Article

Rontgen Gigi Periapikal: Jalan Menuju Perawatan Gigi yang Tepat

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Rontgen Gigi Periapikal: Jalan Menuju Perawatan Gigi yang Tepat
Rontgen Gigi Periapikal: Jalan Menuju Perawatan Gigi yang Tepat

Ketika melakukan pemeriksaan gigi, dokter bisa saja akan meminta kamu untuk melakukan rontgen gigi. Tujuannya untuk melihat kondisi gigi dan selanjutnya digunakan untuk melakukan diagnosis. Dalam praktiknya, kamu bisa menemukan berbagai metode rontgen, termasuk di antaranya adalah rontgen gigi periapikal.

Apa itu Rontgen Gigi Periapikal?

Seorang pria sedang duduk di kursi rontgen gigi dan memegang mesin rontgen untuk melihat kondisi gigi sebelum perawatan melalui rontgen gigi panoramic

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan rontgen atau x-ray gigi periapikal? Lalu, apa bedanya teknik periapikal dengan metode rontgen gigi lain yang biasa digunakan di klinik gigi maupun rumah sakit? 

Teknik x-ray periapikal merupakan metode rontgen gigi yang berguna untuk memberikan gambaran struktur gigi secara keseluruhan. Lewat metode ini, kamu bisa melihat kondisi gigi mulai dari bagian yang terlihat seperti mahkota gigi hingga bagian yang tersembunyi seperti tulang maupun akar gigi. 

Dengan menggunakan teknik rontgen periapikal, kamu tidak cuma bisa mendapatkan gambaran kondisi gigi secara jelas. Namun, kamu bisa pula mendapatkan informasi berkaitan dengan kondisi gusi maupun gangguan lain yang bisa timbul akibat penyakit di area sekitar gigi.

Kegunaan  Rontgen Gigi Periapikal

X-ray gigi periapikal merupakan salah satu jenis dari metode rontgen yang bisa kamu gunakan. Ada berbagai kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari teknik x-ray periapikal, di antaranya: 

  • Membantu dokter dalam mengetahui kondisi gigi dan melakukan diagnosis yang lebih akurat. Deteksi yang bisa dilakukan terhadap kondisi gigi tersebut bisa beragam, termasuk di antaranya adalah ketika melakukan evaluasi terhadap kesehatan gigi. 
  • Berguna untuk mengetahui gangguan yang terjadi di area di bawah gusi atau rahang. Contoh jenis gangguan kesehatan yang bisa terjadi di area tersebut adalah impaksi gigi, gusi bernanah, gigi retak, serta tumor pada mulut.
  • Bagian dari persiapan dalam penanganan karang gigi, pencabutan gigi, root canal treatment, endodontic treatment, serta penanganan terhadap adanya peradangan pada area gigi dan mulut.
  • Melakukan pemantauan terhadap perkembangan gigi serta rahang anak. Dengan x-ray periapikal, dokter gigi bisa memperoleh informasi secara lebih jelas terkait kondisi gigi dan rahang anak. Selanjutnya, dokter gigi pun dapat melakukan identifikasi terkait potensi permasalahan yang ada.
  • Bagian dari pemantauan perawatan setelah penanganan masalah gigi. Misalnya, ketika kamu telah menjalani root canal treatment. Maka, pelaksanaan rontgen periapikal mempunyai tujuan dalam melihat perkembangan proses penyembuhan dan sekaligus melihat apakah penanganan yang dilakukan berhasil atau tidak. 

Bagaimana Persiapan Melakukan Rontgen Gigi Periapikal?

Ketika ingin menjalani x-ray gigi periapikal, terdapat beberapa langkah persiapan yang penting untuk kamu lakukan, yakni: 

  • Kenakan pakaian nyaman. 
  • Lepaskan setiap perhiasan yang melekat pada tubuh. Terutama perhiasan yang terbuat dari bahan logam. Selain itu, kamu juga harus melepaskan tindik yang ada pada gigi, mulut, maupun bagian tubuh lain. 
  • Jika kamu dalam kondisi hamil atau menyusui, informasikan hal tersebut kepada dokter gigi. 
  • Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti setiap prosedur dan arahan dari petugas maupun dokter gigi. 

Nah, itulah informasi lengkap berkaitan dengan rontgen gigi periapikal yang menarik untuk kamu ketahui. Pengetahuan tentang teknik rontgen ini sangat berguna ketika kamu ingin memperoleh penanganan berbagai masalah gigi di klinik gigi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *