah-langkahnya mungkin berbeda, tergantung platform apa yang kamu gunakan. Namun secara umum, prosedurnya adalah sebagai berikut:

Kunjungi Situs Web atau Aplikasi Teledentistry

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs web atau mengunduh aplikasi teledentistry yang tepercaya. Pilih platform yang memiliki reputasi mumpuni dan terbukti memberikan layanan yang berkualitas. Setelah masuk ke platform, kamu bisa melihat layanan apa saja yang mereka sediakan.

Isi Formulir Seputar Keluhan Gigi dan Mulut

Setelah kamu memilih dokter gigi atau praktik yang sesuai dengan kebutuhan, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengisi formulir terkait keluhan gigi dan mulut yang kamu alami. Formulir ini biasanya mencakup pertanyaan tentang gejala yang kamu alami, riwayat kesehatan gigimu serta informasi pribadi lainnya yang relevan.

Pastikan kamu memberikan informasi yang akurat dan lengkap. Ini akan membantu dokter memahami dengan baik kondisi yang kamu alami.

Konsultasi dengan Dokter Gigi

Setelah mengisi formulir, kamu bisa menjadwalkan konsultasi virtual dengan dokter gigi yang kamu pilih. Konsultasi bisa dilakukan lewat video call, panggilan suara atau pesan teks, tergantung preferensimu atau dokter yang kamu pilih.

Selama konsultasi berlangsung, kamu bisa berbicara secara langsung dengan dokter mengenai keluhanmu. Dokter juga akan menjawab pertanyaan yang kamu miliki dan mendiskusikan gejala atau masalah yang kamu alami.

Dapatkan Rekomendasi dari Dokter Gigi Mengenai Keluhan Kamu

Setelah dokter mendengarkan semua keluhan dan menganalisis informasi yang kamu berikan, dokter gigi akan memberikan rekomendasi mengenai perawatan atau langkah-langkah berikutnya yang perlu kamu ambil. Ini bisa termasuk resep obat, saran perawatan gigi atau janji temu langsung jika dibutuhkan.

Teledentistry secara umum memiliki potensi revolusioner di masa depan. Teknologi ini memungkinkan pasien untuk konsultasi dokter gigi jarak jauh. Dokter juga lebih mudah dalam melakukan pemantauan dan edukasi pasien secara efisien lewat teknologi digital. 

Keberadaan telehealth termasuk teledentistry dapat mengurangi hambatan geografis, meningkatkan aksesibilitas terhadap perawatan gigi, mengurangi biaya serta memberikan perawatan yang lebih personal. Pada akhirnya, ini akan mengubah praktik kedokteran gigi ke arah yang lebih inklusif dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *