Article

5 Akibat Kalau Gigi Berlubang Tidak Dicabut dan Dibiarkan Saja!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • 5 Akibat Kalau Gigi Berlubang Tidak Dicabut dan Dibiarkan Saja!
5 Akibat Kalau Gigi Berlubang Tidak Dicabut dan Dibiarkan Saja!

Gigi berlubang perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Kalau tidak, bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Apalagi kalau lubang tersebut sudah sangat parah. Anda akan berhadapan dengan berbagai permasalahan serius sebagai akibat gigi berlubang tidak dicabut. 

Lalu, apa saja permasalahan atau komplikasi yang bisa timbul akibat gigi berlubang yang dibiarkan saja dan tidak dicabut? Ada 5 problem yang bisa muncul, yaitu: 

Muncul Daging di Tengah Gigi

seseorang yang menunjukkan gigi berlubang parah dan hanya tinggal akar gigi yang hitam

Situasi pertama yang bisa muncul sebagai akibat gigi berlubang tidak dicabut dan dibiarkan saja adalah polip pulpa. Polip pulpa merupakan kondisi ketika tumbuh daging pada bagian tengah gigi yang berlubang. Kondisi ini paling sering muncul pada gigi geraham. 

Kemunculan daging pada bagian tengah gigi berlubang sering muncul pada anak-anak atau remaja. Faktor penyebabnya cukup beragam, termasuk di antaranya adalah paparan bakteri pada gigi berlubang yang tak dicabut atau dibiarkan saja. 

Gusi Bernanah atau Abses

Akibat gigi berlubang tidak dicabut yang selanjutnya adalah risiko terjadinya abses gigi. Pada kondisi ini, Anda akan menjumpai adanya benjolan yang berisi nanah pada gigi. Keberadaannya merupakan indikasi terjadinya infeksi, bisa terjadi pada akar gigi maupun gusi. 

Adanya abses gigi membuat Anda akan merasa nyeri ketika melakukan gerakan menggigit. Selain itu, gigi juga terasa lebih sensitif. Masalah lain juga bermunculan, seperti gigi bengkak, bau mulut, maupun kesulitan bicara atau membuka mulut.

Bau Mulut yang Sangat Menyengat

Problem yang bakal terjadi ketika Anda membiarkan masalah gigi berlubang selanjutnya adalah bau mulut yang tak sedap. Bau mulut ini akan membuat Anda tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. 

Penyebab terjadinya bau mulut pada gigi berlubang adalah karena adanya penumpukan sisa-sisa makanan di dalamnya. Alhasil, gigi tersebut akan menjadi rumah tempat berkumpulnya bakteri. 

Nyeri Kronis Secara Terus – Menerus

Gigi yang berlubang akan memicu munculnya rasa nyeri yang tak tertahankan. Rasa nyeri tersebut dapat muncul secara terus-menerus kalau Anda tidak segera melakukan penanganan pada masalah gigi berlubang. 

Anda memang bisa mengonsumsi berbagai obat pereda rasa nyeri untuk meringankan rasa sakit gigi yang muncul. Hanya saja, efeknya bersifat sementara. Kalau Anda tak segera melakukan pencabutan, rasa nyeri tersebut akan kambuh kembali. 

Penyebaran Infeksi ke Gigi Lain

Komplikasi yang dapat timbul sebagai akibat gigi berlubang tidak dicabut dan dibiarkan saja adalah infeksi yang menyebar. Penyebaran infeksi gigi pada gigi berlubang tidak hanya terbatas pada gigi lain. Namun, bisa pula ke rahang, leher, kepala, dan bahkan seluruh tubuh. 

Oleh karena itu, Anda perlu segera melakukan penanganan pada masalah gigi berlubang agar tidak sampai terjadi infeksi. Dengan begitu, infeksi gigi tidak menyebar dan menimbulkan efek yang lebih berbahaya. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu berbagai akibat gigi berlubang tidak dicabut dan dibiarkan saja, kan? Jadi, kalau menjumpai masalah gigi berlubang, segera atasi dengan mendapatkan perawatan dari klinik gigi terpercaya. 

Sebagai solusi dalam membantu mengatasi masalah gigi berlubang, Anda bisa menggunakan layanan Axel Dental. Di Axel Dental, tersedia berbagai solusi untuk mengatasi masalah gigi berlubang. 

Anda tidak hanya bisa melakukan tindakan pencabutan. Namun, ada pula berbagai penanganan lain yang bisa didapatkan, seperti penambalan maupun perawatan saluran akar gigi

Lalu, mana penanganan yang tepat untuk masalah Anda? Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi di Axel Dental. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *