fbpx
Article

Segudang Khasiat, Simak Manfaat Kumur Air Garam Setiap Hari!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Segudang Khasiat, Simak Manfaat Kumur Air Garam Setiap Hari!
Segudang Khasiat, Simak Manfaat Kumur Air Garam Setiap Hari!

Selain berguna sebagai bumbu masakan, garam dapur juga memiliki sejuta manfaat lainnya. Beberapa manfaat kumur air garam setiap hari adalah untuk menyembuhkan berbagai permasalahan kesehatan di sekitar area mulut, seperti sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, dan sebagainya.

Bagi Anda yang kerap mengalami permasalahan mulut seperti di atas,  tidak ada salahnya untuk mencoba metode penyembuhan dengan memanfaatkan air garam. Tenang, metode ini dijamin aman. Untuk informasi lebih lengkap, simak 7 manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin berkumur menggunakan air garam berikut ini.

Meredakan Sakit Gigi

sakit gigi ngilu

Kalau Anda sering mengalami sakit gigi, pasti paham sekali seperti apa rasanya. Bukan hanya ngilu di sekitar area gigi saja yang akan dirasakan, melainkan juga rasa tidak nyaman di seluruh tubuh. Sakit gigi memang sangat menyiksa.

Namun di sisi lain, sakit gigi terkadang bisa sembuh sendiri tanpa harus datang berkunjung ke klinik gigi. Maka dari itu, Anda perlu tahu pengobatan alternatif yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama.

Salah satu manfaat kumur air garam setiap hari adalah meredakan rasa sakit pada gigi. Hal ini karena garam mengandung zat antiradang dan antibakteri yang mampu mengatasi peradangan dan melawan berbagai bakteri penyebab infeksi.

Mempertahankan Tingkat pH Saliva

pH (derajat keasaman) saliva adalah nilai untuk mengukur tingkat keasaman/kebasaan cairan kompleks yang terdapat pada rongga mulut (air liur). Nilai pH saliva normal adalah 6,8 sampai 7,2. Jika kurang dari itu, pH saliva bisa dikatakan rendah dan dapat menimbulkan berbagai penyakit akibat tumbuhnya bakteri asedogenik.

Nah, tingkat pH pada nilai yang normal bisa diperoleh dengan cara berkumur dengan air garam secara rutin setiap hari. Air garam memiliki kandungan asam dan basa yang lemah, sehingga bisa menjadi larutan penyangga (buffer). Larutan ini dapat menjaga keseimbangan pH dengan cara menetralkan asam pada tenggorokan.

Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut

Bau mulut umumnya disebabkan oleh suatu bakteri, dan larutan garam adalah salah satu ‘senjata’ ampuh yang bisa membunuh bakteri tersebut. Ya, inilah manfaat kumur air garam setiap hari, bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Namun, jika bau mulut yang terjadi bukan hanya karena bakteri, tetapi akibat komplikasi dari berbagai jenis penyakit mulut, larutan garam hanya akan bersifat pereda. Ia bisa membantu mengurangi aroma tidak enak dari mulut, tetapi tidak bisa menghilangkannya.

Baca juga: Cek Sekarang! Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tak Sedap Disini!

Melegakan Hidung Tersumbat

hidung tersumbat

Manfaat kumur air garam setiap hari berikutnya adalah melegakan kondisi hidung yang tersumbat akibat flu. Hal ini karena garam memiliki berbagai kandungan zat yang dapat membunuh bakteri penyebab hidung tersumbat. Selain itu, larutan garam juga bisa membersihkan lendir di dalam hidung dengan efektif.

Untuk permasalahan hidung tersumbat akibat gejala penyakit lainnya, seperti infeksi sinus, alergi, atau bronkitis, larutan garam mampu membantu mengurangi efeknya. Namun, untuk menyembuhkannya secara tuntas, Anda perlu konsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Mengatasi Radang Tenggorokan

radang tenggorokan

Kalau Anda belum tahu, ternyata manfaat kumur air garam setiap hari juga bisa membantu mengatasi radang pada tenggorokan. Hal ini terjadi karena air asin garam bisa menyerap air yang terdapat pada selaput mukosa.

Selaput mukosa adalah salah satu selaput yang melapisi tenggorokan. Sehingga, ketika Anda berkumur dengan larutan garam, kondisi selaput ini akan menjadi kering dan menyebabkan bakteri penyebab radang tenggorokan mati. Pada akhirnya, tenggorokan pun akan terasa nyaman kembali.

Meredakan Gusi Berdarah

illustrasi gusi orang berdarah

Gusi berdarah adalah salah satu permasalahan pada area mulut yang tidak bisa diabaikan, karena itu bisa menjadi tanda penyakit yang jauh lebih serius. Oleh sebab itu, jika gusi sering berdarah, atau bahkan sampai bengkak dan mengalami peradangan, Anda harus segera mencari solusi untuk mengatasnya.

Berkumur dengan air garam bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi hal ini. Kandungan zat pada garam yang mampu menyerap air sangat ampuh untuk membunuh bakteri jahat penyebab gusi berdarah. Demikian manfaat kumur air garam setiap hari untuk mengatasi penyebab gusi berdarah.

Obat Sariawan

obat sariawan

Terakhir, manfaat kumur air garam setiap hari adalah untuk mengobati sariawan. Ya, penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti luka, kurang vitamin, kurang nutrisi, konsumsi makanan pedas, dan sebagainya ini memang bisa disembuhkan dengan larutan garam.

Caranya mudah, larutkan garam pada air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama satu sampai dua menit. Setelah itu, bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih. Dalam waktu beberapa hari, jika sariawan yang dialami bukan tanda gejala penyakit lain, kemungkinan akan segera sembuh.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat kumur air garam setiap hari. Di satu sisi, memang baik. Namun, jika tidak dilakukan secara tepat (berkumur dalam waktu yang relatif lama), air garam bisa menyebabkan kerapuhan gigi dan merusak enamel yang membuat gigi menjadi berlubang. Jadi, tetap hati-hati ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *