fbpx
Article

Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi
Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

Banyak orang sudah merasakan manfaat listerine untuk gigi. Produk ini sudah mafhum dikenal efektif dalam membantu mengatasi sejumlah permasalahan kesehatan gigi dan mulut.

Anda akan membaca enam manfaat listerine untuk gigi dalam artikel ini dilengkapi dengan panduan memilih varian yang tepat sesuai dengan perawatan kesehatan mulut yang dibutuhkan. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia pembahasannya. Simak sampai habis, ya!

Baca juga: Cari Tahu Apakah Mouthwash Penting untuk Kesehatan Mulutmu!

Manfaat Listerine untuk Gigi

Beberapa contoh varian produk obat kumur listerine

Listerine jenis Total Care menawarkan enam keuntungan unik yang bisa diberikan pada konsumennya. Keenam manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

Melawan Gigi Berlubang

Listerine melengkapi ritual pembersihan rongga mulut Anda karena menyikat gigi hanya menyentuh organ pengunyah dan lidah saja.

Dengan kandungan obat kumur, Anda bisa membersihkan celah antargigi dan bahkan ruang tersempit yang tak bisa dijangkau oleh kebanyakan sikat gigi. Kuman-kuman serta bakteri penyebab gigi berlubang pun dapat dimusnahkan.

Baca juga: Ngilu Terus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Mengembalikan Mineral yang Terkikis

Terkikisnya mineral kalsium dan fosfat pada lapisan email adalah sumber masalah bagi gigi sensitif. Untuk mencegah problem tersebut, diperlukan proses remineralisasi atau pembentukan mineral kembali.

Secara alami, proses ini dapat terjadi dengan sendirinya di dalam mulut dengan bantuan saliva atau air liur yang mengandung kalsium dan fosfat. Nah, Listerine dapat membantu proses remineralisasi tersebut dengan cara melindungi permukaan gigi melalui fluorida yang terdapat dalam kandungannya.

Memperkuat Gigi dengan Kandungan Fluorida

Telah disebutkan di atas bahwa fluorida dalam Listerine bekerja efektif pada permukaan gigi. Zat ini membersihkan dan memperkuat lapisan terluar organ pengunyah sehingga lapisan-lapisan di bawahnya terlindungi.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Cara Membuat Gigi Kuat untuk Anda

‘Membunuh’ Napas Bau

Napas bau yang disebabkan oleh tidak optimalnya perawatan gigi dan mulut dipercaya berasal dari karang gigi yang menumpuk dan pertumbuhan bakteri pada lidah.

Listerine adalah obat kumur antiseptik yang mengandung timol. Zat aktif ini bekerja sebagai antifungi, antibakteri, dan antiseptik sekaligus yang dapat menghambat tumbuhnya mikroorganisme sehingga napas yang bau pun dapat ditangani.

Baca juga: Para Ahli Ungkap 9 Penyebab Bau Mulut dan Napas Tak Sedap!

Membersihkan Mulut secara Menyeluruh

Kandungan zat-zat aktif dalam Listerine mampu membantu mengatasi penumpukan plak dan penyakit gingivitis atau peradangan pada gusi. Selain timol, zat-zat aktif lain yang terdapat dalam obat kumur ini adalah eukaliptol, mentol, dan metil salisilat.

Membuat Napas Segar

Listerine dilengkapi dengan aroma yang dapat membuat napas Anda segar lebih lama hingga 12 jam ke depan. 

Jenis-Jenis Produk Listerine

Beberapa contoh varian produk obat kumur listerine

Enam poin di atas merupakan perawatan menyeluruh yang dapat diberikan Listerine Total Care pada penggunanya. Adapun jenis obat kumur ini bukan hanya Total Care saja. Terdapat pula jenis Listerine lain yang lebih spesifik mengatasi permasalahan tertentu dari organ-organ mulut. Berikut ulasannya!

Listerine Cool Mint

Listerine Cool Mint ditujukan untuk membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut, plak, dan penyakit gingivitis. Produk ini menimbulkan sensasi kesemutan yang lebih tajam dibandingkan jenis Listerine lainnya. Terdapat dua varian, yaitu:

  • Listerine Cool Mint Antiseptic Mouthwash dengan kandungan alkohol 21,6%
  • Listerine Cool Mint Zero Alcohol Mouthwash dengan rasa daun mint yang kurang kuat dan tidak mengandung alkohol

Listerine Healthy White

Listerine Healthy White menawarkan obat kumur yang lebih dari sekadar pencegah gigi berlubang. Produk jenis ini juga dapat membantu memutihkan kembali gigi yang ter diskolorasi. Dua varian yang tersedia, yakni:

  • Listerine Healthy White Restoring Whitening Mouthwash yang dapat memutihkan gigi kekuningan
  • Listerine Healthy White Vibrant Fluoride Whitening Mouthwash yang dapat menghilangkan noda pada gigi dalam 5 hari saja

Listerine Naturals

Listerine Naturals bekerja sama baiknya dengan Listerine Cool Mint; hanya saja jenis ini mengandung 99% bahan alami tanpa pemanis dan pewarna buatan. Terdapat dua varian, yaitu:

  • Listerine Naturals Enamel Repair Mouthwash in Herbal Mint Flavor yang membantu perbaikan lapisan email
  • Listerine Naturals Fluoride-Free Antiseptic Mouthwash for Healthier Gums with Herbal Mint Flavor yang dapat membuat gusi lebih sehat

Listerine Smart Rinse Kids

Listerine jenis ini bebas alkohol karena ditujukan untuk anak-anak usia enam tahun ke atas dengan aroma yang menyenangkan. Empat aroma pilihan yang tersedia adalah Berry Splash, Bubble Blast, Mint Shield, dan Pink Lemonade.

Baca juga: Ini Dia 7 Masalah Gigi Anak yang Perlu Diwaspadai

Listerine Ultraclean

Sesuai namanya, Listerine Ultraclean menawarkan kebersihan rongga mulut yang luar biasa karena dapat membunuh 99,9% kuman penyebab bau mulut dan karang. Terdapat empat varian, yakni:

  • Listerine Ultraclean Arctic Mint Antiseptic Mouthwash dengan kandungan seng klorida yang bekerja sebagai anti karang
  • Listerine Ultraclean Arctic Mint Zero Alcohol Tartar Control Mouthwash dengan kandungan zat pengontrol karang gigi, bebas alkohol, dan rasa min yang kurang kuat
  • Listerine Ultraclean Cool Mint yang bekerja sama baiknya dengan Arctic Mint Antiseptic Mouthwash tetapi tanpa aroma tambahan
  • Listerine Ultraclean Fresh Citrus Antiseptic Mouthwash dengan aroma jeruk segar

Listerine Zero Alcohol

Listerine jenis ini menyegarkan napas Anda dengan kandungan bebas alkoholnya. Empat pilihan aroma yang tersedia adalah Grapefruit Rose Flavor, Green Tea & Mint Flavor, Aloe Cucumber Flavor, dan Coconut & Lime Blend.

Listerine Original

Listerine jenis ini yang mula-mula hadir. Terkenal dengan sensasi kesemutan yang begitu kuat, tetapi Listerine Original terasa manis karena terdapat karamel dalam kandungannya.

Selain varian-varian yang telah disebutkan di atas, ada pula Listerine Freshburst Antiseptic Mouthwash yang dapat mengatasi bau mulut dan Listerine Gum Therapy Antiseptic Mouthwash for Gingivitis, Glacier Mint Flavor yang membantu menerapi gusi dari penyakit.

Kesimpulan

Manfaat Listerine untuk gigi dan kesehatan rongga mulut sudah dijabarkan di atas. Namun, seluruh poin tersebut hanya akan terasa sebatas klaim dan tak terbukti kebenarannya jika Anda tak mencobanya sendiri.

Baca juga: Biar Makin PD, Ini Dia Langkah Penggunaan Mouthwash yang Benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *