fbpx
Article

Super Unik! Nih Loh Macam-Macam Alat Pembersih Gigi

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Super Unik! Nih Loh Macam-Macam Alat Pembersih Gigi
Super Unik! Nih Loh Macam-Macam Alat Pembersih Gigi

Menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang penting. Agar proses pembersihan gigi dapat dilakukan dengan optimal, penting untuk memilih alat pembersih gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda. Macam-macam alat pembersih gigi bisa Anda temukan di swalayan maupun di apotek.

Namun sekali lagi, membersihkan gigi ternyata tidak bisa dilakukan hanya dengan satu jenis alat saja. Untuk membersihkan bagian yang tak terjangkau sikat gigi misalnya, Anda memerlukan alat khusus. Agar Anda tidak bingung memilih, simak macam-macam alat pembersih gigi berikut ini!

Sikat Gigi

Di antara macam-macam alat pembersih gigi yang ada, sikat gigi adalah paling umum dan mudah didapat. Saat membeli sikat gigi, Anda akan menemukan sikat gigi dengan bulu yang keras, sedang hingga lembut. Pastikan Anda hanya menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut karena bulu yang keras bahkan sedang terlalu abrasif dan bisa merusak gigi.

Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan sikat gigi elektrik. Mengapa? Kebanyakan orang cenderung menyikat dengan gerakan seperti menggergaji yang terlalu keras alih-alih menggunakan gerakan melingkar yang lembut. Penggunaan sikat gigi elektrik yang berputar secara manual dapat menghindari Anda melakukan penggosokan keras yang kasar sehingga gigi akan lebih mudah bersih dan tidak sakit.

Baca juga: Sudah Terbukti! 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Pasta Gigi

Gambar produk pasta gigi modern

Pilihlah pasta gigi dengan kandungan fluoride yang bisa membantu memperkuat email sekaligus mencegah kerusakan gigi. Beberapa produk pasta gigi ada juga yang memiliki bahan untuk melawan sensitivitas gigi seperti gingivitis gigi (penyakit gigi stadium awal), mengatasi bau mulut hingga menyingkirkan plak yang mengeras (karang gigi).

Hindari pasta gigi dengan kandungan bahan aditif seperti zat pemutih karena bisa merusak email gigi. Jika Anda ragu dengan pilihan merek pasta gigi Anda, berkonsultasilah dengan dokter untuk kebutuhan kesehatan gigi dan mulut yang spesifik.

Mouthwash

Mouthwash atau obat kumur tersedia dengan berbagai merek dan kandungan bahan yang berbeda. Masing-masing juga memiliki kemampuan mengatasi masalah gigi yang berbeda. Ada produk mouthwash yang dapat membantu mengurangi plak dan radang gusi. Sebagian yang lain mengandung fluoride untuk membantu melawan gigi berlubang serta mengontrol dan menutupi bau mulut.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan menyikat gigi dan flossing gigi, mouthwash bisa memberikan perlindungan tambahan dari gigi berlubang dan penyakit gusi. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda tentang obat kumur apa yang terbaik untuk Anda.

Sikat Lidah

Sikat lidah atau pengikis lidah (tongue scraper) adalah salah satu dari macam-macam alat pembersih gigi yang penting. Alat ini bisa membantu mengurangi bau mulut dengan mengurangi jumlah bakteri penyebabnya. Menyikat gigi pada dasarnya cukup ampuh membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Tapi penelitian menunjukkan bahwa dengan menyikat lidah, bau mulut bisa berkurang sampai 70%.

Baca juga: Cek Sekarang! Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tak Sedap Disini!

Benang Gigi

Benang gigi atau dental floss adalah item yang wajib dimiliki jika Anda menginginkan gigi yang sehat. Untuk mendapatkan gigi yang sehat, pakar kesehatan gigi menyarankan untuk melakukan flossing dengan menggunakan benang gigi sebanyak setidaknya 1 sampai 2 kali sehari.

Flossing bisa membantu menghilangkan partikel makanan yang terperangkap di antara gigi yang terlewat saat Anda menyikat gigi. Ini juga akan membantu mengurangi plak serta kemungkinan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Ada benang gigi yang disertai lilin (wax) dan ada juga yang tidak. Jika jarak antar gigi yang dimiliki gigi Anda rapat, benang gigi yang disertai wax akan membuat proses flossing jadi lebih mudah. Benang gigi juga ada yang dijual dengan berbagai rasa sehingga akan lebih menyenangkan saat digunakan.

Sikat Interdental

Sikat Interdental

Bagi beberapa orang, penggunaan benang gigi mungkin dirasa kurang efektif. Misalnya saja jika Anda memiliki kawat gigi pada bagian tertentu dari gigi Anda. Sebagai pengganti, Anda bisa menggunakan sikat interdental. Sikat gigi yang berukuran kecil ini bila dipadukan dengan menyikat gigi secara rutin ternyata secara efektif dapat membantu menghilangkan plak.

Anda bisa mencoba menggunakan flossing terlebih dahulu. Namun jika penggunaan sikat interdental dirasa lebih memudahkan, Anda tentu dapat memilihnya sebagai pengganti benang gigi.

Tusuk Gigi

Ilustrasi bahaya tusuk gigi

Selain membantu menyingkirkan karang gigi dan membersihkan celah-celah gigi, tusuk gigi atau dental picks ini dapat membantu Anda membersihkan bagian rongga-rongga gigi, terutama jika ada bagian yang berlubang dan kerap menjadi tempat terjebaknya sisa makanan.

Meski cukup efektif untuk menggantikan flossing, namun membersihkan celah gigi dengan dental picks mungkin akan menyulitkan Anda menjangkau sudut tertentu. Kalau Anda tidak punya benang gigi di rumah, penggunaan dental picks untuk membersihkan celah gigi tentu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali, namun Anda perlu menghindari bahaya tusuk giginya.

Baca juga: Stop Sekarang Juga!, Baca 4 Alasan Bahaya Tusuk Gigi Ini!

Itulah macam-macam alat pembersih gigi yang perlu Anda ketahui. Jadi, alat nomor berapa saja yang sudah Anda punya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *