Article

Jangan Penasaran! Kenali Kunyit untuk Gigi, Emang Bisa Putih ya?

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Jangan Penasaran! Kenali Kunyit untuk Gigi, Emang Bisa Putih ya?
Jangan Penasaran! Kenali Kunyit untuk Gigi, Emang Bisa Putih ya?

Kunyit menjadi salah satu bumbu masakan yang sangat familier di lidah orang Indonesia. Tak hanya itu, pemanfaatan kunyit juga kerap Anda temukan pada berbagai jenis obat herbal dan jamu. Selain itu, ada pula manfaat kunyit untuk gigi yang jarang diketahui. 

Apakah Benar Kunyit Aman Untuk Gigi?

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah pemakaian kunyit untuk menjaga kesehatan gigi aman dan efektif? Pemanfaatan kunyit untuk obat-obatan herbal dan bumbu masakan telah berlangsung sejak dulu. Tidak hanya itu, para peneliti juga telah banyak yang melakukan penelitian terkait manfaat kunyit berkaitan dengan kesehatan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian terkait manfaat kunyit untuk gigi mulai dilakukan. Berbagai penelitian tersebut pun berhasil menunjukkan efektivitas bahan alami yang satu ini dalam menjaga kesehatan gigi dan menjaganya agar tetap putih. Di samping itu, kunyit juga relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. 

Manfaat Kunyit Untuk Gigi

bubuk kunyit

Kunyit menawarkan banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dalam upaya menjaga kesehatan gigi. Manfaat tersebut antara lain adalah: 

Memiliki Sifat Anti Peradangan

Sebuah publikasi dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research memperlihatkan manfaat positif curcuma dalam menjaga kesehatan gusi. Kandungan curcuma dalam kunyit berguna untuk meringankan peradangan yang terjadi akibat penyakit gusi seperti gingivitis serta periodontal

Penelitian lain oleh para peneliti dari Periodontology and Implantology of M.A Rangoonwala Dental College menunjukkan kalau curcumin punya efek sebagai anti peradangan dan sekaligus anti mikroba. Bahkan, efek sebagai anti mikroba dan anti peradangan tersebut sebanding dengan chlorhexidine. Chlorhexidine merupakan antiseptik yang kerap digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut.

Membantu Mendeteksi Keberadaan Plak Gigi

Anda dapat pula memperoleh manfaat kunyit untuk gigi dalam mendeteksi keberadaan plak. Tak hanya mendeteksi, kebiasaan menggunakan kunyit untuk mencuci mulut dapat secara efektif dalam mengurangi plak pada gigi. Tentunya, Anda tetap perlu melakukan flossing dan menggosok gigi dengan benar

Mencegah Karies Gigi

Curcuma yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat sebagai zat anti bakteri. Karakteristik ini dapat secara efektif dalam membantu Anda dalam memerangi bakteri jahat yang ada di dalam rongga mulut. Penumpukan bakteri di rongga mulut bisa menimbulkan cavities atau kerusakan gigi. 

Mencegah Infeksi

Terakhir, kunyit untuk gigi dapat pula membantu Anda dalam mencegah terjadinya infeksi. Hanya saja, manfaat ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tetap perlu melakukan penanganan medis lain untuk mencegah infeksi pada rongga mulut secara menyeluruh. 

Cara Menggunakan Kunyit Untuk Gigi

bubuk kunyit yang sudah di olah

Dengan memperhatikan besarnya manfaat kunyit dalam upaya menjaga kesehatan gigi, tentunya sayang kalau Anda melewatkannya, kan? Apalagi, kunyit merupakan bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? 

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, yakni: 

Campuran Mouthwash

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan kunyit sebagai campuran untuk mouthwash. Anda bisa membuat mouthwash ini sendiri dengan mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit, cengkih, daun jambu biji, dan air.

Pasta Gigi Homemade

Selanjutnya, pertimbangkan untuk membuat pasta gigi homemade dengan campuran kunyit di dalamnya. Anda bisa membuat pasta gigi ini dengan menggunakan bahan-bahan seperti garam, bubuk kunyit, serta mustard oil. 

Mengoleskan Bubuk Kunyit

Terakhir, Anda bisa mencoba cara sederhana memperoleh manfaat kunyit untuk gigi. Cara tersebut adalah dengan mengoleskan bubuk kunyit pada permukaan gigi yang mengalami permasalahan. 

Sampai di sini, Anda jadi tahu kalau kunyit memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan gigi, kan? Yuk, mulai membiasakan diri memakai kunyit. Biar gigi jadi sehat dan putih alami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *