Article

4 Perbedaan Implan Gigi dan Crown Gigi? Ternyata Beda Loh!

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • 4 Perbedaan Implan Gigi dan Crown Gigi? Ternyata Beda Loh!
4 Perbedaan Implan Gigi dan Crown Gigi? Ternyata Beda Loh!

Pemahaman tentang berbagai jenis penanganan pada masalah gigi sangat penting ketika Anda ingin melakukan perawatan pada gigi. Contohnya adalah ketika Anda ingin memasang gigi palsu. Dalam penanganan ini, Anda perlu mengetahui perbedaan implan gigi dan crown gigi. 

Implan dan crown gigi sama-sama merupakan penanganan medis yang dilakukan dengan melakukan pemasangan gigi palsu. Meski begitu, keduanya mempunyai banyak perbedaan yang penting untuk Anda ketahui. Ada beberapa poin penting yang menjadi pembeda antara implan gigi dan crown gigi, yakni: 

1. Crown Gigi Hanya Membantu Untuk Estetika Gigi yang Rusak

Faktor pertama yang menjadi perbedaan implan gigi dan crown gigi adalah tujuannya. Implan gigi dapat Anda lakukan dengan tujuan untuk melakukan penggantian gigi secara keseluruhan. Penyebab adanya penggantian gigi tersebut bisa karena banyak hal, misalnya penyakit gusi, gigi tanggal, atau gigi berlubang. 

Sementara itu, crown gigi dapat Anda pilih kalau ingin mengembalikan tampilan gigi yang rusak sehingga terlihat estetik kembali. Selain itu, pemasangan crown gigi dapat pula memberikan manfaat lain termasuk di antaranya adalah mengembalikan bentuk serta kekuatan gigi. 

2. Pemasangan Implan Gigi Ditanam  di Dalam Gusi

Anda juga bisa menjumpai adanya perbedaan antara implan dan crown gigi dari prosedur pemasangannya. Implan gigi dilakukan dengan melakukan penanaman implan ke dalam gusi dan melubangi tulang rahang yang kemudian difungsikan sebagai akar gigi.

Sementara itu, pemasangan crown gigi dilakukan dengan menempatkan selubung gigi pada bagian atas gigi yang mengalami kerusakan. Dalam prosesnya, dokter akan melakukan pengambilan sebagian lapisan luar gigi dan membuat mahkota gigi buatan yang kemudian akan dipasang pada permukaan gigi.

Baca juga: Kece Tapi Berisiko? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Implan Gigi

3. Jenis Bahan yang Digunakan

Anda dapat pula mengetahui perbedaan implan gigi dan crown gigi dari bahan yang digunakan. Dalam pemasangan implan gigi, dokter akan menggunakan logam khusus titanium yang difungsikan sebagai akar gigi buatan. 

Lain halnya dengan crown gigi. Jenis bahan yang digunakan untuk crown gigi bisa berupa logam, porselen, ataupun resin.

4. Harga Implan Gigi dan Crown Gigi, Beda Lho!

Implan gigi memiliki harga yang relatif jauh lebih mahal dibandingkan crown gigi. Harga implan per gigi bisa mencapai Rp20-30 juta. Sementara itu, crown gigi bisa Anda dapatkan dengan harga di kisaran Rp2 juta sampai 8 juta per gigi.

Dengan harga yang cukup mahal tersebut, Anda perlu memastikan penggunaan layanan implan maupun crown gigi dengan kualitas terbaik. Solusi tersebut bisa Anda dapatkan di Axel Dental. 

Baca juga: Biaya Pasang Crown Gigi di Klinik & Puskesmas

Axel Dental merupakan klinik gigi berkualitas dan terpercaya yang sudah beroperasi sejak 2016. Anda bisa menjumpai layanan Axel Dental di 19 cabang yang di area Jadetabek. Di sini, Anda bisa mendapatkan layanan perawatan gigi oleh tenaga dokter gigi yang berpengalaman dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *