Article

Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Makan, Mana yang Lebih Baik?

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Makan, Mana yang Lebih Baik?
Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Makan, Mana yang Lebih Baik?

Sikat gigi menjadi cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, lebih baik sikat gigi sebelum atau sesudah makan? Jawabannya adalah Anda perlu mengutamakan untuk menyikat gigi sebelum makan. 

Kenapa harus menyikat gigi sebelum makan? Anda perlu memahami berbagai poin penting terkait manfaat yang bisa didapatkan dengan menyikat gigi sebelum makan, di antaranya adalah: 

Membunuh Bakteri dan Mencegah Plak

Menyikat gigi sebelum makan sangatlah penting, apalagi ketika sikat gigi di pagi hari. Perlu Anda ketahui, ketika tidur bakteri yang menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada gigi akan bekerja secara aktif. Oleh karena itu, Anda akan merasa mulut seperti berlumut dan bau tidak sedap saat bangun tidur.

Dengan menyikat gigi sebelum makan atau sarapan, Anda bisa membunuh bakteri yang jumlahnya telah berlipat ganda saat malam hari. Hal ini pun memberikan manfaat dalam mencegah pertumbuhan plak yang dapat merusak email gigi.

Melindungi Gigi dari Kerusakan Asam

Dalam pertimbangan lebih baik sikat gigi sebelum atau sesudah makan, Anda perlu memperhatikan efek makanan terhadap gigi. Anda akan menjumpai kalau efek keduanya akan berbeda. 

Ketika menyikat gigi setelah makan, kemungkinan akan ada sisa makanan yang bersifat asam menempel pada email gigi. Apalagi, jika Anda terbiasa memakan makanan yang berisiko tinggi merusak email seperti jus jeruk, kopi, roti, serta pastry. 

Lain halnya jika Anda memilih untuk menyikat gigi sebelum makan. Anda bisa memberikan lapisan pelindung yang melindungi permukaan gigi dari berbagai senyawa asam dalam makanan. 

Meningkatkan Produksi Air Liur

Selanjutnya, pilihan menyikat gigi pagi hari sebelum sarapan dapat berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan produksi air liur. Bahkan, sebuah studi memperlihatkan kalau terjadi peningkatan produksi air liur selama 5 menit setelah sikat gigi. 

Manfaat dalam meningkatkan produksi air liur sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Air liur berperan penting dalam membantu proses pengunyahan makanan. Namun, keberadaannya juga punya peran penting dalam menjaga agar mulut tetap lembap dan bahkan melindungi lapisan email gigi.

Mengurangi Risiko Noda pada Gigi

Kebiasaan menyikat gigi sebelum makan dapat pula menjaga agar Anda memiliki gigi dengan warna yang merata. Tidak ada noda maupun bercak putih pada gigi yang membuat Anda tidak percaya diri saat tersenyum di depan banyak orang. 

Anda bisa mendapatkan manfaat berupa mengurangi risiko munculnya noda gigi karena manfaat sikat gigi sebelum makan dalam mencegah terjadinya plak. Perlu Anda ketahui, noda gigi muncul disebabkan oleh timbunan plak yang membandel. 

Meningkatkan Efektivitas Fluoride

Terakhir, Anda bisa mendapatkan manfaat dalam mengoptimalkan fluoride dalam memberikan perlindungan pada gigi. Saat memilih menyikat gigi sebelum makan dengan pasta gigi yang memiliki fluoride di dalamnya, kandungan bahan ini akan bekerja secara efektif menyingkirkan bakteri serta plak pada gigi. 

Tak cukup itu saja. Fluoride dapat bekerja dengan melapisi permukaan email gigi. Dengan begitu, risiko kerusakan gigi bisa diminimalkan. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu jawaban atas pertanyaan lebih baik sikat gigi sebelum atau sesudah makan, kan? Jadi, mulai sekarang, biasakan diri Anda dan keluarga untuk melakukannya demi menjaga kesehatan gigi.

Selanjutnya, untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi atau ingin merawat kesehatan gigi, datang saja ke Axel Dental. Axel Dental merupakan klinik gigi terbaik di Jabodetabek yang siap menyediakan layanan kesehatan gigi secara lengkap. Anda bisa memperoleh pelayanan dari dokter berpengalaman dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *