Article

Kece Tapi Berisiko? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Implan Gigi

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Kece Tapi Berisiko? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Implan Gigi
Kece Tapi Berisiko? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Implan Gigi

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah pemasangan implan gigi. Ya, metode medis ini memang sudah ada dan dikembangkan sejak tahun 1960 an sebagai solusi untuk mengatasi masalah gigi tanggal. Meski demikian, sebelum memilih treatment ini, sebaiknya Anda lebih dulu mengenali kelebihan dan kekurangan implan gigi.

Pengetahuan mendalam tentang implan gigi pastinya sangat penting, mengingat setiap orang punya kondisi berbeda sehingga mungkin menunjukkan reaksi yang berlainan setelah menjalani prosedur. 

Jika ingin melakukan implan gigi, ada beberapa hal yang wajib diketahui, seperti, misalnya persyaratan, prosedur, serta kelebihan dan kekurangan implan gigi. Berikut ini adalah penjelasan yang bisa dijadikan panduan.

Apa Itu Implan Gigi? 

ilustrasi prosedur implan gigi
Illustrasi implan gigi

Sebelum bicara soal kelebihan dan kekurangan implan gigi, kita akan lebih dulu membahas pengertiannya. Treatment medis ini digunakan untuk menanam akar gigi buatan pada rahang. Implan terbuat dari titanium dan ditanam pada gusi yang nantinya berfungsi sebagai penopang gigi buatan.

Umumnya, implan gigi digunakan sebagai pengganti gigi yang rusak, patah, atau bahkan lepas karena berbagai alasan. Pemasangan implan akan mengembalikan fungsi gigi dan penampilan Anda seperti sedia kala.

Meski demikian, tindakan ini adalah proses yang rumit dan mengandung risiko yang cukup besar. Karenanya, implan gigi hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Pasien juga harus melewati beberapa tahap pemasangan dan penyembuhan, sehingga keseluruhan proses akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan Implan Gigi

Melakukan implan gigi nyatanya tak semudah kelihatannya. Ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan untuk mencegah komplikasi dan masalah serius lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan implan gigi.

Kelebihan

Metode ini memang menjadi terobosan baru untuk masalah gigi tanggal. Selain menambah kepercayaan diri Anda, implan gigi juga memiliki kelebihan lain dalam segi kesehatan, antara lain: 

  • Tahan Lama. Tidak seperti gigi palsu lainnya yang harus diganti setelah beberapa waktu, implan gigi akan bertahan lama bahkan bisa awet seumur hidup jika dirawat dengan baik dan benar. 
  • Melindungi Gigi. Implan juga dapat melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah, karena cara pemasangan implan gigi menyatu dengan tulang rahang. Posisinya juga lebih kokoh dan tidak mudah tanggal.
  • Perawatan yang Mudah. Perawatan implan gigi yang baik tidak jauh berbeda dengan saat Anda merawat gigi asli. Cukup menyikat gigi dua kali sehari dan rutin konsultasi ke klinik gigi terdekat sebagai langkah perawatan kesehatan gigi
  • Terlihat Seperti Gigi Asli. Kelebihan lain implan gigi adalah terlihat seperti gigi asli. Umumnya, orang yang memakai implan gigi tidak mengalami kendala berbicara atau membuka mulut seperti yang dialami orang saat memakai gigi palsu.

Pada dasarnya, tujuan utama implan gigi adalah menggantikan bagian yang tanggal sehingga kembali berfungsi sebagai mestinya. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir saat gigi lepas karena kecelakaan, rusak, atau penyebab lain.

Kekurangan

Dalam ulasan sebelumnya, kita telah mengetahui manfaat implan untuk penderita gigi tanggal. Namun seperti halnya metode medis lain, tindakan ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, seperti: 

  • Proses Pemasangan Cukup Lama. Anda perlu membuat beberapa kali pertemuan dengan dokter saat pemasangan implan gigi. Hal itu lantaran prosesnya tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu. Setidaknya ada tiga kali proses pemasangan, yakni pemasangan implan gigi, mahkota gigi, dan penyangga (abutment).
  • Tidak Semua Orang Bisa Implan Gigi. Saat ingin memasang implan gigi, dokter akan memeriksa ketebalan tulang rahang pasien. Orang yang memiliki ukuran tulang rahang tipis tidak diperbolehkan untuk memasang implan gigi. Oleh karena itu, dokter akan melakukan augmentasi tulang terlebih dahulu sebelum memasang implan gigi.
  • Risikonya Cukup Besar. Karena cara pemasangan implan gigi yang melewati proses pembedahan mulut, oleh karena itu implan gigi memiliki beberapa resiko lain, seperti cedera saraf, infeksi serta pendarahan.
  • Rasa Ngilu Pasca Tindakan. Karena melibatkan tindakan bedah, maka ada efek samping implan gigi yang mungkin Anda rasakan setelah pemasangan. Karenanya, dokter akan meresepkan sejumlah obat untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Jika Anda baru saja melakukan implan gigi, rasa tidak nyaman mungkin akan terasa selama beberapa hari. Jangan lupa minum obat dari dokter dan jaga pola makan. Hindari makanan yang terlalu keras, atau yang memicu gigi sensitif.

Cara Merawat Implan Gigi

Pada dasarnya implan gigi tidak akan menimbulkan efek samping signifikan jika kita melakukan perawatan dengan benar. Karenanya, setelah mengenal kelebihan dan kekurangan implan gigi, Anda juga perlu mengetahui cara perawatannya agar awet dan tahan lama. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari.
  • Hindari makanan yang terlalu keras.
  • Hindari rokok.
  • Jangan terlalu sering disentuh dengan tangan.
  • Jauhi makanan yang bisa memicu kerusakan gigi, misalnya makanan manis, panas, dingin, soda, alkohol, dan lain-lain.

Nah, sudah jelas kan informasi tentang kelebihan dan kekurangan implan gigi. Jika Anda berencana melakukan tindakan medis ini, pastikan kondisi rahang cukup kuat sehingga mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Pastikan semuanya atas persetujuan dokter gigi yang ahli dan profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *