fbpx
Article

Cara Mengunyah Makanan yang Benar: Ternyata Gak Bisa Asal!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Cara Mengunyah Makanan yang Benar: Ternyata Gak Bisa Asal!
Cara Mengunyah Makanan yang Benar: Ternyata Gak Bisa Asal!

Sering kali kita mengabaikan cara mengunyah makanan yang benar karena makan terburu-buru. Padahal, mengunyah makanan dengan benar sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan kita, lho. 

Mengunyah dengan benar bisa membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih baik. Selain itu, cara mengunyah yang tepat juga bisa membantu kita menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Penasaran seperti apa cara mengunyah makanan yang benar? Yuk, pelajari caranya di artikel berikut!

Apakah Penting Bagaimana Kita Mengunyah Makanan Kita?

Pencernaan berawal di rongga mulut; dan pencernaan di rongga mulut ini dilakukan secara mekanik dengan cara mengunyah. Ketika mengunyah, Anda melembutkan makanan sekaligus mencampurnya dengan enzim-enzim yang ada di mulut. Agar pencernaan bisa berjalan dengan optimal, maka cara mengunyah yang benar perlu Anda terapkan.

Memangnya, mengunyah makanan dengan baik begitu penting untuk pencernaan, ya? Tentu saja! Ada beberapa alasan mengapa mengunyah dengan benar penting untuk dilakukan, yaitu:

  • Memudahkan sistem pencernaan untuk melakukan tugasnya. Mengunyah dengan baik dapat membantu organ pencernaan selanjutnya mencerna makanan dengan lebih mudah. 
  • Memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi. Karena makanan yang masuk ke tubuh tercerna dengan baik, maka tubuh lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut.
  • Memungkinkan tubuh untuk lebih bertenaga. Karena makanan sudah dicerna dengan baik, maka tubuh bisa menyerap nutrisi dengan lebih cepat. Alhasil, tubuh bisa terasa lebih bertenaga. 
  • Mengurangi risiko masalah kesehatan gigi dan mulut. Mengunyah akan mengaktivasi produksi air liur. Air liur memiliki fungsi untuk membasuh sisa-sisa makanan dan bakteri yang ada di sela-sela gigi. Dengan demikian, risiko terjadinya karies pada gigi dan gingivitis (radang pada gusi) juga bisa ditekan. 
  • Mengurangi risiko obesitas yang dipicu karena overeating. Ilmuwan berpendapat bahwa semakin sering kita mengunyah, semakin meningkat pula rasa puas saat makan. Rasa puas ini bisa membantu mengurangi keinginan makan berlebih. 
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker. Ini memungkinkan berkat adanya enzim peroksidase yang ada di dalam air liur. Enzim ini bisa menekan karsinogen yang terdapat dalam makanan sehingga risiko karsinogen tersebut memicu kanker juga bisa ditekan.

Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Mengunyah Makanan dengan Benar?

Dampak tidak mengunyah makanan dengan benar

Ada beberapa masalah yang bisa timbul ketika Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, yaitu:

  • Tersedak

Hal ini terjadi ketika potongan makanan yang tidak dikunyah menutupi jalan pernapasan. Akibatnya, tubuh Anda akan merespons dengan batuk agar saluran pernapasan tidak tertutup lagi dengan makanan.

  • Aspirasi

Aspirasi makanan merupakan kondisi ketika barang asing (misalnya potongan makanan) tidak sengaja masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini bisa memicu terjadinya peradangan dan infeksi paru-paru.

  • Malnutrisi

Makanan yang tidak tercerna dengan baik tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Alhasil, tubuh dapat kekurangan nutrisi dan kondisi inilah yang disebut sebagai malnutrisi.

  • Berbagai Masalah Pencernaan Lainnya 

Misalnya seperti begah, heartburn, GERD, diare, dsb.

  • Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut 

Ada beberapa masalah gigi dan mulut yang bisa timbul karena cara mengunyah makanan yang tidak benar, di antaranya:

A. Masalah Gigi Berlubang

Dengan mengunyah sesuai anjuran, tekstur makanan bisa jadi lebih lembut. Air liur yang diproduksi dari proses mengunyah makanan bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sela gigi. 

Hanya saja, pembersihan sisa-sisa makanan akan sulit apabila tekstur makanan yang tersangkut di sela gigi masih belum lunak. Apabila sisa makanan tersebut tidak dibersihkan dengan baik,  ini dapat mengundang bakteri sehingga kondisi ini dapat mengakibatkan gigi berlubang. 

Apabila masalah gigi berlubang ini tidak diatasi, Anda bisa mengalami masalah gigi dan mulut lainnya yang lebih serius.  

Baca juga: Penyebab Gigi Berlubang Sakit dan Ngilu, Harus Bagaimana?

B. Wajah Jadi Tidak Simetris

Salah satu kebiasaan mengunyah yang tidak benar adalah mengunyah dengan menggunakan salah satu sisi geraham saja. Apabila berlangsung terus menerus, ini bisa mengakibatkan wajah Anda asimetris. 

C. Nyeri Pada Rahang

Ini juga bisa ditimbulkan akibat kebiasaan mengunyah di salah satu sisi geraham saja.

Cara Mengunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar

Bagaimana cara mengunyah makanan dengan benar? Berikut penjelasannya.

Terapkan Mindful Eating

Mindful eating merupakan sebuah anjuran untuk makan dengan penuh kesadaran. Artinya, ketika Anda sedang makan, hindari melakukan hal-hal lain seperti scrolling media sosial, membaca buku, bercakap-cakap dengan orang lain, dsb. Anda bisa berfokus hanya pada makanan yang sedang dikunyah sehingga makanan bisa tercerna dengan lebih baik.

Jangan Memasukkan Makanan Terlalu Banyak

Memasukkan makanan terlalu banyak ke dalam mulut biasanya akan memicu pengosongan mulut dengan cara menelan lebih cepat. Ini bisa mengakibatkan proses mengunyah jadi tidak sempurna. Untuk mencegahnya, masukkan makanan secukupnya baik menggunakan tangan ataupun sendok setiap suapan.

Kunyah Makanan Secara Perlahan 

Hindari mengunyah makanan secara terburu-buru. Anda bisa menghitung frekuensi mengunyah hingga 32 kali dalam satu kali suapan. Meski begitu, jenis makanan yang berbeda bisa berpengaruh pada frekuensi mengunyah yang dibutuhkan. Semakin keras jenis makanan yang masuk, semakin banyak juga kunyahan yang dibutuhkan. Ketika tekstur makanan yang Anda kunyah sudah lembut, Anda bisa menelan makanan tersebut. 

Hindari Mengunyah di Salah Satu Sisi Saja 

Selain tiga hal di atas, Anda juga perlu mengunyah di dua sisi geraham. Gunakan lidah untuk meratakan dan memindahkan makanan dari sisi satu ke sisi lainnya. Selain itu, rahang Anda juga perlu melakukan sedikit gerakan memutar ketika sedang mengunyah.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengunyah makanan yang benar. Pastikan untuk membiasakan diri melakukan kebiasaan mengunyah tersebut. Mungkin Anda butuh waktu lama untuk membiasakan diri, tetapi tak ada salahnya memulai kebiasaan baik ini dari sekarang.

Ingin berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai masalah gigi dan mulut yang sedang Anda alami? Anda bisa mengunjungi klinik dokter gigi Axel Dental dan berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis di tempat kami. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam treatment gigi berkualitas, misalnya seperti pemasangan implan gigi, pemasangan behel, hingga veneer gigi. Yuk, ke Axel Dental sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *