fbpx
Article

Penyebab Karang Gigi Hitam dan Cara Mencegahnya

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Penyebab Karang Gigi Hitam dan Cara Mencegahnya
Penyebab Karang Gigi Hitam dan Cara Mencegahnya

Sebagian orang mungkin hanya mengenal karang gigi yang berwarna kekuningan. Ternyata, ada juga, lho, karang gigi hitam! Bukan saja hanya mengurangi keindahan senyum Anda. Karang gigi kehitaman ini juga bisa mengakibatkan masalah gigi anak dan dewasa yang lebih serius, lho. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenal kondisi ini dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, kita bahas bersama! 

Penyebab Karang Gigi Hitam

Karang gigi terbentuk karena adanya penumpukan plak yang mengeras. Plak ini terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan tidak dibersihkan dengan baik. 

Biasanya, karang gigi berwarna kekuningan. Lantas, mengapa karang gigi bisa berubah warna menjadi hitam? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya:

Merokok

Bukan rahasia lagi jika merokok dapat mengakibatkan gigi berubah warna menjadi kehitaman. Hal ini dikarenakan oleh kandungan tar yang dapat ditemukan pada rokok.

Konsumsi Rutin Minuman Kopi dan Teh

Teh dan Kopi

Kopi dan teh mengandung senyawa tannin. Sebagaimana dilansir dari beberapa sumber, senyawa tannin ini dapat menyebabkan tidak hanya perubahan warna pada gigi Anda saja, bahkan termasuk pada karang gigi. 

Kerusakan Enamel Gigi

Enamel Gigi Rusak

Selain disebabkan karena kopi dan teh, kerusakan enamel gigi biasanya terjadi karena Anda jarang membersihkan gigi, baik dengan cara menggosok gigi maupun berkumur dengan cairan kumur antiseptik seperti Listerine.

Jika Anda jarang membersihkan gigi, maka kuman dapat mengubah sisa-sisa makanan yang terdapat di gigi Anda menjadi suatu bentuk asam (lactic acid). Senyawa asam inilah yang dapat menyebabkan meluruhnya enamel dan membuat noda jadi lebih mudah ‘nempel’ di gigi Anda. Dampak jarang membersihkan gigi ini juga menyebabkan karang gigi Anda berubah warna. 

Karang Gigi Berkembang dari Bawah Garis Gusi (Kalkulus Subgingiva)

Kalkulus Subgingiva

Warna hitam yang terlihat di karang gigi subgingiva ini biasanya terjadi karena tercampur dengan darah. Darah yang keluar ini biasanya terjadi karena adanya inflamasi/radang pada area gusi tersebut.

Dampak Karang Gigi Hitam 

Nah, setelah Anda mengenal apa saja penyebab karang gigi hitam, mungkin Anda penasaran tentang kondisi kesehatan apa yang dapat muncul karena karang gigi kehitaman ini.

Ada beberapa dampak karang gigi kehitaman yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk segera periksa ke dokter gigi, di antaranya:

  • Gusi merah, gigi bengkak, dan gusi berdarah. Kondisi ini sebenarnya juga bisa terjadi pada karang gigi yang belum menghitam. Jika kondisi ini terjadi, maka besar kemungkinan gusi Anda juga mengalami peradangan (gingivitis gigi). Pada kondisi yang lebih parah, Anda juga bisa mengalami periodontitis yang harus segera ditangani dokter gigi.
  • Bau mulut (halitosis). Kondisi ini biasanya disebabkan karena kondisi rongga mulut yang kurang terjaga kehigienisannya. Selain karang gigi, penyakit mulut lain juga dapat mengakibatkan halitosis.
  • Gigi goyang atau bahkan tanggal. Gigi goyang ini sebenarnya adalah gejala periodontitis yang sudah parah. Jika Anda mengalami hal ini, pastikan Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi.
  • Gigi tampak kusam dan gelap. Hal ini terjadi karena adanya menempelnya noda pada enamel gigi yang sudah menurun kualitasnya.

Cara Mencegah Karang Gigi Hitam 

Bagaimana caranya agar tidak mengalami karang gigi hitam? Anda bisa terapkan hal-hal berikut untuk mencegah kondisi tersebut.

Rajin Menyikat Gigi 2x Sehari

Sebagaimana disebutkan, karang gigi timbul karena bekas sisa makanan tidak dibersihkan segera hingga akhirnya menumpuk dan mengeras. Nah, agar karang gigi tidak sampai terbentuk dan menjadi parah, pastikan Anda rajin menyikat gigi dua kali sehari. 

Anda juga bisa menggunakan cairan kumur antiseptik untuk mengurangi bakteri yang berkembang di rongga mulut, termasuk di dalamnya adalah lidah dan bagian lain yang tidak terjangkau sikat gigi.

Gunakan Alat Bantu Pencegahan 

Sikat Interdental

Alat seperti dental floss maupun sikat interdental dapat mengurangi penumpukan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Anda bisa gunakan alat ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak disarankan untuk menggunakan scaler dan membersihkan karang gigi Anda sendiri.

Kurangi Minuman Berwarna Gelap

Menghindari Minuman Berwarna Gelap

Minuman berwarna gelap yang dimaksud adalah kopi dan teh. Sebagaimana telah disebutkan, zat tannin yang terkandung dalam minuman tersebut dapat menyebabkan perubahan warna tak hanya pada gigi saja melainkan hingga ke karang gigi.

Baca juga: Perhatikan Kesehatan Mulutmu! Apakah Kopi Merusak Gigi?

Hindari Merokok 

Hindari Rokok

Salah satu kandungan rokok adalah tar. Nah, supaya Anda tak mengalami karang gigi hitam, tidak ada salahnya Anda mengurangi jumlah batang rokok yang Anda isap tiap harinya. Atau jika memungkinkan, akan lebih baik jika Anda berhenti merokok. Tak hanya dapat mengubah warna gigi dan karang gigi, kandungan tar pada rokok juga bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker). 

Rutin Memeriksakan Kesehatan Gigi 

Rutin memeriksakan kesehatan gigi juga menjadi cara yang ampuh untuk membersihkan karang gigi sebelum kondisinya semakin parah dan bahkan menghitam. Anda dianjurkan untuk memeriksakan gigi setidaknya 6 bulan sekali. Dengan begitu, karang gigi bisa dibersihkan lebih segera. Nah, kalau Anda tinggal di kawasan Jakarta, Bekasi, Depok dan sekitarnya, klinik gigi Axel Dental siap melayani scaling karang gigi bahkan jika karang gigi Anda adalah karang gigi hitam. Dengan peralatan yang canggih dan dokter gigi yang berpengalaman, Anda bisa mendapatkan pelayanan dengan rasa sakit yang minimal di klinik kami. Yuk, buat janji kunjung Anda di Axel Dental sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *