fbpx
Article

Ngeri! Bukan Cuma Paru-paru, Ini 5 Bahaya Rokok untuk Gigi!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Ngeri! Bukan Cuma Paru-paru, Ini 5 Bahaya Rokok untuk Gigi!
Ngeri! Bukan Cuma Paru-paru, Ini 5 Bahaya Rokok untuk Gigi!

Ketika membicarakan tentang bahaya rokok, banyak orang yang hanya fokus pada masalah paru-paru dan jantung yang disebabkannya. Padahal lebih dari itu, bahaya rokok untuk gigi dan mulut ternyata tidak kalah buruknya. Karena itu, dokter menganjurkan para perokok untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

Mulut dan gigi sendiri merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan mulut dan gigi yang sehat, Anda bisa makan, berbicara dan tampil lebih percaya diri. Sayangnya, bahaya rokok untuk gigi dan mulut bisa membuat Anda mengalami sejumlah masalah. Simak penjelasannya dalam poin-poin berikut ini!

Bahaya! Bisa Bikin Kerusakan pada Gigi!

illustrasi dokter mengcek kondisi gigi

Karena kebiasaan makan serta kurangnya kebersihan, gigi kita bisa mengalami sejumlah masalah mulai dari gigi berlubang, karies pada gigi, karang gigi, plak gigi, gigi keropos dan masih banyak lagi. Ketika ditambah dengan kebiasaan merokok, kerusakan gigi ini bisa semakin parah dan mengganggu.

Bahaya rokok untuk untuk gigi antara lain gigi menjadi berubah warna dan tidak kelihatan bersih/sehat, meningkatkan risiko penumpukan plak gigi, masalah gusi yang menyebabkan gigi tanggal dan lain sebagainya.

Waduh! Terjadinya Masalah pada Gusi

illustrasi gusi orang berdarah

Merokok dan menggunakan produk lain berbahan tembakau juga bisa menyebabkan penyakit gusi dengan memengaruhi perlekatan tulang dan jaringan lunak pada gigi Anda. Lebih parah lagi, merokok juga mengganggu fungsi normal sel-sel jaringan. Gangguan ini membuat perokok lebih rentan terhadap infeksi dan memengaruhi aliran darah ke gusi. Ini juga dapat memengaruhi proses penyembuhan luka.

Beberapa masalah gusi yang bisa muncul atau semakin parah karena kebiasaan merokok antara lain adalah periodontitis, gingivitis dan gusi yang menghitam.

Ngeri, Bisa Terkena Kanker Mulut!

illustrasi gusi orang sakit

Bahaya rokok untuk gigi dan mulut yang berikutnya adalah meningkatkan risiko kanker mulut. Menurut data dari The American Cancer, sebanyak 90% penderita kanker mulut, bibir, lidah dan tenggorokan adalah pengguna tembakau dan risiko berkembangnya kanker akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya rokok yang diisap serta lamanya kebiasaan tersebut.

Perokok memiliki risiko 6 kali lebih besar untuk mengalami kanker mulut, bibir, lidah dan tenggorokan dibanding mereka yang bukan perokok.

Bau Napas Tak Sedap Bikin Ga Nyaman!

Penyebab bau mulut dan nafas tak sedap pada mulut seseorang

Orang yang merokok memiliki bau mulut yang tidak sedap yakni bau apek yang ditimbulkan oleh sisa asap rokok yang masih tertinggal di tenggorokan dan paru-paru. Merokok juga meninggalkan senyawa kimia di mulut yang saat bercampur dengan air liur bisa menyebabkan bau mulut.

Bau mulut yang tidak sedap ini bukan hanya akan membuat perokok itu sendiri merasa tak percaya diri, tapi juga membuat orang-orang yang berinteraksi dengannya merasa tidak nyaman.

Bisa Menyebabkan Radang Mulut

kesakitan karena sakit gigi

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan stomatitis tembakau atau langit-langit perokok. Ini merupakan radang selaput lendir di mulut. Kondisi ini terjadi akibat kombinasi bahan kimia berbahaya dalam tembakau dan panas yang menyengat dan mengiritasi selaput lendir. Ini bisa menyebabkan terbentuknya luka di langit-langit mulut Anda.

Radang atau inflamasi di mulut ini tentu saja akan terasa sakit dan membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas seperti makan, minum dan berbicara.

Itulah berbagai bahaya rokok untuk gigi dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Hindari berbagai masalah kesehatan di atas dengan mengurangi kebiasaan merokok sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *