Article

Gum Lifting: Trik Ampuh Ubah Gigi Jadi Lebih Simetris!

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Gum Lifting: Trik Ampuh Ubah Gigi Jadi Lebih Simetris!
Gum Lifting: Trik Ampuh Ubah Gigi Jadi Lebih Simetris!

Struktur gigi dan gusi pastinya sangat berpengaruh pada penampilan. Masalahnya, ada saja kondisi kurang menguntungkan yang membuat Anda kurang percaya diri, misalnya ukuran gigi yang terlihat terlalu kecil atau jaringan gusi yang terlalu rendah. Jika Anda salah satu yang mengalami masalah tersebut, perawatan gum lifting bisa menjadi salah satu solusi.

Mengenal Perawatan Gum Lifting

Membuat senyuman manis dengan gum lifting

Secara garis besar, gum lifting adalah prosedur untuk memperbaiki gigi agar terlihat lebih simetris tetapi natural. Tindakan  yang juga dikenal dengan istilah pemanjangan mahkota ini dilakukan oleh dokter spesialis periodonsia dengan cara membentuk kembali tulang atau jaringan yang terletak di bawah garis gusi. 

Awalnya prosedur ini dilakukan untuk mengobati penyakit, terutama masalah erupsi yang membuat sebagian besar gigi tertutup oleh jaringan gusi. Cara ini juga dilakukan untuk mengatasi masalah penonjolan rahang atas yang membuat gigi terlihat tidak sempurna. Namun seiring berjalannya waktu, gum lifting kemudian berkembang untuk tujuan estetika gigi.

Manfaat Melakukan Perawatan Gum Lifting 

Jika Anda memiliki masalah erupsi maupun penonjolan rahang atas, maka cara ini adalah yang terbaik. Pasien tidak hanya memperbaiki penampilan, namun juga mendapatkan sejumlah manfaat seperti di bawah ini:

Gigi Tampak Lebih Sehat

Gigi yang tampak terlalu pendek karena tertutup gusi akan menimbulkan kesan kurang sehat. Dengan menjalani gum lifting, gusi akan diperbaiki sehingga terlihat sehat dan natural. Selain memperbaiki penampilan, cara ini juga bisa mengatasi berbagai masalah periodontal sehingga penampilan gigi tampak sehat.

Baca juga: Jangan Tunda Lagi! Nih, 11 Cara Merawat Kesehatan Gigi!

Memperbaiki Senyuman

Masalah pada gigi dan gusi mungkin membuat senyuman Anda terlihat asimetris dan kurang membuat percaya diri. Dengan perbaikan bentuk gusi, siapa pun bisa mengatasi masalah ini dan menciptakan senyum yang lebih menawan.

Mengatasi Masalah Gummy Smile

Gummy smile adalah kondisi di mana gusi terlihat mendominasi bagian mulut. Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Namun semua bisa Anda atasi dengan prosedur gum lifting.

Memperbaiki Penampilan Gigi

Prosedur ini dimaksudkan untuk membuat gigi tampak lebih panjang dan penuh. Anda bisa mendapatkan hasilnya secara instan dan menampilkan senyum yang jauh lebih menawan tanpa kesulitan.

Prosedurnya Sederhana

Di awal kemunculannya, gum lifting memang proses yang rumit karena melibatkan berbagai alat. Namun sekarang, prosedurnya sangat sederhana karena dokter menggunakan teknologi laser yang telah dinyatakan aman oleh FDA. Prosesnya pun mudah, cepat, dan tanpa reaksi pembengkakan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Macam-macam Alat Pembersih Gigi!

Tidak Perlu Recovery Time

Keuntungan lain dari prosedur ini adalah proses yang cepat dan tak perlu recovery time. Setelah operasi, pasien hanya perlu menggunakan obat-obatan penghilang rasa sakit gigi, dan kemudian kembali beraktivitas seperti biasa. Proses ini tidak memerlukan jahitan dan bisa sembuh sendiri.

Fungsi Perawatan Gum Lifting Bagi Penampilan 

Senyum semakin cantik dengan gum lifting

Sebagaimana dijelaskan di atas, awalnya gum lifting dilakukan untuk tujuan pengobatan. Namun seiring waktu, banyak orang yang menggunakan prosedur ini untuk memperbaiki penampilan.

Tak ada lagi gummy smile atau masalah gusi lainnya yang membuat Anda kurang percaya diri. Dengan gigi yang lebih panjang dan tampak sehat, siapa pun bisa menampilkan senyuman paling menawan.

Tidak ada salahnya menambahkan prosedur ini dalam makeover plan. Meski demikian, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter gigi, karena setiap orang mungkin membutuhkan prosedur dan penanganan yang berbeda.

Prosedur Perawatan Gum Lifting 

Prosedur melakukan Gum Lifting harus dilakukan oleh dokter profesional

Walaupun terdengar menyakitkan, namun prosedur gum lifting bisa Anda jalani dengan singkat dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Pasien bisa langsung beraktivitas dan makan seperti biasa kurang lebih 24 jam setelah tindakan. Berikut ini adalah beberapa langkahnya:

  • Dokter akan melakukan observasi dan melihat bagian mana yang perlu diperbaiki. Pastinya proses ini juga akan melibatkan pendapat dan persetujuan pasien.
  • Dokter akan menandai bagian mana saja yang perlu perbaikan.
  • Pemberian anestesi untuk mencegah munculnya rasa sakit.
  • Dengan laser jaringan lunak, dokter akan mulai membentuk kembali gusi yang asimetris. Alat ini juga berfungsi menutup pembuluh darah sehingga memperkecil kemungkinan pendarahan pada gusi.

Prosedur gum lifting tidak memerlukan jahitan, namun pasien diharapkan melakukan kontrol beberapa kali pasca operasi. Kondisi Anda akan pulih sepenuhnya dalam waktu rata-rata seminggu. Untuk mencegah munculnya rasa sakit, dokter biasanya akan memberikan painkiller untuk dikonsumsi. Hasilnya pun permanen dan bisa membuat gigimu lebih estetis dalam jangka panjang.

Meski pada dasarnya aman dan nyaris tak meninggalkan efek samping, namun gum lifting juga berpotensi menimbulkan masalah gigi sensitif. Penanganan yang salah juga bisa merusak dentin, yaitu bagian yang lebih dalam dan sensitif dari enamel. Hal ini pastinya akan meninggalkan masalah baru pada gigi dan gusi.

Namun tidak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Selama prosedurnya dilakukan dengan benar, gum lifting tidak akan menimbulkan dampak signifikan. Karenanya, Anda perlu berkonsultasi mempercayakan hal ini pada dokter yang benar-benar ahli sehingga meminimalisasi risiko yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *