fbpx
Article

Gigi Palsu Lepasan; Solusi Gigi Ompong Harga Ekonomis

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Gigi Palsu Lepasan; Solusi Gigi Ompong Harga Ekonomis
Gigi Palsu Lepasan; Solusi Gigi Ompong Harga Ekonomis

Mengalami kehilangan gigi tentunya merupakan hal yang mengerikan. Tetapi, saat ini banyak terdapat solusi untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menggunakan gigi palsu lepasan. Apakah kamu pernah mendengar tentang gigi palsu lepasan? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa Itu Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan merupakan jenis gigi palsu yang dapat dilepas-pasang kapanpun kamu mau. Banyak orang yang memilih prosedur ini untuk menggantikan gigi yang hilang.  Tidak seperti dental bridge atau implan gigi, gigi palsu lepasan lebih sering direkomendasikan karena harganya yang lebih murah. Selain itu, proses pemasangannya lebih cepat dan mudah. 

Kamu dapat memilih jenisnya tergantung pada berapa banyak gigi yang hilang, yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu penuh.  Seperti namanya, gigi palsu penuh digunakan untuk menggantikan keseluruhan gigi yang hilang per rahangnya. Gigi palsu jenis ini perlu dilepas saat malam hari ketika tidur untuk membersihkannya dan mengistirahatkan gusi.

Sedangkan gigi palsu sebagian ditujukan untuk pasien yang kehilangan beberapa atau hampir seluruh gigi pada rahang. Misalnya hanya untuk gigi palsu lepasan depan atau gigi palsu lepasan satuan. 

Gigi palsu sebagian seperti gigi palsu penuh, namun gigi palsu sebagian mempunyai klip khusus yang bisa dipasangkan di gigi asli yang tersisa agar lebih stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

berikut adalah kelebihan dan kekurangan gigi palsu lepasan:

  • Solusi Sementara yang Ekonomis: Gigi palsu lepasan seringkali menjadi solusi yang lebih terjangkau daripada prosedur penggantian gigi permanen seperti implan gigi.
  • Proses Pemasangan yang Cepat: Proses pembuatan dan pemasangan gigi palsu lepasan relatif cepat, memungkinkan pengguna untuk segera mendapatkan gigi palsu sementara mereka.
  • Kemungkinan Ketidaknyamanan: Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan gigi palsu lepasan, terutama pada awal penggunaan, seperti iritasi gusi atau tekanan di area mulut.
  • Ketidakstabilan: Gigi palsu lepasan mungkin tidak sekuat atau sesetabil gigi asli, terutama jika mereka tidak dipasang dengan baik atau jika struktur rahang telah berubah.
  • Perlu Penyesuaian Rutin: Pengguna mungkin perlu melakukan penyesuaian rutin untuk memperbaiki kecocokan gigi palsu, terutama karena perubahan alami dalam struktur rahang dan gusi.

Jenis – Jenis Gigi Palsu Lepasan

Selain dibedakan secara jumlah, gigi palsu lepasan juga dapat dibedakan dilihat dari bahan pembuatannya. Berikut adalah 3 jenis yang paling umum:

Gigi Palsu Lepasan Akrilik

Gigi palsu akrilik menonjol dengan harganya yang lebih murah dibandingkan jenis gigi palsu lepasan lain, yaitu mulai dari Rp 1.2 juta sampai Rp 1.35 juta per gigi. Jadi kamu bisa menggunakan gigi palsu akrilik untuk gigi palsu lepasan 1 gigi.

Tapi, kelemahan utamanya adalah penggunaan kawat sebagai penyangga retensi dapat terlihat secara jelas saat berbicara atau tersenyum sehingga mengurangi estetika. 

Selain itu, gigi palsu akrilik biasanya lebih tebal, sehingga terasa berat dan tak nyaman bagi sebagian pengguna.

Gigi Palsu Lepasan Kerangka Logam

Gigi palsu lepasan kerangka logam mempunyai keunggulan yang lebih di antara jenis gigi palsu lepasan lainnya. Bahan yang digunakan adalah logam titanium dan chrome cobalt

Bahan tersebut dipilih karena tipis, kuat, dan mencengkram melingkar di gigi. Umumnya dikombinasikan dengan akrilik dengan maksud menggantikan elemen mahkota gigi.

Keunggulannya yaitu gigi palsu jenis ini mempunyai stabilitas yang lebih baik saat digunakan untuk makan dan berbicara. Gigi palsu ini tidak menggunakan kawat penyangga sehingga pengguna bisa tampil lebih baik.

Harga dari gigi palsu lepasan kerangka logam berkisar dari Rp 2.2 juta hingga Rp 2.5 juta per plat.

Gigi Palsu Lepasan Valplast

Valplast menawarkan opsi lain dengan tampilan dan warna yang serupa dengan akrilik. Dengan keunggulan utamanya yaitu tidak adanya kawat sehingga meningkatkan keindahan saat senyum atau berbicara. 

Pengguna gigi palsu jenis ini juga akan lebih nyaman karena bahannya yang lebih tipis daripada akrilik yakni thermoplastik yang lentur dan tipis.

Kelemahan dari gigi palsu valplast adalah mudah longgar dan sulit diperbaiki. Untuk mendapatkan gigi palsu lepasan valplast, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 2.3 juta hingga Rp 2.5 juta per 1 plat.

Dampak Buruk Gigi Palsu Lepasan

Gigi baru lepasan, meskipun bermanfaat untuk menggantikan gigi yang hilang, dapat memiliki beberapa dampak buruk, terutama bagi pengguna baru. Berikut beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi:

  • Penumpukan plak dan bakteri: Gigi baru lepasan harus dibersihkan dengan benar setiap hari untuk mencegah penumpukan plak dan bakteri. Jika tidak dibersihkan dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan gigi, infeksi gusi, dan bau mulut.
  • Resesi gusi: Gigi baru lepasan yang tidak pas dapat menekan gusi, menyebabkan recesi gusi. Hal ini dapat membuat gigi terlihat lebih panjang dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.
  • Infeksi jamur: Mulut yang lembab dan hangat di bawah gigi baru lepasan dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Infeksi jamur dapat menyebabkan sariawan putih pada mulut.

Memilih dokter gigi yang tepat juga merupakan tips lain untuk mendapatkan gigi palsu lepasan yang bagus. Namun, jika kamu ingin menggunakan alternatif lain dari gigi palsu lepasan misalnya gigi palsu permanen, kamu dapat menggunakan jasa dari Axel Dental untuk pemasangan gigi palsu.

Dapatkan harga yang terjangkau dan pelayanan profesional untuk perawatan gigimu hanya di Axel Dental!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *