Article

Kapan Waktu yang Tepat Pasang Gigi Palsu Setelah Cabut Gigi?

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Kapan Waktu yang Tepat Pasang Gigi Palsu Setelah Cabut Gigi?
Kapan Waktu yang Tepat Pasang Gigi Palsu Setelah Cabut Gigi?

Kehilangan gigi dapat mengganggu aktivitas makan, berbicara, dan bahkan kepercayaan diri. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan memasang gigi palsu. Namun, berapa lama pasang gigi palsu setelah cabut gigi dapat dilakukan? Mari kita bahas dalam ulasan berikut ini!

Waktu yang Tepat Pasang Gigi Palsu Pasca Cabut Gigi

Berapa lama pasang gigi palsu setelah cabut gigi ternyata tidak bisa dipastikan. Ini tergantung pada seberapa cepat proses penyembuhan pasca cabut gigi itu sendiri. Seperti yang kita tahu, pencabutan gigi adalah salah satu bentuk pembedahan mayor pada gigi.

Agar bisa dipasangi gigi palsu, jaringan gusi bekas gigi yang dicabut itu harus sembuh dengan optimal terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan ini bervariasi, antara 1 sampai 10 minggu.

Kenapa Pasang Gigi Palsu setelah Cabut Gigi Lama?

Waktu pemasangan gigi palsu setelah cabut gigi berbeda-beda tergantung beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Kondisi Kesehatan Gigi dan Gusi

Proses penyembuhan setelah pencabutan gigi melibatkan waktu yang dibutuhkan bagi gusi untuk pulih, dengan perkiraan minimal 6-8 minggu untuk gigi depan dan 12 minggu untuk gigi belakang. Kesehatan gusi yang terganggu oleh infeksi atau penyakit memerlukan penundaan pemasangan gigi palsu hingga kondisinya membaik. 

Pasien dengan riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes atau osteoporosis, mungkin membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama akibat faktor-faktor tersebut. Oleh karena itu, perawatan yang hati-hati dan pemantauan kondisi kesehatan menjadi penting dalam proses pemulihan pasca pencabutan gigi.

Jumlah Gigi yang di Cabut

Setelah pencabutan satu atau dua gigi, gigi palsu parsial lepasan bisa dipasang dalam rentang waktu 6-8 minggu. Untuk kasus beberapa gigi yang membutuhkan gigi palsu parsial permanen yang ditopang oleh implan gigi, pemasangan dapat dilakukan setelah 3-6 bulan. 

Sedangkan untuk penggantian semua gigi dengan gigi palsu lengkap lepasan, prosesnya bisa dimulai setelah 3-6 bulan juga. Penundaan pemasangan tergantung pada tingkat penyembuhan gusi dan kondisi kesehatan umum pasien untuk memastikan hasil yang optimal dan pemulihan yang baik.

Pasang Gigi Palsu Aman Bersama Dokter Gigi Berpengalaman 

Untuk memastikan proses pemasangan gigi palsu yang aman pasca pencabutan gigi, pastikan kamu melakukan pemasangan di klinik gigi tepercaya. Axel Dental Klinik dengan pengalaman bertahun-tahun menyediakan layanan andalan berupa pasang gigi palsu permanen dan pasang gigi palsu lepasan.

Didukung tenaga dokter profesional, peralatan medis terkini dan material gigi palsu berkualitas, kami menjamin proses pemasangan gigi yang aman untuk semua. Hubungi Axel Dental sekarang juga untuk informasi selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *