fbpx
Article

Penting! 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Penting! 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi
Penting! 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi

Sakit gigi sangatlah mengganggu. Rasa sakitnya terasa menyiksa dan bahkan membuat seseorang jadi lebih emosional. Bahkan, sakit gigi bisa menurunkan produktivitas kerja secara signifikan. Cara mengatasinya tak cukup dengan perawatan intensif. Di waktu bersamaan, Anda perlu memperhatikan beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sakit gigi.

Makanan yang Harus di Hindari Saat Sakit Gigi

Beberapa jenis makanan tertentu dapat memang dikenal sebagai penyebab kambuhnya sakit gigi. Oleh karenanya, Anda perlu menghindari makanan-makanan tersebut. Apa saja itu? Berikut ini adalah daftarnya. 

Makanan Manis!

Makanan yang terlalu manis tidak bagus untuk gigi. Kandungan gula dengan konsentrasi tinggi pada makanan tersebut berisiko memudahkan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Hal ini bisa terjadi karena kandungan gula yang berlebih bisa menjadi sumber energi bagi bakteri-bakteri tersebut. 

Makanan Bertekstur Lengket!

Selanjutnya, terdapat makanan yang perlu dihindari saat sakit gigi berupa makanan dengan tekstur lengket. Contoh makanan dalam kategori ini antara lain adalah dodol, ketan, olahan tepung kanji, dan lain sebagainya. 

Makanan lengket dapat tersangkut dengan mudah ke sela-sela gigi. Kalau tidak segera dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut bakal menjadi sumber energi yang membantu bakteri berkembang dengan pesat. Pertumbuhan bakteri selanjutnya dapat merusak gigi dan menimbulkan rasa nyeri. 

Makanan Keras!

Jenis makanan yang harus dihindari saat sakit gigi selanjutnya adalah makanan yang mempunyai tekstur keras. Makanan dengan tekstur keras bakal memerlukan tenaga ekstra ketika Anda ingin mengunyahnya. Pemakaian tenaga ekstra saat mengunyah, berisiko memunculkan rasa nyeri. 

Makanan Bersifat Asam!

Kebiasaan makan makanan yang bersifat asam juga perlu Anda hindari ketika sakit gigi. Sifat asam pada makanan tersebut berisiko membuat gigi terasa lebih nyeri. Apalagi, kalau Anda mempunyai masalah gigi yang sensitif dan gigi berlubang

Makan yang Terlalu Panas ataupun Terlalu Dingin!

Terakhir, ada makanan yang perlu dihindari saat sakit gigi berupa makanan panas dan dingin. Makanan yang disantap dalam kondisi sangat panas atau dingin, berisiko menimbulkan rasa ngilu dan nyeri. Situasinya pun bisa bertambah parah kalau Anda mempunyai masalah gigi sensitif. 

Pilihan Makanan yang Aman saat Sakit Gigi

Anda sudah memahami kelompok jenis makanan yang harus dihindari saat sakit gigi. Lalu, jenis makanan seperti apa yang sesuai dan cocok dikonsumsi ketika menderita rasa sakit pada gigi? Sederhana. Pilih makanan yang bisa dikunyah dengan mudah. 

Beberapa rekomendasi menu makanan yang sesuai ketika sakit gigi antara lain adalah: 

Bubur

Rekomendasi pertama adalah bubur. Bubur jadi pilihan yang cocok karena bisa Anda telan secara langsung tanpa perlu mengunyah. 

Oatmeal

Selanjutnya, ada pilihan berupa menu oatmeal. Teksturnya mirip bubur dengan proses pembuatan yang jauh lebih mudah. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan gizi yang cukup dan bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Telur

Tekstur lembut pada telur, membuat bahan makanan ini bisa jadi referensi selanjutnya. Anda tidak akan mengalami kesulitan memakannya saat sakit gigi. Ditambah lagi, telur mempunyai kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari omega 3, vitamin, protein, hingga mineral.

Sup Hangat

Makanan dan minuman panas memang perlu Anda hindari. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menyantap menu yang disajikan dalam kondisi hangat. Sebaliknya, menu seperti sup hangat bisa membantu dalam meringankan rasa nyeri pada gigi. 

Pasta

Terakhir, Anda bisa memilih untuk menyantap pasta. Makanan yang satu ini bisa Anda makan dengan mudah tanpa perlu banyak mengunyah. Cara membuatnya juga praktis dan bisa Anda selesaikan dalam hitungan menit. 

Itulah referensi jenis makanan yang harus Anda hindari saat sakit gigi beserta menu alternatif yang bisa Anda jadikan sebagai pengganti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *