Article

7 Permen Pelega Tenggorokan yang Ampuh Atasi Masalahmu

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • 7 Permen Pelega Tenggorokan yang Ampuh Atasi Masalahmu
7 Permen Pelega Tenggorokan yang Ampuh Atasi Masalahmu

Di tengah polusi udara yang semakin parah serta perubahan cuaca yang tidak menentu, sakit dan gatal di tenggorokan sulit untuk dihindari. Selain dengan mengonsumsi obat, ada cara yang mudah dan cukup ampuh untuk meredakan masalah tenggorokan yakni dengan menggunakan lozenges (permen pelega tenggorokan)

Permen pelega tenggorokan umumnya dibuat dengan bahan-bahan yang bisa membantu mengurangi gatal dan sakit seperti menthol, peppermint hingga amylmetacresol-dibenal. Langsung simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

7 Permen Pelega Tenggorokan Gatal, Batuk, dan Serak

Karena mudah dibawa dan praktis, permen pelega tenggorokan menjadi pilihan banyak orang. Jika kamu mengalami gejala seperti gatal dan nyeri di tenggorokan, kamu tinggal mengambil permen ini dari kemasannya kemudian mengisapnya. Ini sangat memudahkan, terutama ketika kamu tidak mungkin berkumur atau minum air putih. Apa saja rekomendasi permen pelega tenggorokan ini?

Strepsils

Permen Strepsils

Strepsils merupakan merek permen pelega tenggorokan gatal dan batuk yang sangat populer. Dengan kandungan amylmetacresol dan dichlorobenzyl alcohol, Strepsils berperan sinergis melawan infeksi tenggorokan, efektif mengatasi gejala infeksi bakteri atau virus. Permen ini mampu meredakan tenggorokan kering, gatal, atau sakit dengan cepat, memberikan sensasi lega. 

Strepsils aman untuk orang dewasa dan anak di atas 6 tahun. Untuk penggunaan pada anak-anak, pastikan kamu membaca petunjuk yang tertera dalam kemasan. Dengan berbagai kelebihannya, Strepsils menjadi pilihan efektif dalam mengatasi ketidaknyamanan tenggorokan dan mendukung pemulihan dari infeksi.

Fisherman’s Friend

Permen Fisherman's Friend

Kamu mungkin pernah mendengar manfaat permen Fisherman untuk batuk. Ya, permen ini memang memiliki kandungan menthol yang bisa menenangkan tenggorokan dan saluran pernapasan yang terganggu karena batuk dan pilek ringan. 

Cara mengonsumsinya mirip dengan permen biasa. Ketika tenggorokan terasa gatal atau tidak nyaman, cukup makan satu permen. Perlu dicatat bahwa permen Fisherman disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Pagoda Pastiles

Permen Pagoda Pastiles

Pagoda Pastiles adalah permen berbentuk tablet yang ketika diisap akan memberikan sensasi menyegarkan pada tenggorokan. Permen Pagoda mengandung minyak peppermint yang memiliki efek melegakan napas. 

Permen ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa mulai dari jeruk, apel, stroberi hingga anggur dan lemon. Selain bisa menjadi opsi permen batuk tenggorokan gatal, Pagoda juga cocok untuk perokok karena bisa menyegarkan napas.

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges

Permen Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges

Jika kamu mencari permen batuk kering, Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges bisa menjadi pilihan. Permen ini memiliki kandungan bahan herbal termasuk mint, jahe dan cengkeh yang bisa memberikan sensasi melegakan pada tenggorokan. Bahan-bahan ini juga digunakan untuk mencegah gejala masuk angin seperti perut kembung dan mual.

Rasa manisnya tidak hanya berasal dari gula, tapi juga madu sehingga bisa memberikan manfaat tambahan bagi kamu yang mengonsumsinya.

Wood’s Peppermint Lozenges

Permen Wood’s Peppermint Lozenges

Wood’s Peppermint Lozenges merupakan rekomendasi permen batuk berdahak dan batuk kering berikutnya. Tersedia dalam beberapa varian rasa termasuk lemon, jeruk hingga blackcurrant, permen ini akan membantu melegakan saluran pernapasan dan tenggorokan ketika dikonsumsi. Permen ini juga bisa menyegarkan napas dan mencegah bau mulut

Meski termasuk obat bebas, namun pastikan kamu mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

Ricola Mountain Mint

Permen Ricola Mountain Mint

Permen pelega tenggorokan ini sangat mudah ditemukan baik di apotek maupun di apotek dengan harga yang terjangkau. Permen ini diklaim memiliki kandungan 13 jenis herbal Swiss yang punya manfaat dalam mencegah dan menenangkan gejala radang pada tenggorokan seperti tenggorokan kering dan gatal. Permen Ricola juga bisa menyegarkan dan melegakan pernapasan.

Kelebihan Ricola Mountain Mint adalah tidak mengandung gula sehingga menghindari risiko penumpukan bakteri di mulut. Meskipun begitu, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena permen ini mengandung efek laksatif atau pencahar.

Konidin Strong Mint Lozenges

Permen Konidin Strong Mint Lozenges

Permen untuk radang tenggorokan dan batuk ini memiliki kandungan minyak peppermint, menthol, ekstrak akar manis dan minyak adas manis yang bisa mengatasi gejala batuk ringan sekaligus melegakan pernapasan dengan lebih efektif.

Konidin Strong Mint Lozenges memiliki rasa mint yang cenderung kuat. Kalau kamu tidak menyukainya, kamu bisa memilih opsi lain yakni Konidin Herbal Mint Lozenges. Keduanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Manfaat Permen Pelega Tenggorokan 

Sebenarnya, setiap produk permen pelega tenggorokan mengandung bahan yang berbeda-beda. Ini membuat manfaat yang diberikan oleh setiap jenis permen juga berbeda. Namun, secara umum manfaat permen pelega tenggorokan adalah:

  • Meredakan gatal dan sakit pada tenggorokan
  • Efektif melawan infeksi bakteri atau virus
  • Menenangkan tenggorokan kering, gatal, atau sakit
  • Membantu melegakan saluran pernapasan
  • Cocok untuk perokok dan menyegarkan napas
  • Memberikan sensasi menyegarkan pada tenggorokan
  • Mencegah dan menenangkan gejala radang pada tenggorokan.
  • Beberapa merek tidak mengandung gula berlebih, menghindari penumpukan bakteri di mulut yang menyebabkan karies pada gigi
  • Memiliki kandungan herbal dan mint yang memiliki banyak manfaat
  • Memberikan sensasi melegakan pada tenggorokan dan saluran pernapasan.

Itu dia beberapa rekomendasi permen pelega tenggorokan yang tersedia di apotek dan supermarket terdekat. Perlu dicatat bahwa permen-permen ini tidak dirancang untuk menyembuhkan batuk atau radang tenggorokan, melainkan meringankan gejalanya saja. Jadi, kamu tetap perlu mengonsumsi obat batuk agar bisa sembuh. Jika kamu merasakan keluhan yang tidak berkurang setelah makan permen dan minum obat, segera temui dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *