fbpx
Article

6 Cara Merawat Kawat Gigi Biar Gak Jadi Sarang Kuman!

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • 6 Cara Merawat Kawat Gigi Biar Gak Jadi Sarang Kuman!
6 Cara Merawat Kawat Gigi Biar Gak Jadi Sarang Kuman!

Cara merawat kawat gigi atau behel mungkin cukup asing bagi yang belum pernah melakukannya. Jika Anda berencana untuk memasang kawat gigi, mengetahui tips merawatnya terlebih dahulu tentu akan sangat membantu.

Bukan hanya meningkatkan penampilan dan menambah kepercayaan diri, merawat kawat gigi juga secara umum dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda.

Rutin memeriksakan ke klinik gigi menjadi salah satu tips merawat yang paling utama saat memakai kawat gigi. Setidaknya Anda harus melakukan kontrol dalam kurun waktu satu sampai tiga bulan sekali. 

Saat pemeriksaan rutin, dokter spesialis ortodonsia akan mengecek perkembangan gigi Anda dan melakukan penggantian kawat atau karet behel agar tetap higienis. 

Selain rajin melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi yang terpercaya, Anda juga perlu melakukan beberapa cara merawat kawat gigi berikut ini.

Menggunakan Benang Gigi

cara merawat kawat gigi dengan menggunakan benang
Benang gigi

Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel baik di sela-sela kawat maupun gigi, Anda sebaiknya menggunakan benang gigi. 

Dengan begitu gigi Anda pun dapat terhindar dari pembentukan karang yang tentunya akan mengurangi manfaat penggunaan kawat. Anda bisa membersihkan gigi dengan benang setelah menggosok gigi.

Memakai Sikat Gigi Khusus

Gunakan sikat gigi khusus

Saat menggunakan behel, Anda perlu lebih rajin dalam menggosok gigi. Sebab, plak bukan saja menumpuk di gigi tetapi juga di sela-sela kawat gigi. 

Gunakan sikat gigi khusus untuk gigi dengan behel atau pilihlah yang berbulu sikat halus. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi berfluoride agar gigi lebih sehat dan tidak keropos.

Lakukan gerakan naik turun secara perlahan saat menggosok gigi berbehel Anda. Dianjurkan untuk menyikat gigi dua sampai tiga kali sehari atau setiap sehabis makan dan sebelum tidur.

Baca juga: Sudah Terbukti! 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam

Cara merawat kawat gigi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air garam untuk berkumur. Trik ini dilakukan terutama jika Anda baru pertama kali memakai behel.

Saat belum beradaptasi dengan behel yang baru dikenakan, Anda mungkin akan merasakan nyeri pada gigi. Untuk meredakannya, Anda bisa melarutkan dua sendok makan garam dengan segelas air lalu menggunakannya untuk berkumur.

Anda bisa berkumur dengan larutan air garam tersebut secara rutin dua kali sehari. Lakukan saat pagi dan malam hari untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat penggunaan behel.

Menghindari Makanan yang Keras atau Lengket

Jangan makan makanan yang keras ya!

Untuk menjaga kawat gigi Anda tetap higienis dan sehat, Anda sebaiknya menghindari makanan keras yang dapat meninggalkan remah-remah, seperti kerupuk, coklat, dan kacang goreng. 

Remah-remah dari makanan tersebut biasanya akan sangat mudah menempel di sela-sela behel. Jika Anda ingin tetap mengkonsumsinya, pastikan untuk langsung berkumur dan menggosok gigi setiap kali selesai memakannya.

Makanan yang lengket, seperti dodol, permen karet, dan marshmallow juga cenderung mudah menempel pada sela-sela kawat gigi. Anda pun mungkin akan kesulitan untuk membersihkannya setelah selesai makan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang lengket tersebut karena jika tidak dibersihkan dengan baik dapat meningkatkan pertumbuhan kuman dan menyebabkan gigi keropos.

Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Katakan tidak kepada minuman bersoda

Sebagai upaya dan cara merawat kawat gigi, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman bersoda. Sebab, kandungan soda yang ada pada minuman tersebut biasanya mendorong pertumbuhan plak gigi.

Selain itu, minuman bersoda juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kawat gigi karena adanya reaksi antara besi kawat dengan kandungan soda.

Memakai Retainer

cara merawat kawat gigi dengan menggunakan retainer
Jangan lupa pakai retainer gigi

Retainer merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menjaga gigi Anda tetap teratur meski kawat gigi telah dilepas. 

Penggunaan retainer ini biasanya diwajibkan oleh dokter selama kurang lebih satu sampai dua tahun setelah behel Anda dilepas. Anda perlu memakainya secara rutin sesuai anjuran dokter agar usaha Anda memakai kawat gigi tidak sia-sia.

Baca juga: Keliatan Makin Cantik! Simak Fungsi dan Jenis Retainer Gigi Ini!

Menggunakan Obat Kumur

cara merawat kawat gigi dengan menggunakan obat kumur
Pakai obat kumur juga

Jika air garam digunakan untuk mengurangi nyeri saat Anda baru awal-awal menggunakan behel, obat kumur dapat dimanfaatkan setelah Anda menggunakan kawat gigi cukup lama.

Setelah gigi Anda beradaptasi dengan behel yang dipasang, rasa nyeri biasanya mulai menghilang. Tetapi, Anda tetap perlu menjaga kesehatan gigi dengan menggunakan obat kumur.

Berkumur dengan obat kumur dianjurkan untuk membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab gigi berlubang dan bau mulut. 

Selain itu, obat kumur juga mengandung berbagai zat penting yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda secara menyeluruh. 

Gunakan obat kumur setiap selesai menggosok gigi atau melakukan pembersihan gigi dengan benang gigi. Anda bisa membeli obat kumur merek apa saja di pasaran yang sesuai dengan selera dan budget.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Ga Cukup! Simak, 5 Manfaat Listerine untuk Gigi

Akhirnya, mempraktikkan cara merawat kawat gigi secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan serta penampilan gigi secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *