fbpx
Article

Apakah Gigi Palsu yang Patah Bisa Diperbaiki? Simak Penjelasannya

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Apakah Gigi Palsu yang Patah Bisa Diperbaiki? Simak Penjelasannya
Apakah Gigi Palsu yang Patah Bisa Diperbaiki? Simak Penjelasannya

Gigi palsu adalah solusi yang umum digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang. Namun, seperti halnya alat lainnya, gigi palsu juga bisa mengalami kerusakan, termasuk patah. Patah pada gigi palsu dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu, apakah gigi palsu yang patah bisa diperbaiki?

Untungnya, dalam banyak kasus, gigi palsu yang patah bisa diperbaiki. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja yang menyebabkan gigi palsu patah dan bagaimana cara menanganinya.

Penyebab Gigi Palsu Patah

Selain mengetahui apakah gigi palsu yang patah bisa diperbaiki, pengguna gigi palsu harus memahami apa saja yang bisa menyebabkan gigi palsu patah. Beberapa penyebab tersebut antara lain:

Tekanan Berlebihan Saat Mengunyah

Salah satu penyebab umum gigi palsu patah adalah tekanan berlebihan saat mengunyah makanan keras atau lengket. Gigi palsu memiliki batasan kekuatan tertentu, dan penggunaan berlebihan atau tekanan yang berlebihan bisa menyebabkan keretakan atau patah.

Ketebalan Gigi Palsu yang Tidak Sesuai

Ketebalan gigi palsu yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna bisa menjadi faktor penyebab lainnya. Jika gigi palsu terlalu tipis, gigi ini lebih rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa gigi palsu dibuat dengan ketebalan yang tepat.

Usia Gigi Palsu

Seperti halnya benda-benda lain yang kita gunakan sehari-hari, gigi palsu juga memiliki masa pakai tertentu. Seiring waktu, material gigi palsu dapat melemah, dan ini bisa menyebabkan patah atau kerusakan lainnya. Perawatan yang baik dan tepat memang bisa memperpanjang usia gigi palsu. Meski begitu, pada akhirnya gigi palsu mungkin perlu diganti.

Cara Mengatasi Gigi Palsu yang Patah

Tips Mencegah Agar Gigi Tidak Gampang Patah

Jika kamu menduga gigi palsu kamu patah, penting untuk segera mengambil langkah-langkah penanganan. Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini di rumah:

  • Patah kecil. Jika patahnya kecil dan tidak melibatkan bagian yang penting dari gigi palsu, kamu mungkin dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Gunakan lem gigi palsu khusus yang tersedia di toko obat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat
  • Gunakan bahan sementara. Jika patahnya lebih besar, kamu dapat menggunakan bahan sementara seperti permen karet atau kapas untuk menutupi bagian yang patah. Hal ini hanya untuk solusi sementara dan kamu harus segera menemui dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa perbaikan gigi palsu yang patah di rumah hanya boleh dilakukan sebagai solusi sementara. Sebaiknya, kamu segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Menilai seberapa parah kerusakan gigi palsu yang kamu alami
  • Menentukan apakah gigi palsu yang patah bisa diperbaiki atau perlu diganti
  • Memperbaiki gigi palsu dengan bahan yang tepat dan tahan lama
  • Memberikan saran perawatan gigi palsu agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut.

Untuk memastikan proses pemasangan gigi palsu berjalan lancar, kunjungi layanan pemasangan gigi palsu hanya di Klinik Gigi Axel Dental. Tenaga dokter yang kamu miliki akan membantu memberikan solusi terbaik untuk gigi palsumu.

Perbaikan gigi palsu yang patah bisa dilakukan sementara di rumah, tetapi penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan yang tepat. Dengan demikian, gigi palsumu dapat berfungsi optimal kembali dan terhindar dari kerusakan lebih lanjut. Jangan tunda, kunjungi dokter gigi segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *