Article

Berapa Harga Retainer Gigi? Ratusan Ribu atau Puluhan Juta?

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Berapa Harga Retainer Gigi? Ratusan Ribu atau Puluhan Juta?
Berapa Harga Retainer Gigi? Ratusan Ribu atau Puluhan Juta?

Retainer gigi adalah alat penting yang digunakan setelah perawatan ortodontik untuk menjaga posisi gigi tetap stabil. Setelah behel atau alat ortodontik lainnya dilepas, penggunaan retainer membantu mencegah gigi kembali ke posisi semula. Biaya pemasangan retainer bervariasi tergantung pada beberapa faktor. 

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih jenis retainer tertentu, ketahui dulu estimasi harga retainer gigi dan pertimbangan memilihnya berikut ini!

Berapa Biaya Retainer Gigi?

Biaya pemasangan retainer gigi bervariasi tergantung jenis dan bahan retainer yang digunakan. Berikut adalah estimasi harga retainer gigi yang umum digunakan: 

  • Hawley Retainer (Retainer Konvensional): Sekitar 600.000 rupiah per rahang
  • Invisible Retainer: Sekitar 700.000 rupiah per rahang
  • Retainer Cekat atau Permanen: Sekitar 850.000 rupiah per rahang.

Faktor yang Membuat Harga Retainer Gigi Mahal

Retainer gigi transparan

Harga retainer gigi bisa murah dan bisa juga mahal, ini ditentukan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang bisa membuat harga retainer gigi menjadi mahal antara lain adalah:

Jenis dan Bahan Retainer Gigi

Ada dua jenis retainer yang umum digunakan yakni retainer permanen atau fixed retainer dan retainer lepasan atau removable retainer. Keduanya berbeda dari segi harga.

Retainer Permanen (Fixed Retainer)

Retainer permanen terbuat dari kawat logam yang dipasang di bagian belakang gigi. Jenis retainer ini bekerja terus-menerus untuk menjaga posisi gigi tetap stabil. Keunggulannya termasuk efektivitas jangka panjang dan ketahanan yang baik. Namun, retainer permanen membutuhkan biaya pemasangan dan perawatan yang lebih tinggi, serta perawatan kebersihan yang teliti.

Retainer Lepasan (Removable Retainer)

Retainer lepasan dibuat dari bahan plastik atau akrilik dan dapat dilepas serta dipasang sendiri oleh pasien. Ada dua jenis utama retainer lepasan:

  • Hawley Retainer. Terbuat dari bahan akrilik dan kawat logam. Kelebihannya adalah dapat disesuaikan oleh dokter gigi jika ada perubahan kecil pada posisi gigi
  • Invisible Retainer. Terbuat dari bahan plastik transparan, yang lebih estetis dan nyaman, namun lebih mahal daripada Hawley Retainer.

Teknologi dan Proses Pembuatan

Penggunaan teknologi printer 3D untuk membuat retainer yang presisi dapat meningkatkan biaya. Teknologi ini memungkinkan pembuatan retainer yang sangat sesuai dengan bentuk gigi pasien, tetapi memerlukan perangkat dan teknik canggih yang menambah biaya keseluruhan.

Kustomisasi dan Presisi

Retainer yang dibuat khusus berdasarkan cetakan gigi setiap pasien memerlukan waktu dan keterampilan tambahan. Proses ini melibatkan pembuatan cetakan yang presisi untuk memastikan retainer pas dan nyaman, yang meningkatkan biaya karena memerlukan perhatian lebih dalam setiap langkahnya.

Pengukuran yang sangat presisi diperlukan untuk memastikan retainer sesuai dan nyaman dipakai. Proses ini melibatkan teknik yang lebih detail dan teliti, yang juga menambah biaya pembuatan retainer.

Reputasi Klinik dan Garansi yang Diberikan

Reputasi klinik gigi dan garansi yang diberikan juga mempengaruhi biaya retainer. Klinik dengan reputasi baik dan pelayanan berkualitas biasanya menetapkan harga yang lebih tinggi. Namun, pasien mendapatkan jaminan hasil yang memuaskan dan pelayanan yang memadai.

Jika kamu sedang mempertimbangkan perawatan ortodontik, pasang behel gigi bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk merapikan gigi atau mengatasi masalah gigi lainnya. Axel Dental menawarkan layanan pemasangan behel gigi dengan kualitas terbaik untuk membantu mencapai senyum yang sempurna. Kunjungi Axel Dental untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *