fbpx
Article

Nih 10 Daftar Sayuran Sehat untuk Gigi Biar Gak Gampang Sakit!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Nih 10 Daftar Sayuran Sehat untuk Gigi Biar Gak Gampang Sakit!
Nih 10 Daftar Sayuran Sehat untuk Gigi Biar Gak Gampang Sakit!

Asupan sayur tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, Anda bisa pula memanfaatkannya untuk memperoleh gigi yang kuat dan senyum indah. Manfaat tersebut secara khusus bisa Anda dapatkan kalau cermat dalam memilih sayuran sehat untuk gigi. 

Lalu, sayuran seperti apa yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan gigi? Biar Anda tak bingung lagi, berikut ini daftar 10 sayuran sehat untuk gigi yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Baca juga: 7 Jenis Buah yang Sehat untuk Gigi Kuat, Bersih & Tanpa Noda

Bayam

bayam untuk gigi

Mulai sekarang, Anda perlu membiasakan diri untuk banyak makan sayuran. Bayam termasuk salah satu superfood dan sayuran sehat untuk gigi. Bayam mempunyai banyak gizi yang baik untuk tubuh dan gigi. 

Kebiasaan mengkonsumsi bayam dapat membantu Anda dalam memperoleh gigi yang kuat dan gigi tak mudah keropos. Bayam memiliki kandungan kalsium yang dapat memperkuat enamel gigi dan tulang. Selain itu, ada pula kandungan magnesium yang membantu proses penyerapan kalsium jadi lebih efektif. 

Selada

selada untuk gigi

Seperti halnya bayam, sayur hijau selada memiliki manfaat bagus untuk gigi. Konsumsi selada membantu dalam memperkuat enamel gigi. Jadi, gigi mempunyai ketahanan lebih tinggi terhadap bakteri. 

Baca juga: Terungkap, Bakteri Penyebab Plak Gigi Yang Wajib Diwaspadai

Kubis

kubis untuk gigi

Alasan utama kubis termasuk sebagai sayuran sehat untuk gigi adalah karena teksturnya yang mendorong aktivitas mengunyah. Gerakan mengunyah memiliki peran aktif dalam meningkatkan produksi air liur. Selanjutnya, air liur bermanfaat dalam menetralkan keasaman permukaan enamel gigi.

Brokoli

brokoli untuk gigi

Anda bisa pula memperoleh gigi putih alami dan senyum manis lewat kebiasaan makan brokoli. Brokoli dapat berfungsi dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Anda pun dapat memperoleh manfaat ini dengan mengunyah brokoli hijau yang mentah. 

Lebih lanjut, brokoli memiliki kandungan zat besi yang bagus untuk gigi. Zat besi dapat memperkuat serta melindungi gigi dari kerusakan enamel. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai permasalahan gigi anak dan dewasa, termasuk di antaranya adalah gigi berlubang, plak, serta karang gigi.

Asparagus

aspragus untuk gigi

Sayuran sehat untuk gigi selanjutnya, asparagus, menawarkan manfaat tak kalah besar. Asparagus memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, mulai dari kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin K. Lengkap, kan? 

Kalium dan zat besi memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan gigi. Vitamin C dapat menjaga kesehatan gusi. Vitamin A berguna untuk menjaga produksi air liur. Komplet, deh!

Seledri

seledri untuk gigi

Ada pula manfaat menyehatkan gigi yang bisa Anda dapatkan dari seledri. Seledri termasuk sayuran hijau yang tidak hanya memiliki kandungan serat tinggi. Namun, seledri juga menjadi sumber mineral serta vitamin A. Semua kandungan gizi tersebut membuat seledri sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi

Cara paling sederhana dalam memperoleh manfaat dari seledri sebagai sayuran sehat untuk gigi adalah dengan mengunyah bagian batangnya. Batang seledri dapat membantu Anda dalam menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Selain itu, aktivitas mengunyah batang seledri juga meningkatkan produksi air liur yang kemudian membantu membersihkan gigi dan mulut.

Daun Sirih

Manfaat daun sirih untuk gigi

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan daun sirih. Orang-orang tua zaman dahulu mempunyai kebiasaan ini. Alhasil, mereka mempunyai gigi yang kuat dan bahkan masih utuh meski telah berusia lanjut. 

Kemampuan daun sirih dalam menjaga kesehatan gigi berkaitan erat dengan karakteristik antibakteri yang dimilikinya. Daun sirih dapat membantu dalam membunuh bakteri jahat yang ada dalam rongga mulut dan lubang gigi. 

Wortel

wortel untuk gigi

Wortel bisa pula Anda manfaatkan untuk memperoleh gigi putih alami. Konsumsi wortel dapat membantu dalam membersihkan sisa makanan serta noda kuning pada gigi. Selain itu, wortel memiliki manfaat dalam meningkatkan produksi air liur. 

Ubi Jalar

ubi jalar untuk gigi

Selanjutnya, ada ubi jalar yang memiliki kandungan vitamin A dan C tinggi. Vitamin A sangat bagus dalam meningkatkan kekuatan gigi dan tulang. Sementara itu, vitamin C memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan gusi. Risiko peradangan gusi serta pendarahan gusi pun bisa Anda minimalkan.

Bawang Putih dan Bawang Merah

bawang putih untuk gigi

Terakhir, Anda dapat membiasakan diri untuk mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih. Bawang merah mempunyai sifat sebagai antimikroba dan antiseptik, berguna dalam membunuh bakteri pada gigi. Demikian pula bawang putih yang terkenal dengan karakteristik sebagai antiseptik. 

Itulah 10 daftar sayuran sehat untuk gigi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan gigi yang putih dan senyum manis. Semua sayuran itu bisa Anda peroleh dengan mudah dan harganya terjangkau. 

Selain memanfaatkan berbagai sayuran tersebut, Anda bisa pula memperoleh informasi menarik serupa di Axel Dental. Sebagai referensi, banyak bahan alami lain yang mempunyai khasiat tak kalah besar, termasuk di antaranya adalah cengkeh, minyak zaitun, serta kunyit. 

Ingin tahu manfaat dari semua bahan alami tersebut? Tetap jadi setia pengunjung Axel Dental, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *