Bracket Behel Tertelan? Tahan, Jangan Panik ini Tips Mengatasinya

Bracket Behel Tertelan? Tahan, Jangan Panik ini Tips Mengatasinya

Pemasangan kawat gigi memang memerlukan perawatan dan pengawasan khusus. Selain untuk memastikan hasilnya maksimal, ini juga perlu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah bracket behel tertelan.

Bracket behel tertelan adalah masalah yang bisa dialami oleh pemakai kawat gigi. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ini terjadi? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Bracket Behel Gigi Lepas? Jangan Panik, ini Solusi Terbaiknya

Bahaya Bracket Behel Jika Tertelan

Menurut Hello Sehat, apabila kamu mengalami bracket behel tertelan, tidak perlu langsung panik. Pasalnya, dalam kasus yang umum hal ini biasanya tidak menyebabkan masalah serius. Ketika benda asing masuk dan tertelan dengan tidak sengaja, benda itu akan masuk ke kerongkongan kemudian mengalir ke saluran cerna di perut.

Bracket sendiri adalah benda yang berukuran kecil dan tidak tajam. Jika tertelan, bracket bisa keluar sendiri bercampur dengan tinja ketika BAB sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai ketika bracket behel tertelan seperti:

Tersedak

Bracket behel yang tertelan dapat menyangkut di tenggorokan, menyebabkan tersedak dan kesulitan bernapas. Tersedak adalah bahaya utama menelan bracket behel karena dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Segera hubungi layanan darurat atau orang terdekat untuk bantuan jika kamu atau orang di sekitarmu tersedak bracket behel. Lakukan langkah-langkah pertolongan pertama seperti Heimlich maneuver jika kamu terlatih.

Penyumbatan Usus

Bracket behel yang besar atau tajam dapat menyumbat usus halus, mengganggu pencernaan dan aliran makanan. Gejala penyumbatan usus meliputi sakit perut parah, mual, muntah, dan sembelit. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah menelan bracket behel, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Penyumbatan usus adalah kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

Infeksi

Jika bracket behel tertelan bersama makanan atau minuman yang terkontaminasi, dapat terjadi infeksi. Infeksi dapat menyebabkan sakit perut, demam, dan menggigil. Segera hubungi dokter jika kamu mengalami gejala-gejala ini setelah menelan bracket behel.

Untuk mencegah risiko terjadinya behel tertelan, penting untuk memilih jasa pemasangan behel gigi yang berpengalaman. Axel Dental dengan berbagai cabang di kota-kota besar di Indonesia menyediakan layanan pemasangan behel gigi oleh tenaga dokter profesional. Selain memastikan hasilnya sesuai dengan apa yang kamu harapkan, kami juga hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas demi kenyamanan semua pasien.

Apa yang Harus dilakukan Bila Bracket Tertelan?

Bracket Kawat Gigi

Tetap tenang dan jangan panik apabila kamu tidak sengaja menelan bracket behel. Umumnya, bracket yang tertelan akan keluar bersama feses dalam beberapa hari tanpa menimbulkan masalah. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

• Perbanyak konsumsi air putih untuk membantu melancarkan pencernaan dan mendorong bracket keluar
  • Amati Buang Air Besar (BAB) kamu untuk melihat apakah bracket sudah keluar
  • Hindari mengonsumsi makanan keras yang dapat mengiritasi saluran pencernaan
  • Segera konsultasikan dengan dokter gigimu untuk memastikan kondisi bracket dan gigimu. Dokter gigi mungkin perlu melakukan rontgen untuk memastikan posisi bracket dan menjadwalkan pemasangan bracket baru.

Jangan panik jika bracket behel tertelan. Biasanya, bracket akan keluar dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetap perhatikan gejala dan konsultasikan dengan dokter gigi untuk memastikan keadaan gigi dan bracket. Penting untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan memilih pemasangan behel yang terpercaya untuk keamanan dan kenyamanan yang optimal.