fbpx
Article

Kaya Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Vitamin D untuk Gigi

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Kaya Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Vitamin D untuk Gigi
Kaya Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Vitamin D untuk Gigi

Gigi yang sehat memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu jenis nutrisi yang perlu Anda perhatikan adalah kebutuhan vitamin D untuk gigi. Pemenuhan kebutuhan vitamin D, dapat membantu gigi jadi lebih kuat dan gigi tak mudah keropos

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, Anda perlu memperhatikan asupan vitamin D. Namun, seberapa banyak kebutuhan vitamin D harian? Jawabannya bisa bervariasi, disesuaikan dengan umur masing-masing. 

Secara umum, kebutuhan vitamin D berdasarkan kelompok umur adalah sebagai berikut: 

  • Usia 0-12 bulan, perlu asupan sekitar 400 IU per hari
  • Usia 1-70 tahun, memerlukan vitamin D sebanyak 600 IU per hari
  • Usia lebih dari 70 tahun, butuh vitamin D sebesar 800 IU setiap hari

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ilustrasi botol suplemen vitamin d

Vitamin D mempunyai manfaat penting dalam menjaga kesehatan gigi. Manfaat tersebut meliputi: 

Mencegah Kerusakan Gigi

Asupan vitamin D dapat membantu Anda dalam mempertahankan gigi jadi lebih kuat dan tak mudah mengalami kerusakan. Hal ini mempunyai kaitan sangat erat dalam peran vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium dan fosfor. 

Proses penyerapan kalsium dan fosfor berguna dalam memperkuat gigi dan tulang. Kalau tubuh kekurangan vitamin D, Anda akan berhadapan pada beberapa risiko, termasuk di antaranya adalah pengeroposan gigi, gigi yang rentan patah, hingga cavities. 

Menurunkan Risiko Periodontitis

Dalam publikasi Journal of Periodontal Research, vitamin D mempunyai kaitan sangat erat dengan risiko penyakit periodontitis. Ketika tubuh kekurangan vitamin D, risiko penyakit ini akan mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena vitamin D berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. 

Periodontitis sendiri merupakan penyakit gigi yang tak bisa diobati. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari adanya komplikasi gingivitis atau peradangan gusi. Dalam jangka panjang, penderita periodontitis akan mengalami kerusakan jaringan gusi yang kemudian berimbas pada resiko gigi mudah tanggal. 

Mencegah Pendarahan pada Gusi

Terakhir, manfaat vitamin D untuk gigi yang tak kalah penting adalah mencegah resiko pendarahan gusi. Radang pada gusi bisa terjadi akibat infeksi oleh bakteri. Risiko pendarahan tersebut dapat meningkat ketika tubuh kekurangan vitamin D yang berimbas pada penurunan sistem imun tubuh. 

Sumber Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah memahami pentingnya vitamin D untuk kesehatan gigi dan mulut, Anda perlu tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhannya. Terdapat beberapa sumber vitamin D yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah: 

Sinar Matahari

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan sinar matahari. Sinar matahari memang bukan menjadi sumber vitamin D. Namun, sinar ultraviolet matahari memiliki peran dalam memicu terjadinya sintesis vitamin D dalam tubuh. 

Untuk memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari sinar matahari, Anda dapat membiasakan diri berjemur sekitar 10 menit setiap hari. Usahakan untuk mencari tempat yang mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. 

Makanan Laut

Selanjutnya, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan laut untuk meningkatkan asupan vitamin D untuk gigi. Beberapa makanan laut yang memiliki kandungan vitamin D tinggi adalah ikan salmon, ikan sarden, tuna, teri, udang, serta makarel. 

Jamur

Ada pula pilihan untuk mendapatkan asupan vitamin D lewat konsumsi jamur. Jenis jamur yang mempunyai komposisi vitamin D tinggi adalah jamur portobello. Jamur portobello dengan berat mencapai 100 gram sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 400 IU. 

Kuning Telur

Sumber vitamin D berikutnya bisa Anda dapatkan dari konsumsi kuning telur. Kuning telur mempunyai kandungan vitamin D sebesar 40 IU. Dengan membiasakan diri makan telur, Anda tak hanya bisa memperoleh asupan vitamin D, tetapi juga protein dalam jumlah mencukupi. 

Hanya saja, pemenuhan vitamin D untuk gigi dari konsumsi telur juga perlu Anda batasi. Jangan terlalu berlebihan. Alasan utamanya adalah karena telur memiliki kandungan kolesterol yang berisiko menimbulkan permasalahan jantung.

Susu Kedelai dan Oatmeal

Terakhir, Anda bisa memperoleh kebutuhan vitamin D melalui produk olahan yang telah memperoleh penambahan vitamin D. Beberapa contoh produk olahan yang memenuhi kriteria ini di antaranya adalah susu kedelai dan oatmeal. 

Sebelum mengonsumsi produk olahan tersebut, pertimbangkan untuk memeriksa komposisinya terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kalau produk olahan tersebut memang benar-benar memiliki kandungan vitamin D yang Anda butuhkan. 

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai vitamin D untuk gigi. Sebagai tambahan, Anda juga perlu tahu kalau selain vitamin D, gigi juga memerlukan nutrisi penting lain, termasuk di antaranya adalah vitamin C

Oleh karena itu, selain memenuhi kebutuhan vitamin D, penuhi pula kebutuhan nutrisi penting lainnya lewat  konsumsi buah serta sayuran yang sehat untuk gigi. Anda pun bisa memperoleh informasi tersebut secara lengkap di Axel Dental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *