Article

Muncul Lendir Putih di Mulut Setelah Sikat Gigi, Kenapa Ya?

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Muncul Lendir Putih di Mulut Setelah Sikat Gigi, Kenapa Ya?
Muncul Lendir Putih di Mulut Setelah Sikat Gigi, Kenapa Ya?

Setelah menyikat gigi, Anda akan mendapati mulut terasa lebih segar. Hanya saja, ada kalanya ada problem yang tak nyaman muncul. Salah satunya adalah lendir putih di mulut setelah sikat gigi. Bisa jadi, Anda pernah mengalaminya. Lalu, apa yang menjadi penyebab munculnya lendir putih tersebut? 

Penyebab Lendir Putih Setelah Sikat Gigi

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan munculnya lendir berwarna putih di mulut setelah Anda menyikat gigi, yakni: 

  • Sisa pasta gigi. Bisa jadi, lendir berwarna putih yang muncul merupakan sisa pasta gigi yang Anda gunakan. 
  • Saliva berlebih. Produksi liur yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab munculnya lendir putih setelah menyikat gigi. Liur menjadi terlihat berwarna putih karena bercampur dengan pasta gigi. 
  • Plak atau biofilm. Lendir putih setelah sikat gigi bisa pula muncul karena disebabkan oleh plak atau biofilm. Keberadaannya dapat menjadi pertanda kalau kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik.  
  • Reaksi terhadap bahan pasta gigi. Lendir putih dapat pula muncul ketika Anda menggunakan pasta gigi dengan kandungan bahan yang keras seperti sodium lauryl sulfate (SLS) sehingga menimbulkan reaksi kimia ketika berada di mulut. Lendir putih tersebut merupakan indikasi terjadinya reaksi kimia tersebut. 

Cara Mengatasi Lendir Putih Setelah Sikat Gigi

Jika Anda mempunyai permasalahan dengan lendir putih di mulut setelah sikat gigi, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, yakni: 

Gunakan Sikat Lidah

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sikat lidah. Pemakaiannya bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan permukaan lidah. Dengan begitu, bakteri yang menempel di lidah bisa hilang. 

Bakteri pada permukaan lidah sulit hilang kalau hanya dengan menyikat gigi. Apalagi, jika bakteri tersebut bersembunyi area yang dijangkau. Dengan menggunakan sikat lidah, Anda bisa membuat mulut menjadi lebih bersih dan mencegah penumpukan plak. 

Gunakan Pasta Gigi Tanpa SLS atau Berbusa

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti jenis pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi. Hindari pemakaian produk pasta gigi yang memiliki kandungan SLS. Anda bisa mengenalinya dengan menjumpai adanya busa ketika pasta gigi tersebut digunakan. 

Lalu, bagaimana dengan produk pasta gigi tanpa SLS yang ada di pasaran? Jangan khawatir. Ada banyak produk pasta gigi alternatif yang tidak mempunyai kandungan SLS. Beberapa contohnya antara lain adalah Sensodyne, Systema, serta Dentova.

Gunakan Obat Kumur

Solusi selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kumur. Pemakaian obat kumur bisa Anda lakukan setelah menyikat gigi. Penggunaannya pun memberikan banyak manfaat dalam menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut, di antaranya:

  • Mencegah terjadinya sariawan;
  • Mencegah terjadinya penumpukan plak;
  • Melakukan pencegahan karies serta gigi berlubang;
  • Mengatasi masalah bau mulut;
  • Membantu atasi masalah mulut kering;
  • Mengurangi terbentuknya karang gigi;
  • Mencegah terjadinya radang gusi.

Baca juga: Ooh, Ternyata Ini Kandungan Obat Kumur yang Bikin Gigi Sehat!

Sekarang Anda sudah tahu apa saja penyebab munculnya lendir putih di mulut setelah sikat gigi dan bagaimana cara mengatasinya, kan? Selanjutnya, pastikan Anda membiasakan diri untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. 

Tidak cukup dengan menyikat gigi secara rutin. Pastikan pula Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Selain itu, Anda bisa pula melakukan konsultasi terkait permasalahan lendir putih di mulut biar mendapatkan penjelasan yang lebih rinci. 

Untuk pilihan layanan klinik gigi yang terbaik, Anda bisa mendapatkannya di Axel Dental. Di sini, Anda memperoleh pelayanan berkualitas oleh dokter gigi yang profesional dan berpengalaman. Mereka pun akan siap membantu untuk mengatasi berbagai masalah terkait kesehatan gigi yang Anda alami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *