Article

Apakah Karang Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Gigi? Cek Fakta Nih!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Apakah Karang Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Gigi? Cek Fakta Nih!
Apakah Karang Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Gigi? Cek Fakta Nih!

Apakah karang gigi bisa menyebabkan sakit gigi? Karang gigi alias dental calculus merupakan timbunan plak (kotoran dari sisa makanan) yang membentuk lapisan mengeras. Lapisan tersebut tidak akan bisa dibersihkan dengan cara sederhana seperti menggunakan sikat gigi dan benang. Menilik situasi tersebut, calculus dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi atau tidak?

Apakah Karang Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Gigi?

Jawabannya, tentu saja bisa. Dental calculus memicu rasa sakit pada gigi akibat bakteri yang berkembang biak di dalamnya. Serangan bakteri tersebut dapat dengan cepat menjalar dan mengakibatkan beberapa kondisi gangguan kesehatan gigi dan mulut di bawah ini.

  • Peradangan gusi (gingivitis).
  • Peradangan akar dan jaringan penyangga gusi (periodontitis).
  • Abses (pembengkakan yang mengandung nanah).
  • Gigi berlubang (karies).

Bakteri dari lapisan plak akan merusak lapisan terluar gigi, kemudian menyerang lebih dalam hingga jaringan penyangga. Kondisi-kondisi di atas merupakan dampak jika karang gigi dibiarkan terlalu lama. Sementara untuk gangguan kesehatan gigi dan mulut ringan akibat calculus antara lain: bau mulut, gigi menguning, dan tidak nyaman ketika mengunyah atau berbicara.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Karang Gigi

Terjawab bukan apakah karang gigi bisa menyebabkan sakit gigi atau tidak? Tidak perlu panik, karena sejatinya karang gigi merupakan suatu gangguan yang bisa diatasi sehingga sakit gigi dan estetika gigi Anda bisa kembali seperti semula. Solusi utama, tentu saja dengan melakukan perawatan scaling gigi di Axel Dental.

Dental scaling merupakan proses pembersihan plak dan karang gigi menggunakan alat ultrasonik modern yang canggih. Dokter gigi berpengalaman dari Axel Dental akan melakukan pembersihan karang gigi secara menyeluruh di rahang atas maupun bawah. Lapisan plak mengeras hingga stain yang menempel akibat kebiasaan merokok terlibas hingga gigi kembali bersih dan sehat.

Tindakan pembersihan karang gigi ini wajib Anda lakukan setiap 6 bulan sekali untuk mencegah perkembangbiakan bakteri dengan pesat yang merusak jaringan gigi. Durasi tindakannya sendiri bergantung pada ketebalan karang gigi pasien, mulai dari 30 menit untuk kasus ringan dan 2 jam jika terlalu tebal.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan beberapa tindakan preventif berikut untuk memaksimalkan hasilnya.

  • Rajin menggosok gigi, khususnya setelah makan dan sebelum tidur. Sesuaikan kandungan pasta gigi dengan kondisi gigi Anda—termasuk tipe normal atau sensitif.
  • Menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi secara maksimal.
  • Pakai obat kumur dengan kandungan fluoride sebagai proteksi tambahan.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mudah merusak enamel gigi seperti: makanan manis dan minuman dingin.

Selain mendapatkan jawaban apakah karang gigi bisa menyebabkan sakit gigi, Anda juga mendapatkan solusi mengatasi dan tindakan pencegahannya. Jika membutuhkan konsultasi tentang kesehatan gigi dan mulut, tidak perlu ragu menghubungi WhatsApp Axel Dental atau datang langsung ke cabang klinik terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *