fbpx
Article

Oh Ini, Manfaat Minyak Zaitun untuk Gigi & Cara Pakai Mudah Kok!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Oh Ini, Manfaat Minyak Zaitun untuk Gigi & Cara Pakai Mudah Kok!
Oh Ini, Manfaat Minyak Zaitun untuk Gigi & Cara Pakai Mudah Kok!

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa membantu mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi. Tidak hanya itu, beberapa studi juga menyimpulkan bahwa pemakaian minyak zaitun sangat efektif dalam mencegah terbentuknya karies gigi. Oleh karenanya, mari kulik lebih dalam tentang manfaat minyak zaitun untuk gigi dan cara melakukan oil pulling yang benar di ulasan berikut ini. 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Gigi 

buah dan minyak zaitun

Adapun beberapa khasiat dari minyak zaitun yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut adalah sebagai berikut. 

Hambat! Tumbuhnya Bakteri di Mulut! 

Salah satu manfaat dari minyak zaitun untuk gigi adalah mengurangi pembentukan plak di gigi. Hal ini karena minyak zaitun mengandung oleuropein, yang terbukti ampuh dalam memberikan perlindungan anti-bakteri pada gigi. Oleh sebab itu, jenis minyak ini sangat efektif dalam menekan pertumbuhan bakteri plak gigi yang bisa memicu terbentuknya plak dan karang gigi

Pada dasarnya, ada sekitar 700 jenis bakteri yang bisa hidup di mulut, yang mana 350 di antaranya dapat ditemukan di mulut pada waktu tertentu saja. Jenis bakteri jahat tersebut dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, bau mulut tidak sedap, dan penyakit gusi. Tentunya, mengurangi jumlah bakteri di mulut dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah kerusakan gigi. 

Bisa Cegah dan Obati Radang Gusi 

Selain itu, penggunaan minyak zaitun untuk merawat kesehatan gigi dapat membantu mencegah dan meredakan radang gusi. Minyak zaitun terbukti bisa membantu membersihkan dan memasok vitamin esensial ke gusi. Pun, penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa mempercepat penyembuhan luka dan radang di gusi tanpa adanya efek samping. Penelitian lainnya juga menemukan jenis minyak ini efektif melawan gusi bengkak dan gusi berdarah

Menangkal Terjadinya Gigi Berlubang 

Minyak zaitun juga bisa mengatasi pertumbuhan bakteri gigi, kondisi gigi berlubang, serta penyebab gigi berlubang sakit dan ngilu. Hal ini karena minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab pembusukan gigi. Di sisi lain, pemakaian minyak zaitun untuk mencegah terjadinya gigi berlubang juga tidak menyebabkan area mulut menjadi kering. 

Sebaliknya, pemakaian minyak zaitun dapat meningkatkan kelembapan di mulut. Karena sebagaimana diketahui, area mulut yang kering dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan memicu radang gusi. 

Memangkas Bau Mulut yang Tidak Sedap 

Masalah bau mulut menyengat atau tidak sedap juga dapat diatasi dengan minyak zaitun. Penyebab dari masalah bau mulut sendiri adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Dalam istilah medis, masalah bau mulut disebut halitosis. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab bau mulut, termasuk infeksi, penyakit gusi, kebersihan mulut yang buruk, dan pelapisan atau penumpukan bakteri di permukaan lidah.

Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan minyak zaitun yang terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Hal ini karena sifat antibakteri yang terkandung dalam minyak zaitun bisa membantu membersihkan area mulut dan gigi. Dengan memastikan mulut bebas bakteri jahat, bau napas juga akan menjadi lebih segar. 

Memutihkan Gigi, Biar Makin Kinclong 

Anda bisa melakukan bleaching gigi secara alami dengan memanfaatkan minyak zaitun. Itu karena jenis minyak ini dikenal memiliki khasiat untuk mengurangi noda pada gigi. Penggunaan minyak zaitun untuk merawat gigi juga akan sangat berguna bagi orang-orang yang mengalami perubahan warna pada gigi akibat kebiasaan merokok dan minum kafein secara berlebihan.

Alasan lain kenapa minyak zaitun sangat efektif dalam memutihkan gigi adalah karena itu memiliki tingkat viskositas (kekentalan) yang tinggi. Itulah yang membuat minyak zaitun dapat menjadi pemutih gigi yang lebih baik daripada obat kumur biasa karena mampu mengikat plak dan kotoran pada gigi, serta menghilangkannya secara lembut untuk menjaga kebersihan gigi Anda.

Cara Melakukan Oil Pulling yang Benar 

satu botol minyak zaitun

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk gigi, berikut ini langkah-langkah melakukan oil pulling yang benar. Oil pulling merupakan salah satu jenis pengobatan Ayurveda dari India, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan minyak dari tumbuh-tumbuhan untuk merawat kebersihan gigi dan mulut. 

  1. Siapkan satu sendok makan minyak zaitun atau dengan takaran 15 ml.
  2. Gunakan untuk berkumur selama 15-20 menit. Jangan sampai tertelan, ya!
  3. Setelah itu, buang minyak yang dipakai kumur dan bilas mulut dengan baik.

Ulangi langkah di atas beberapa kali dalam seminggu atau setidaknya lakukan tiga kali dalam sehari. Anda juga bisa menambah waktu berkumur yang awalnya hanya 15-20 menit, kemudian ditingkatkan menjadi 20-25 menit. Untuk hasil terbaik, sangat disarankan untuk melakukan oil pulling di pagi hari ketika perut masih kosong. 

Itulah beberapa khasiat minyak zaitun untuk gigi dan langkah-langkah melakukan oil pulling yang benar. Untuk memastikan gigi tetap kuat dan sehat, yuk baca lebih banyak ulasan tentang perawatan gigi dan cara tepat mencegah kerusakan gigi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *