Article

Bukan Tanpa Sebab! Ini Alasan Kenapa Biaya Klinik Gigi Mahal!

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Bukan Tanpa Sebab! Ini Alasan Kenapa Biaya Klinik Gigi Mahal!
Bukan Tanpa Sebab! Ini Alasan Kenapa Biaya Klinik Gigi Mahal!

Setiap orang memerlukan perawatan gigi dan sangat dianjurkan untuk melakukan hal tersebut secara rutin setidaknya satu kali dalam enam bulan. Akan tetapi, kebanyakan orang terkendala dengan masalah biaya karena mahalnya klinik gigi. Ternyata, hal-hal di bawah ini yang menjadi penyebab kenapa biaya klinik gigi mahal.

Tidak Hanya Konsultasi, Anda juga Membayar untuk Mendapatkan Penanganan

Klinik gigi dapat dikunjungi hanya untuk konsultasi tentang kesehatan gigi. Akan tetapi, jika Anda sudah mengeluarkan biaya untuk konsultasi tersebut, Anda akan langsung mendapatkan penanganan yang tepat jika ditemukan masalah pada gigi.

Setiap pasien yang berkonsultasi berhak mendapatkan pelayanan yang maksimal. Jadi, ketika pasien keluar dari klinik gigi, ia tidak lagi memiliki permasalahan gigi seperti saat sebelum berkunjung ke klinik gigi tersebut.

Dikerjakan Tenaga Spesialis yang Kompeten dan Berpengalaman

Untuk memperoleh keahlian dalam merawat gigi, dokter gigi dan perawat harus menjalani pendidikan dengan serius, yang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Ilmu kedokteran gigi harus dikuasai setiap tenaga spesialis dengan sempurna karena berurusan dengan nyawa manusia.

Tidak hanya menguasai teori yang diperoleh saat menuntut ilmu kedokteran gigi, seluruh tenaga spesialis harus memiliki pengalaman dalam perawatan dan penyelesaian masalah pada gigi. Oleh karena itu, jasa dokter gigi yang lebih berpengalaman mungkin cenderung lebih mahal, namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

Related: 6 Spesialisasi Dokter Gigi yang Paling Banyak Dicari!

Memberikan “Garansi” Keamanan yang Lebih Baik

Klinik dokter gigi axel dental

Setinggi apapun keahlian seorang dokter gigi yang memiliki banyak pengalaman, ia tetaplah seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan. Meskipun akan sangat jarang terjadi, kesalahan dari seorang dokter gigi pasti ada.

Untuk mengatasi kepastian buruk tersebut, garansi perawatan gigi sangat diperlukan. Berbeda dengan ahli gigi biasa, klinik gigi yang baik akan memberikan garansi kepada pasiennya.

Baca juga: Jangan Salah! Ahli Gigi dan Dokter Gigi Itu Berbeda Lho!

Garansi tidak bermaksud untuk menakut-nakuti pasien dengan kemungkinan kesalahan dari dokter gigi yang bisa terjadi. Sebaliknya, garansi bertujuan untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada pasien klinik gigi dalam bentuk perawatan ulang jika diperlukan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat

Kompleksitas Prosedur Perawatan Gigi yang Cukup Tinggi

Karena gigi manusia termasuk anggota tubuh yang kecil dan penting, ketelitian yang maksimal sangat diperlukan untuk merawatnya. Dokter gigi harus mengecek keseluruhan kondisi mulut saat hendak mengatasi sebuah masalah gigi. Hal itu tentu membutuhkan usaha dan waktu ekstra.

Beberapa contoh perawatan gigi yang memiliki prosedur yang sangat kompleks adalah pemasangan gigi palsu, servis veneer gigi, perawatan gigi berlubang, pemasangan behel, dan perawatan saluran akar gigi.

Alat-Alat Modern yang Digunakan untuk Perawatan Gigi Anda

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan profesional, klinik gigi tentu harus memiliki alat-alat yang tepat dan modern. Selanjutnya, alat-alat yang dimiliki juga harus selengkap mungkin karena kondisi gigi tertentu memerlukan alat-alat yang berbeda. Oleh karena itu, peralatan menjadi salah satu alasan kenapa biaya klinik gigi mahal.

Alat-alat yang diperlukan tersebut juga memiliki harga yang sangat mahal, termasuk di antaranya adalah kursi dokter gigi sebagai alat utama dalam perawatan gigi. Alat harus diproduksi tanpa kesalahan dan dengan bahan terbaik pula. Sayangnya, beberapa alat belum dapat diproduksi di Indonesia, sehingga harganya semakin membengkak.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Macam-macam Alat Pembersih Gigi!

Resep dan Obat-Obatan yang Diberikan

Dengan masalah gigi yang berbeda, obat yang dibutuhkan tentu juga akan berbeda. Pembuatan obat-obatan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan membutuhkan keahlian khusus. Penentuan resep oleh dokter gigi juga harus sesuai dengan yang dibutuhkan pasien, yang tentunya membutuhkan waktu.

Namun, ada satu jenis obat yang sering digunakan untuk berbagai jenis masalah gigi, yaitu obat-obat pereda rasa nyeri. Meskipun begitu, dosis dari obat-obat tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi pasien yang tentu membutuhkan resep dari dokter gigi.

Baca juga: Gigi Rusak Karena Obat, Bisa Nggak Sih? Cek Dulu Faktanya!

Kasus Keluhan Gigi Anda Parah!

Penyebab mahalnya biaya klinik gigi yang terakhir ini cenderung sering dialami oleh para pasien yang terkendala biaya. Bagaimana tidak, mahalnya biaya membuat mereka malas datang ke klinik gigi untuk melakukan perawatan gigi secara rutin. Hal itu tentu menyebabkan keluhan gigi yang parah.

Para pasien tersebut biasanya baru mendatangi klinik gigi saat mereka merasa sangat memerlukan pemeriksaan. Masalahnya, semakin parah keluhannya, semakin mahal pula biayanya karena harus menjalani perlakuan yang berbeda, dan dengan alat, waktu, usaha, dan obat yang berbeda pula.

Oleh karena itu, kunjungan ke klinik gigi sangat dianjurkan saat keluhan baru berada di tahap awal untuk mencegah masalah yang lebih parah serta menekan mahalnya biaya klinik gigi.

Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa biaya klinik gigi mahal yang tentunya akan membebani sebagian orang yang membutuhkan.Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan gigi, namun masih ragu dengan biaya mahal yang dibutuhkan, tidak ada salahnya jika Anda cek promo-promo menarik yang ditawarkan Axel Dental. Dengan biaya yang lebih terjangkau, Anda akan mendapatkan pelayanan perawatan gigi terbaik dan profesional dari Axel Dental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *