Apakah Gusi Bernanah Boleh Dipecahkan? Jangan Asal, Ya!

• Keluhan Gigi
Apakah Gusi Bernanah Boleh Dipecahkan? Jangan Asal, Ya!

Apakah gusi bernanah boleh dipecahkan secara mandiri atau hanya boleh dilakukan petugas medis profesional? Kondisi medis yang dikenal dengan istilah radang gusi alias gingivitis ini menyebabkan pembengkakan, nyeri, kesulitan menelan, hingga demam. Situasi yang tidak menyenangkan tersebut tidak jarang menimbulkan sikap impulsif mengambil tindakan ekstrim dengan mengeluarkan nanah secara mandiri.

Apakah Gusi Bernanah Boleh Dipecahkan Sendiri?

Sebesar apapun rasa sakit akibat gusi bernanah, Anda wajib menahan diri dari keinginan impulsif di atas, ya! Hanya petugas medis profesional, khususnya dokter gigi, yang boleh melakukannya. Sebagai penanganan sementara, Anda bisa mengkonsumsi pereda nyeri untuk menghalau rasa sakit. Ada banyak faktor yang mendasari gingivitis tidak boleh diatasi secara mandiri.

Mengapa Gusi Bernanah Tidak Boleh Dipecahkan Sendiri?

Berikut merupakan alasan-alasan nanah dari pembengkakan gusi tidak boleh dipecahkan dan dikeluarkan sendiri tanpa keterampilan medis terkait.

Alat Tidak Steril dan Sangat Bahaya

Pasien gingivitis di luar petugas medis pasti tidak memiliki peralatan yang memadai, baik dari fungsi maupun sterilisasinya. Padahal, menggunakan alat dengan kondisi demikian untuk memecahkan nanah yang mengandung bakteri justru memicu potensi infeksi. Sementara dokter gigi pasti memiliki peralatan lengkap dan steril untuk melakukan proses perawatan peradangan gusi tersebut.

2Bisa Infeksi Meluas ke Tulang Rahang

Alasan pertanyaan apakah gusi bernanah boleh dipecahkan sendiri adalah tidak berikutnya karena potensi infeksi yang meluas hingga ke tulang rahang, tidak hanya pada area gingivitis. Akibatnya, akar gigi bisa terlepas dari gusi dan area kosong itu beralih terisi oleh nanah.

Selain infeksi ke tulang rahang (osteomyelitis), terdapat kemungkinan terjadi komplikasi infeksi jaringan lunak (selulitis) juga. Jika penanganan dalam kondisi ini tidak tepat apalagi didiamkan, bisa mengakibatkan cedera pada organ tubuh lain di sekitar rahang, wajah, dan leher.

Nyeri Secara Terus Menerus

Bila infeksi yang disebut di atas menyebar, dampak lainnya rasa nyeri yang menyerang tanpa henti. Bahkan, sulit menanganinya dengan memberi obat pereda sakit, kecuali terus menaikkan dosis yang dapat berakibat fatal terhadap sistem pencernaan hingga ginjal.

Gusi Anda Ada Nanahnya? Coba Deh Konsul ke Dokter Gigi Axel Dental!

Terpampang nyata bukan jawaban apakah gusi bernanah boleh dipecahkan sendiri atau tidak berikut alasan-alasan di baliknya? Solusi satu-satunya saat Anda memiliki masalah peradangan gusi hingga mengandung nanah di dalamnya adalah berkonsultasi dan mendapatkan perawatan dari klinik dan dokter gigi yang tepat, yaitu Axel Dental.

Anda bisa berkonsultasi secara gratis lebih dulu melalui WhatsApp, lho. Tim dokter gigi profesional Axel Dental akan menjelaskan garis besar kondisi Anda. Jika merasa cocok, Anda bisa langsung mengunjungi salah satu cabang klinik Axel Dental yang sudah tersebar di Jabodetabek.

Anda juga bisa melakukan reservasi (book appointment) melalui website resmi Axel Dental. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gusi bernanah Anda, kemudian melakukan prosedur perawatan yang tepat. Gigi sehat dan kuat, bersama Axel Dental!