Article

Perawatan Saluran Akar Gigi Berapa Lama? Ga Sampai 5 Jam Kok!

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Perawatan Saluran Akar Gigi Berapa Lama? Ga Sampai 5 Jam Kok!
Perawatan Saluran Akar Gigi Berapa Lama? Ga Sampai 5 Jam Kok!

Gigi yang berlubang perlu penanganan khusus agar tidak mengalami infeksi yang kemudian berujung pada pencabutan gigi. Upaya penanganan yang bisa Anda lakukan adalah root canal treatment atau perawatan saluran akar gigi. 

Saat menggunakan layanan perawatan saluran akar gigi, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Termasuk di antaranya adalah durasi perawatan saluran akar gigi berapa lama dan butuh berapa kali kunjungan? 

Ingin tahu jawabannya? Simak penjelasannya secara lengkap berikut ini, ya.

Berapa Lama Perawatan Saluran Akar Gigi?

Dalam pelaksanaannya, perawatan saluran akar gigi dapat berlangsung begitu singkat. Anda hanya perlu mendapatkan perawatan dari dokter gigi dalam jangka antara 90 menit sampai 3 jam. 

Jawaban atas pertanyaan perawatan saluran akar gigi berapa lama sudah terjawab. Meski begitu, Anda akan memerlukan beberapa kali kunjungan untuk mendapatkan penanganan gigi secara menyeluruh. 

Baca juga: Apakah Perawatan Saluran Akar Gigi Sakit? Ini Penjelasannya

Kenapa  Perawatan Saluran Akar Gigi Lama?

Durasi perawatan saluran akar gigi dapat berlangsung cukup dengan satu kali kunjungan. Meski begitu, tak menutup kemungkinan kalau Anda perlu melakukan penanganan medis sampai dua atau tiga kali. 

Ada beberapa alasan yang membuat root canal treatment dapat berlangsung lebih lama, yakni: 

Anatomi yang Kompleks atau Sulit Dijangkau 

Langkah pertama dalam perawatan saluran akar gigi adalah menghilangkan bagian gigi yang terinfeksi dan mengalami kerusakan. Dokter gigi akan mengalami kesulitan untuk melakukannya ketika gigi yang terinfeksi berada pada posisi yang sulit dijangkau atau mempunyai anatomi yang sangat kompleks. 

Banyak Saluran Akar Gigi

Setiap jenis gigi mempunyai tekstur serta anatomi akar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penanganannya bakal berbeda bergantung pada jenis gigi yang mengalami kerusakan. 

Sebagai informasi, terdapat 4 jenis gigi dengan jumlah saluran akar gigi sebagai berikut: 

  • Gigi geraham merupakan jenis gigi yang memiliki saluran akar paling banyak, yakni sebanyak 4 saluran. Karena jumlah saluran akar gigi yang banyak, proses perawatan dapat berlangsung sangat lama. Sekali kunjungan, durasi perawatan bisa berlangsung sampai 90 menit atau lebih; 
  • Gigi taring memiliki bentuk runcing dan tajam. Gigi ini mempunyai satu saluran akar gigi. Proses penanganannya pun dapat berlangsung singkat, cukup memakan waktu sekitar 45 menit;
  • Gigi premolar merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 saluran akar gigi. Proses perawatan gigi premolar memerlukan waktu sekitar satu jam atau lebih;
  • Gigi seri mempunyai tekstur mirip gigi taring, hanya memiliki sebanyak 1 saluran akar. Proses penangananya dapat berlangsung singkat, sekitar 45 menit. 

Gigi dengan Infeksi Lanjut

Tingkat kesulitan dapat pula mempengaruhi durasi perawatan saluran akar gigi menjadi lebih lama. Apalagi jika gigi mengalami infeksi yang parah, sampai menyebar ke jaringan di sekitarnya. 

Perawatan Saluran Gigi dengan Dokter Gigi Profesional di Axel Dental

Dalam proses pelaksanaannya, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan layanan dokter yang profesional biar perawatan saluran akar gigi dapat berlangsung dengan lancar. Solusi terbaik bisa Anda dapatkan di Klinik Gigi Axel Dental. 

Axel Dental menyediakan layanan perawatan saluran akar gigi oleh tenaga yang profesional dan berpengalaman. Proses pelaksanaannya dapat berlangsung antara 1-2 jam, bergantung dengan kondisi serta tingkat keparahan. 

Dengan adanya penanganan tenaga profesional di Axel Dental, permasalahan gigi dapat selesai dengan tuntas. Anda bisa tersenyum lebar tanpa ada gangguan. 

Baca juga: Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Klinik Gigi Axel Dental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *