Article

Lubang Bekas Cabut Gigi Lama Menutup? Mungkin Karena Ini

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Lubang Bekas Cabut Gigi Lama Menutup? Mungkin Karena Ini
Lubang Bekas Cabut Gigi Lama Menutup? Mungkin Karena Ini

Bagi kamu yang ingin melakukan pencabutan gigi, kamu mungkin penasaran berapa lama lubang bekas cabut gigi menutup? Pasalnya, lubang yang belum tertutup kerap membuat cemas dan nyeri. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini!

Berapa Lama Lubang Bekas Cabut Gigi Tertutup?

Luka jaitan gusi bekas cabut gigi

Secara umum, 24 jam setelah gigi dicabut proses penyembuhan sudah berlangsung dan bekuan darah akan menutup bagian lubang yang ditinggalkan gigi. Setelah 3 hari, gusi mulai menutupi lubang bekas cabut gigi. Mungkin masih ada bengkak dan sedikit pendarahan.

Di minggu ke-1 sampai ke-2, lubang akan semakin tertutup, gusi tidak lagi bengkak dan sensitif. Kami mungkin masih akan merasakan cekungan bekas lubang saat meraba gusi dengan lidah. Biasanya, di tahap ini jahitan sudah dibuka.

Lubang baru akan menutup sepenuhnya pada minggu ke-3. Kamu sudah bisa makan dan minum seperti biasa tanpa khawatir adanya risiko komplikasi “dry socket”. Namun, perlu dicatat bahwa butuh beberapa bulan untuk tulang di bawah gusi benar-benar pulih.

Hal yang Membuat Gusi Lama Tertutup Setelah Cabut Gigi

Setelah mengetahui berapa lama lubang bekas cabut gigi menutup, perlu diketahui bahwa prosesnya bisa jadi berbeda/lebih lama. Ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

Jenis Gigi yang Dicabut

Setiap jenis gigi yang dicabut memiliki masa pemulihan yang berbeda-beda. Gigi geraham misalnya, punya struktur akar yang lebih kompleks sehingga putuh waktu menutup lebih lama berkisar antara 2-3 minggu.

Gigi seri memiliki struktur akar yang lebih sederhana, sehingga lubangnya dapat menutup lebih cepat, sekitar 1-2 minggu. Gigi taring emiliki struktur yang mirip dengan gigi seri, namun lubangnya bisa menutup sedikit lebih lama, sekitar 1,5-2 minggu.

Teknik Pencabutan Gigi

Teknik pencabutan gigi ada yang simpel (simple extraction) dan ada yang rumit lewat ekstraksi bedah (surgical extraction). Pencabutan gigi simpel dilakukan pada gigi yang hanya memiliki satu akar (seri, taring dan geraham depan) atau gigi geraham yang sudah erupsi. Biasanya, proses penyembuhan untuk kasus ini lebih cepat.

Pencabutan yang rumit lewat ekstraksi bedah cakupannya lebih luas karena ada tulang dan jaringan yang dipotong selama pencabutan. Tindakan ini dilakukan untuk mencabut sisa-sisa gigi retak atau patah serta gigi bungsu yang belum erupsi dari gusi. Karena prosesnya yang rumit, penyembuhannya juga lebih lama.

Baca juga: Biar Gak Panik Duluan, Ayo Pahami Gimana Prosedur Cabut Gigi!

Pola Hidup Pasca Pencabutan Gigi yang Buruk

Untuk mempercepat pemulihan gusi usai cabut gigi, hindari merokok, makanan keras, dan kebersihan mulut yang buruk. Merokok dan makanan keras ganggu penyembuhan, sedangkan kebersihan buruk picu infeksi yang perlambat penutupan gusi. Jadi, jaga pola hidup sehat untuk pemulihan optimal.

Untuk prosedur pencabutan gigi yang aman dan nyaman, serta pemulihan yang optimal, kamu dapat menghubungi Klinik Axel Dental. Dengan tenaga medis yang berkualitas dan peralatan canggih, kami siap membantu kamu melalui proses pencabutan gigi dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut atau membuat janji temu. Kesehatan gigi kamu adalah prioritas kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *