fbpx
Article

Apakah Minum Teh Merusak Gigi? Ini Fakta Medisnya!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Apakah Minum Teh Merusak Gigi? Ini Fakta Medisnya!
Apakah Minum Teh Merusak Gigi? Ini Fakta Medisnya!

Teh termasuk salah satu minuman favorit bagi sebagian besar orang. Minuman yang satu ini pun bisa Anda nikmati dalam berbagai cara, baik panas maupun dingin. Hanya saja, banyak orang bertanya-tanya, apakah minum teh merusak gigi? 

Benarkah Minum Teh Dapat Merusak Gigi

Teh memang mempunyai banyak manfaat dalam menjaga kesehatan. Teh punya kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, teh hijau dan hitam memiliki kandungan fluoride yang bisa membantu dalam membunuh bakteri dalam mulut serta mencegah terjadinya kerusakan gigi. 

Hanya saja, Anda juga perlu tahu kalau teh juga mempunyai efek samping yang bisa berpengaruh buruk pada gigi. Berbagai penelitian pun telah berhasil mengungkap beberapa efek samping yang dapat muncul akibat kebiasaan minum teh. 

Efek Samping Minum Teh Untuk Gigi

Terdapat beberapa efek samping yang muncul pada gigi kalau Anda mempunyai kebiasaan minum teh rutin. Efek samping tersebut meliputi: 

Noda Gigi

Jawaban pertama dari pertanyaan apakah minum teh merusak gigi adalah efek samping berupa noda pada permukaan gigi. Orang yang terbiasa minum teh akan mendapati keberadaan noda berwarna kuning atau cokelat pada permukaan giginya. 

Faktor utama yang membuat gigi jadi bernoda karena konsumsi teh adalah kandungan tanin di dalamnya. Tanin merupakan zat yang menimbulkan warna kuning atau cokelat pada teh. 

Cavities

Selanjutnya, ada pula efek samping berupa cavities atau kerusakan gigi yang sifatnya permanen. Dalam jangka panjang, cavities dapat berkembang menjadi lubang gigi

Efek samping berupa cavities sebenarnya bukan berasal dari teh. Namun, Anda akan berhadapan pada risiko tersebut karena adanya tambahan bahan lain secara berlebihan dalam minuman teh. Jenis tambahan tersebut termasuk gula, lemon, es batu, atau minuman teh yang terlalu panas. 

Cara Konsumsi Teh agar Tidak Merusak Gigi

Setelah memahami jawaban atas pertanyaan apakah minum teh merusak gigi, bukan berarti Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Meski menimbulkan efek samping, minum teh juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan gigi. 

Biar Anda bisa memperoleh manfaat teh untuk gigi tanpa harus berhadapan dengan efek samping, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan, yakni: 

Bersihkan Mulut Setelah Minum Teh

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan efek samping teh adalah dengan membersihkan mulut setelah minum teh. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan air putih, mouthwash, atau menggosok gigi. Dengan cara seperti ini, Anda pun bisa meminimalkan adanya noda kuning dan cokelat pada permukaan gigi. 

Minum Teh Menggunakan Sedotan

Selanjutnya, ada pilihan untuk menikmati teh dengan menggunakan sedotan. Pemakaian sedotan dapat meminimalkan noda pada gigi serta Ph asam yang dapat merusak gigi serta gusi. 

Tambahkan Susu atau Creamer

Terakhir, Anda bisa memilih untuk menambahkan susu atau creamer pada teh. Penambahan tersebut berguna untuk meringankan noda yang bisa menempel pada gigi. Selain itu, campuran susu juga membantu melindungi gigi dari cairan asam yang berpotensi merusak gigi. 

Selain melakukan penambahan susu atau creamer, ada pula alternatif dengan meminimalkan bahan tambahan yang berpotensi merusak gigi. Sebagai contoh, menggunakan campuran lemon atau gula yang sedikit. Selain itu, pertimbangkan untuk menikmati teh dalam kondisi yang tak terlalu panas ataupun terlalu dingin. 

Nah, sampai di sini Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan apakah minum teh merusak gigi. Tak hanya itu, Anda juga memiliki pengetahuan terkait bagaimana cara meminimalkan efek samping dari kebiasaan minum teh. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal dari teh. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *