fbpx
Article

3 Cara Menghilangkan Lem Behel di Gigi, Teknikal Semua!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • 3 Cara Menghilangkan Lem Behel di Gigi, Teknikal Semua!
3 Cara Menghilangkan Lem Behel di Gigi, Teknikal Semua!

Bagi sebagian orang, masa pakai behel menjadi momen penuh kenangan. Di balik senyum indah yang dihasilkan, terkadang ada rasa tidak nyaman akibat kawat behel yang menusuk pipi atau luka pada permukaan dalam mulut. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah lem behel yang masih menempel di gigi setelah behel dilepas.

Lem behel yang keras dan lengket ini memang sulit dihilangkan dengan cara biasa. Jika dibiarkan, lem tersebut dapat mengganggu estetika gigi dan menjadi tempat menempelnya plak dan bakteri, sehingga berpotensi menimbulkan masalah gigi dan mulut. Apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan lem behel di gigi?

Penyebab Lem Bekas Behel Sulit Hilang di Gigi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lem bekas behel sulit hilang di gigi, antara lain:

  • Jenis lem behel. Berbagai jenis lem behel memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang berbeda. Ada lem yang mudah dilepas dan ada pula yang membutuhkan alat khusus untuk menghilangkannya
  • Lama pemakaian behel. Semakin lama behel dipakai, semakin kuat pula lemnya menempel di gigi
  • Perawatan gigi. Kurangnya kebersihan gigi selama pemakaian behel dapat membuat lem menempel lebih kuat dan sulit dihilangkan
  • Teknik pelepasan behel. Teknik pelepasan behel yang tidak tepat dapat menyebabkan sisa lem tertinggal di gigi.

Kebanyakan kasus lem behel yang menempel adalah ketika pengguna mencoba melepaskan behelnya sendiri. Perlu diketahui bahwa hal ini tidak direkomendasikan. Menurut Alodokter, proses pelepasan kawat gigi harus dilakukan oleh tenaga profesional yakni dokter gigi. Selain untuk memastikan keamanannya, ini juga akan menghindarkanmu dari risiko lem behel yang tidak bersih (masih tersisa di gigi).

Cara Menghilangkan Lem Behel di Gigi

Jika setelah pencabutan kawat gigi lem behel masih menempel, ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara menghilangkan lem behel di gigi antara lain adalah:

Ultrasonic Scaler

Ultrasonic scaler menggunakan gelombang ultrasonik untuk memecahkan lem behel menjadi partikel kecil yang lebih mudah dihilangkan. Metode ini aman dan efektif untuk menghilangkan lem behel tanpa merusak gigi.

Polishing Gigi

Setelah lem behel dihilangkan, permukaan gigi perlu dipoles untuk menghaluskan dan menghilangkan sisa lem yang masih menempel. Polishing gigi juga dapat membantu mengembalikan kilau alami gigi.

Penting untuk diingat bahwa ketiga metode di atas harus dilakukan oleh dokter gigi yang profesional. Jangan mencoba menghilangkan lem behel sendiri di rumah karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.

Baca juga: Biaya Polishing Gigi: Rahasia Gigi Putih Berkilau, Nih Estimasinya

Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui terkait lem behel yang masih menempel di gigi dan cara menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah lem behel yang menempel di gigi dengan aman dan efektif, percayakanlah perawatan gigimu kepada profesional di Klinik Gigi Axel Dental. 

Dengan tenaga ahli dan teknologi terkini, kami menjamin proses pelepasan behel yang tepat dan menghindarkan kamu dari risiko lem behel yang tertinggal. Jadwalkan konsultasi sekarang untuk senyum indah tanpa gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *