Article

Karang Gigi Menyebabkan Bau Mulut? Cek Fakta dan Solusinya!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Karang Gigi Menyebabkan Bau Mulut? Cek Fakta dan Solusinya!
Karang Gigi Menyebabkan Bau Mulut? Cek Fakta dan Solusinya!

Bau mulut menjadi permasalahan yang sangat mengganggu. Buat Anda jadi tak percaya diri dan minder. Lalu, apa yang menjadi penyebab utamanya? Apakah karang gigi menyebabkan bau mulut? Untuk mengetahui fakta yang sebenarnya, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut, yuk!

Apa Benar Karang Gigi Bikin Bau Mulut? 

Ya. Karang gigi menjadi penyebab utama masalah bau mulut yang membuat Anda tidak percaya diri. Tak cuma menimbulkan masalah bau mulut, karang gigi dapat pula memunculkan banyak permasalahan gigi lainnya, termasuk di antaranya adalah: 

  • Nyeri pada gusi; 
  • Perubahan warna pada gusi menjadi merah kehitaman;
  • Pembengkakan gusi; 
  • Gusi yang mudah berdarah.

Alasan Karang Gigi Bikin Bau Mulut

Anda sudah tahu kalau pertanyaan apakah karang gigi menyebabkan bau mulut adalah iya. Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi? Ada 2 hal yang menjadi alasan utamanya, yakni: 

1. Berkumpulnya Sarang Bakteri Sisa Makanan

Karang gigi merupakan kondisi ketika muncul plak akibat penumpukan sisa makanan pada sela-sela gigi. Tumpukan sisa makanan tersebut kemudian menjadi tempat sarang berkumpulnya bakteri. Penumpukan bakteri pada sisa-sisa makanan dapat menimbulkan risiko terjadinya infeksi. 

Infeksi bakteri yang terjadi pada gigi kemudian dapat memicu berbagai permasalahan. Salah satunya adalah bau mulut. Selain itu, Anda juga bakal berhadapan pada problem lain yang bisa terjadi, yakni peradangan pada gusi serta gusi yang membengkak.

2. Masalah Akibat Plak Gigi

Bau mulut dapat pula terjadi karena adanya plak gigi yang kemudian menimbulkan permasalahan pada gigi. Tumpukan plak pada gigi dapat menimbulkan kerusakan pada enamel gigi dan mengikisnya sedikit demi sedikit. Dampaknya, gigi menjadi lebih sensitif, berlubang, dan bahkan mengalami pembusukan.

Pengikisan enamel gigi dapat terjadi karena bakteri yang ada pada plak memiliki kemampuan dalam mengubah gula maupun karbohidrat menjadi bersifat lebih asam. Zat asam tersebut kemudian dapat menimbulkan kerusakan enamel gigi. Alhasil, gigi akan mengalami kerusakan secara permanen. 

Basmi Karang Gigi Instant Hanya Scaling di Axel Dental

Karang gigi merupakan tumpukan sisa makanan yang tak bisa Anda hilangkan dengan menyikat gigi. Cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan scaling gigi yang hanya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi klinik dokter gigi. 

Axel Dental menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan penanganan scaling dalam mengatasi masalah karang gigi. Pelaksanaan scaling akan dilakukan oleh tenaga dokter gigi yang berpengalaman dan profesional, dengan dukungan peralatan canggih dan modern. 

Alhasil, Anda bisa memperoleh gigi yang bersih, bebas dari masalah bau mulut dan problem mengganggu lain. Anda pun dapat tersenyum lebar dengan lebih percaya diri. 

Baca juga: Harga Scaling Gigi di Klinik Gigi Axel Dental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *